Minggu, 04 September 2016

Aneka Kue Dari Apel

Resep Apel Goreng Komplit

 




BAHAN:
 
10 lembar kulit pagsit putih telur untuk merekatkan minyak untuk mengoreng.


 ISI:
 
2 buh apel malang, potong kecil-kecil, rendam dalam air yang telah dibubuhi air jeruk nipis. dan sedikit garam tiriskan lalu lap dengan serbet kertats 50 gram keju parut. Potong-potong. 3 sendok makan cokelat beras (mesyes) 2 sendok makan kismis. potong potong. tepung  gula untuk taburan.


CARA MEMBUAT :

1. Campur apel. keju parut. mesyes, dan kismnis. Aduk rata.
2. Ambil selembar kulit pangsit, Bungkus campuran tadi bentuk setengah lingkar atau segitiga. Rekatkan dengan telur’, Goreng hingga kecokelatan. Dinginkan.
3.taburi dengan tepung gula.




Resep Apple Pie (Pai Apel)







Bahan kulit apel pie :

  • 300 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram mentega tawar dingin
  • 1/2 sendok teh backing powder
  • 50 gram gula tepung
  • 1/4 sendok teh garam
  • 2 sendok makan air dingin
  • 2 kuning telur
Bahan isi :

  • 4 buah apel hijau, potong potong
  • 75 gram gula pasir
  • 2 sendok teh air jeruk lemon
  • 1 sendok teh kulit jeruk lemon
  • 1 sendok teh tepung terigu
  • 50 gram kismis belah menjadi dua
  • 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 butir cengkeh 
  • 2 sendok makan mentega
Bahan olesan :
  •  1 kuning telur kocok lepas
Cara membuat pai apel (apple pai) :
  1. Membuat bahan isi apple pie : Kita masukkan apel hijau yang telah dipotong potong, kayu manis, gula pasir dan cengkeh dalam satu wadah kemudian kita aduk aduk hingga layu.
  2. Kemudian kita tambahkan tepung terigu aduk masak hingga mengental.
  3. Masukkan juga kulit jeruk lemon, kismis dan air jeruk lemon aduk rata kembali. Sisihkan terlebih dahulu.
  4. Membuat kulit pai :  kita aduk rata mentega, tepung terigu, gula tepung, telur, backing powder dan juga air dingin.
  5. Kemudian gumpalkan adonan dan dinginkan lagi selama kurang lebih 30 menit di dalam lemari es.
  6. Setelah dingin kemudian giling adonan dengan tebal 1/2 cm.
  7. Kemudian letakkan dalam loyang pai dengan diameter 22 cm dan tinggi 3 cm. 
  8. Dingin kan kembali di lemari es selama kurang lebih 20 menit.
  9. Kemudian kita beri bahan isi. Giling lagi sisa adonan.
  10. Tutupkan diatas bahan isi. rekatkan bagian sisinya dengan menggunakan air.
  11. Olesi atasan nya dengan kuning telur kocok.
  12. Hiasi dengan sisa bahan kulit bagian atasnya.
  13. Oven dengan suhu 170 derajat celcius hingga apple pie matang sempurna.


Apple Hand Pies versi Panggang

 





Resep diadaptasikan dari blog Foodwishes.com - Apple Hand-pies Crimping is Easy untuk isinya dan Buttercrust Pastry Dough untuk adonan pastry.
Untuk 4 buah pie apel

Bahan kulit pie:

- 140 gram tepung terigu serba guna - 115 gram mentega (kondisi beku, keras, dan dingin), potong-potong - 1 sendok makan gula halus - 1/4 sendok teh garam - 2 - 3 sendok makan air es
 
Bahan isi:

- 3 buah apel, kupas, buang bijinya dan potong dadu (saya menggunakan 2 buah apel Malang & 1 buah apel Fuji, ukuran kecil) - 2 sendok makan mentega/margarine - 60 gram gula pasir - 2 sendok makan gula palem - 1/2 sendok teh garam - 1/4 sendok teh kayu manis bubuk
 


Topping:

Susu cair untuk olesan
 
Cara membuat: 

Jika anda menggunakan food processor maka berikut ini proses pembuatannya ya.
Siapkan mentega, potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil, masukkan mentega ke dalam freezer. Bekukan hingga mentega menjadi sangat keras. Tuangkan setengah porsi tepung ke dalam food processor, masukkan mentega beku dan tutupi mentega dengan setengah porsi tepung sisanya. Tambahkan gula bubuk dan garam. 

Proses mentega dan tepung hingga menjadi butiran-butiran kasar, minimal sebesar kacang tanah. Biarkan gumpalan yang agak besar, ini akan membuat kulit pie anda renyah. Tambahkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan terus diproses hingga berbentuk gumpalan. Hentikan food processor. 

Note: 


Air es yang digunakan mungkin lebih sedikit dari yang dicantumkan di resep. Sebelum anda menambahkan air es, cek dahulu dengan memencet adonan dengan ujung jari. Jika adonan mampu membentuk gumpalan yang tidak tercerai berai maka tidak perlu menambahkan air lagi.

Jika anda menggunakan  alat lain selain food processor, misal garpu atau pisau pastry. Tuangkan tepung ke dalam mangkuk, masukkan potongan mentega yang telah dibekukan sebelumnya. 


Tutup mentega dengan tepung dan cacah mentega dengan pisau pastry/garpu hingga menjadi berbutir-butir. Ukuran butiran minimal sebesar kedelai, jangan memprosesnya hingga mentega terlalu hancur dan meleleh karena pie akan menjadi bantat.

Masukkan air es sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk dengan spatula. Jangan berlebihan memberikan air es, adonan memang akan terlihat buyar dan remah, kondisi ini lebih baik dibandingkan adonan terlalu basah dan menggumpal. 



Gabungkan adonan dengan kedua tangan anda, gumpalkan adonan hingga tidak ada remah yang berceceran. Jangan menekan-nekannya atau menguleninya. Cukup gumpalkan adonan dengan tekanan pelan agar adonan mau menempel menjadi satu dan menjadi bola adonan. Jika terlalu remah dan kering, tambahkan air es sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok.

Tekan adonan hingga menjadi agak pipih dan membentuk piringan, tujuannya agak memudahkan kita untuk menggilasnya. Bungkus adonan dengan plastic wrap. Simpan di kulkas selama 1 jam.

Note: Adonan harus disimpan dalam kulkas untuk membuatnya rileks dan menyatu, mencegah mentega mencair dan mengeraskan mentega di dalamnya.

Membuat isi apel:  


Siapkan panci kecil, masukkan mentega, panaskan mentega hingga mendidih dan warnanya menjadi kecoklatan. Masukkan potongan apel, aduk dan masak hingga apel menjadi empuk.

Masukkan gula palem, gula pasir, garam dan kayu manis bubuk, teruskan memasak hingga apel mendidih empuk dan mengental. Angkat.
Note: Apel Malang mudah hancur sedangkan apel Fuji masih berbentuk walaupun teksturnya empuk.

 
Membentuk pie:

Panaskan oven disuhu 180'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang untuk memanggang kue kering, alasi loyang dengan kertas baking. 

Sisihkan. Keluarkan adonan pie dari dalam kulkas, bagi menjadi 4 bagian. Taburkan permukaan meja kerja dengan tepung, letakkan sepotong adonan. Gilas dengan kayu penggilas hingga pipih dengan diameter sekitar 15 cm.

Taruh 2 sendok makan isi apel di tengah adonan. Tekuk adonan menjadi setengah lingkaran dan adonan isi tertutup. Tekan-tekan bagian tepi tekukan hingga adonan menempel rapat.

Tekuk bagian tepi adonan ke dalam hingga membentuk setengah lingkaran yang rapi. Segel adonan dengan cara meletakkan ujung jari tangan kiri di tepi adonan dan jepit dengan kedua ujung jari tangan kanan hingga membentuk lekukan. Anda tentu saja bisa membuat bentuk tekukan yang lain, sesuaikan saja dengan ide dan kreatifitas anda.
Tata pie di loyang yang telah dialasi dengan kertas baking. Olesi permukaannya dengan susu cair hingga rata, kemudian buat tiga buah lubang di permukaan pie dengan ujung pisau  untuk jalan keluarnya uap panas. 
  Panggang pie di oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 20 - 25 menit atau hingga pie menjadi kuning keemasan pada permukaannya. Keluarkan dari oven dan siap disantap. 


Resep Membuat Baked Apple Roses

 





Selain beberapa bahan, saya cukup banyak mengikuti teknik nya persis, kecuali saya tidak menggunakan puff pastry, gunakan adonan yang baru saya telah bekerja pada, yang merupakan versi lebih cepat dari puff pastry, yang menggunakan adonan biskuit. Menantikan untuk itu, dan sementara itu, benar-benar berharap Anda memberikan ini cantik mencari, dan sangat lezat mawar apel mencoba segera. Nikmati!
Microwave 

Catatan:

Jika Anda tidak memiliki microwave, hanya tumis irisan apel Anda dalam sedikit mentega di atas api sedang, selama sekitar setengah menit per sisi, atau sampai fleksibel, tetapi tidak lembut.
Muffin Pan Catatan: Jika Anda menggunakan panci muffin logam kurangi panas ke 375 Derajat cercius, dan masak sekitar 45, atau sampai kue baik kecokelatan..
Bahan Membuat Baked Apple Roses

Untuk 2 Apel Roses:
1 apel merah besar
2 buah persegi panjang puff pastry, digulung kurang dari 1/8-inci tebal, sekitar 3 “lebar 12 sampai 14” panjang
mentega cair yang diperlukan


kayu manis gula yang diperlukan (1/4 cangkir gula dengan 1 sdt kayu manis)
gula bubuk, opsional


Cara Membuat Baked Apple Roses

– Panggang pada suhu 350 Derajat Cercius. selama sekitar 45 menit, atau sampai kue baik kecokelatan.
– Jika menggunakan muffin logam pan: Panggang pada 330 Derajat Cercius. sekitar 45, atau sampai kue baik kecokelatan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning