Selasa, 20 September 2016

Khasiat Minum Soda Bagi Yang Telat Menstruasi



Benarkah Minuman Bersoda Dapat Memperlancar Haid?

 


MINUMAN 


Bersoda merupakan minuman yang diyakini dapat membantu melancarkan haid. Benarkah hal ini? Berikut info medis dari dr. Theresia Rina Yunita.
 
Minuman bersoda atau soft drink merupakan minuman berkarbonasi tanpa alkohol dengan sensasi sparkling yang menyegarkan. Minuman ini terbuat dari air, gula dan bahan-bahan kimia seperti pewarna, perasa, pemanis dan pengawet.

Minuman bersoda dikonsumsi dalam jumlah yang besar di seluruh dunia oleh semua kalangan dan usia sebagai minuman yang menyegarkan atau sebagai pengganti minuman beralkohol.
Kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda ini sering kali dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes mellitus (penyakit kencing manis), masalah gigi dan tulang, obesitas, pembentukan batu ginjal, serta infertilitas.

Selain itu, sebagian masyarakat juga menganggap bahwa dengan mengonsumsi minuman bersoda, maka jumlah haid akan bertambah banyak sehingga haid pun menjadi lancar.
Benarkah hal ini?

Perlu diketahui, haid normal terjadi dengan siklus 21-35 hari, umumnya berdurasi 3-7 hari, dan volume darah sekitar 30-40 ml.

Studi yang dilakukan pada perempuan usia reproduktif yang belum pernah melahirkan mendapatkan hasil bahwa mengonsumsi minuman bersoda selama haid dapat meningkatkan volume haid (banyaknya darah), rasa nyeri saat haid dan memperpanjang durasi haid tanpa mempengaruhi siklus haid tersebut.
Bertambahnya nyeri saat haid disebabkan karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya mempengaruhi kontraksi uterus dan mekasime hemostatik. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa minuman bersoda mempengaruhi fungsi sistem reproduksi wanita.

Haid dipercayai merupakan parameter kesuburan seorang wanita. Jadi, jika haid tidak normal maka hal ini akan memengaruhi fertilitas atau kesbuburan wanita tersebut.
Selain itu, studi lain juga menyebutkan bahwa anak perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda ataupun minuman manis lainnya cenderung mengalami haid pertama lebih awal dibandingkan anak perempuan lain yang tidak mengonsumsi minuman tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa selain mempengaruhi sistem reproduksi wanita, bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam minuman bersoda juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak karena akan berdampak kurang baik bagi kesehatan tubuh Anda.



Khasiat minum Soda Bagi Yang Telat Menstruasi


Agaknya akan terus menjadi salah satu pertanyaan dan juga teka teki bagi kebanyakan wanita atau gadis remaja saat ini. Hal ini mengingat telah banyak yang melakukan kebiasaan ini dan terus menjadi sesuatu hal yang bisa dianggap turun temurun.
Lantas, apakah sebenarnya minum soda dan menstruasi ini sendiri memiliki hubungan jika dilihat dari kaca mata medis? Mitos tentang haid dan Soda merupakan salah satu hal yang paling menonjol dimana beberapa wanita percaya minum soda dapat memperlancar menstruasi atau haid dan juga dapat meredakan nyeri yang menyertainya. Apakah ini tidak berbahaya?


Hubungan antara Soda dan Menstruasi


Bahkan, tingkat bahaya sebenarnya sedang mangancam dimana pengaruh soda memberikan efek buruk bagi perempuan. Konsumsi soda berlebihan telah terbukti berdampak buruk bagi tubuh. Yang paling sering dibicarakan adalah menyebabkan meningkatnya kadar gula sehingga orang yang mengonsumsi minuman bersoda berisiko terkena diabetes dan penambahan berat badan.

Hubungannya dengan masalah Haid atau menstruasi dilihat dari kaca mata medis.
Soda tidak baik untuk tubuh, tidak memberikan nutrisi atau manfaat selain sedikit kafein yang tinggi dan kadar gula tinggi, tapi sekarang para ahli telah menemukan bahaya yang mengancam pada gula cair secara permanen pada perubahan hormon seorang gadis. Para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahaya baru yang mengkhawatirkan konsumsi soda dan menerbitkan temuan mereka dalam jurnal Human Reproduction.

“Studi kami menambah meningkatkan kekhawatiran tentang konsumsi minuman bersoda di kalangan anak-anak dan remaja di Amerika Serikat dan di tempat lain,” peneliti utama studi tersebut Karin Michels, seorang profesor di Harvard Medical School, mengatakan dalam siaran pers. “Perhatian utama adalah tentang obesitas, tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa usia menstruasi pertama (menarche) terjadi sebelumnya, secara independen dari indeks massa tubuh, antara gadis remaja dengan konsumsi tertinggi minuman manis bersoda.

Temuan ini penting dalam konteks pubertas onset antara gadis remaja, yang telah diamati di negara-negara maju dan untuk alasan ini sebagian besar tidak diketahui.


Pengujian Soda Bagi Perempuan dan Haid


Untuk pertama kalinya, para peneliti mengambil dan melihat lebih dekat ke dalam cairan gula untuk mencari tahu apakah itu ada hubungannya dengan para remaja yang mengalami menstruasi atau haid pada periode mereka sebelumnya dan sebelumnya. Penelitian ini sendiri diikuti sekitar 5.583 perempuan antara usia 9 sampai 14 tahun sepanjang tahun 1996 dan tahun 2001, dan menemukan mereka yang minum minuman bersoda mengalami menstruasi pertama mereka 3 bulan lebih awal dari mereka yang mengonsumsi dua atau lebih minuman yang sama seminggu.

Biasanya ketika seseorang minum banyak soda, itu menyertai diet yang tidak sehat, namun para peneliti telah memperhitungkan indeks gadis ‘massa tubuh (BMI), tinggi, kalori harian, olahraga, dan faktor gaya hidup lainnya, dan menemukan soda dan Minuman manis lainnya yang menjadi akar penyebab.
Konsumen harus waspada zat yang bertanggung jawab untuk mengubah hormon betina, karena efek itu bisa saja berakibat buruk pada kesehatan reproduksi mereka dan anak-anak di masa depan. “Temuan kami memberikan dukungan lebih lanjut untuk upaya kesehatan masyarakat untuk mengurangi konsumsi minuman manis,” kata Michels.

Minuman manis, seperti soda, minuman buah, limun, olahraga dan minuman energi, semua menjadi kontributor utama epidemi obesitas, menurut Harvard School of Public Health. Terlepas dari itu, ada kenaikan dauntingly tinggi dan terus menerus di konsumsi minuman gula, dan hampir seperempat dari semua gadis yang minum lebih dari satu soda sehari akan beresiko untuk periode menstruasi selanjutnya.

Dan salah satu hal yang paling menakutkan adalah bahaya kanker yang akan mengancam pada gadis remaja. Ketika gadis remaja mendapatkan periode menstruasi mereka satu tahun lebih awal dari mereka seharusnya, risiko kanker payudara meningkat sebesar 5%; Namun, mencapai menstruasi sekitar 3 bulan sebelumnya cenderung memiliki “dampak yang sederhana” terhadap risiko kanker payudara.


Soda untuk memperlancar Menstruasi


Dari uraian diatas, jelas bahwa tidak ada hubungan antara haid yang lancar dan minuman bersoda. Hanya saja, soda dapat mempercepat gadis remaja mendapatkan menstruasi dengan resiko kanker payudara yang akan mengancam dikemudian hari. Nah, dalam kesempatan kali ini juga, momymilk.com akan mencoba membagikan cara mempercepat atau memperlancar Haid yang lebih aman dibandingkan dengan soda yang tentunya aman juga buat wanita yang ingin memiliki kehamilan yang sehat.


Cara Aman Memperlancar Menstruasi


Ketika Anda harus berurusan dengan rasa sakit dan kram, kembung dan iritasi umum saat haid atau menstruasi dan ini merupakan bagian rutin dari siklus menstruasi Anda, cobalah tips dibawah ini.

 

Konsumsi Air Mineral yang cukup


Ini adalah mitos bahwa air menyebabkan Anda sering merasa kembung selama periode menstruasi Anda. Minum cukup air – setidaknya dua liter setiap hari – akan mempercepat pencernaan dan membantu mencegah retensi air yang disebabkan oleh perubahan hormonal bulanan.

 

Kurangi garam dan kafein


Hindari makanan olahan dan cepat saji dengan komposisi tinggi garam dan Anda akan membantu memegang retensi air di teluk dan meminimalkan kembung. Kafein – ditemukan dalam ransum harian kopi, teh atau soda – dapat mengiritasi lambung dengan meningkatkan keasaman pencernaan, membuat kram Anda semakin buruk dan menambah ketidaknyamanan.

 

Mendapatkan cukup kalsium


Makanan kaya kalsium – brokoli, yoghurt, kubis dan susu – secara alami akan melawan kejang otot dan membantu Anda menghindari kram. Wanita membutuhkan setidaknya 1.200 mg kalsium setiap hari, dan cobalah untuk mendapatkan dan mengkonsumsi sayuran berdaun hijau seperti kale dan bayam dimana hal ini memiliki keuntungan tambahan dari dosis ekstra vitamin yang dapat membantu meringankan aliran darah dalam tubuh Anda.

 

Tambahkan latihan moderat


Meregangkan otot-otot perut dengan latihan yoga yang lembut. Meskipun Anda mungkin tidak merasa cukup energik untuk kebugaran rutin normal Anda, meningkatkan aliran darah ke daerah panggul Anda akan memberikan bantuan cepat dari kram. Berjalan-jalan atau jogging, berenang atau meregangkan dan Anda akan mengurangi banyak ketidaknyamanan saat haid. Latihan ini juga melepaskan endorfin ke dalam sistem Anda sehingga Anda merasa lebih santai, dan membantu mencegah pengetatan otot yang merupakan prekursor untuk kram.

 

Makan coklat memperlancar haid


Atur dosis harian cokelat selama periode haid Anda hanya apa yang diperintahkan dokter! Sekotak coklat hitam dapat merangsang sekresi serotonin – yang memberikan Anda perasaan yang baik. Iritasi, kecemasan dan perubahan suasana hati Anda mungkin mengalami sedikit melunak. Carilah tingkat kakao yang tinggi dalam coklat hitam untuk menenangkan perasaan Anda.

 

Menerapkan beberapa panas


Berbaring dan bersantai selama beberapa menit dengan bantal pemanas pada perut Anda. Panas akan mengendurkan otot-otot ketat dan mengurangi kram, sedangkan waktu tenang menurunkan kecemasan dan memungkinkan Anda untuk mengurangi emosi, jengkel dan murung.




Pastikan asupan vitamin yang cukup melalui pilihan makanan yang cerdas dan suplemen bila diperlukan. Vitamin B akan membantu dengan kembung, dan Vitamin C dan seng sangat penting untuk setiap wanita untuk sistem reproduksi yang sehat. Berikut beberapa panduan sederhana dapat membantu membuat periode menstruasi berikutnya lebih lancar, aman dan sehat bagi kehamilan Anda dikemudian hari. sumber (harvard.medicalscool)


Baca juga : Kesehatan Rahim


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning