Kamis, 18 Agustus 2016

Manfaat Kepiting untuk kesehatan

Manfaat Kepiting 

 





Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 100 gram kepiting, diketahui bahwa bagian tubuh yang bisa kita makan hanya sekitar 50%. Meski cukup sedikit yang bisa dikonsumsi, namun kandungan gizinya sangat banyak. Kandungan gizi yang terdapat pada kepiting tersebut diantaranya adalah :


  • Energy (151 kkal)
  • Protein (13,8 gr)
  • Lemak (3,8 gr)
  • Karbohidrat (14,1 gr)
  • Kalsium (210 gr)
  • Fosfor (250 gr)
  • Zat Besi ( 1 mg)
  • Vitamin A (200 IU)
  • Vitamin B1 (0,05 mg)
  • Vitamin C (0 mg).


Selain itu, jika anda mengkonsumsi kepiting dalam jumlah sedikit atu kecil terdapat pula zat-zat yang bermanfaat, seperti Vitamin B12, Asam Lemak Omega 3, Mineral Selenium, Mineral Copper, Mineral Zinc, serta Lemak Jenuh.


Berikut Adalah manfaat Kepiting Bagi Kesehatan


1. Meningkatkan Energi dan Stamina

Kandungan Vitamin B12 yang bisa memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Ditambah kandungan proteinnya yang tinggi dan berguna untuk mengatur metabolisme, membuat kepiting berguna untuk meningkatkan stamina yang loyo.


2. Mempercepat Penyembuhan Luka

kandungan protein yang terdapat pada kepiting cukup lah tinggi dan di percaya jika anda mengalami luka atau bekas bakar akan cepat membaik karna sel-sel urat yang putus dalam luka tersebut dapat dengan mudah menyatu atu dapat dengan mudah beregennerasi.



3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Protein, Asam Lemak Omega 3, dan Mineral Selenium yang terkandung pada kepiting di percaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas tubuh,jika di tempat anda mengalami panca roba atu perubahan musim tidak adasalahnya anda mengkonsumsi kepiting agar kesehatan anda selalu bugar dan terjaga.


4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit kadiovaskular (jantung) bisa dicegah dengan kepiting, karena kandungan yang terdapat pada daging kepiting seperti Omega 3 yang bermanfaat mampu menetlalisir kadar kolesterol jahat yang terdapat dalam darah. Selain itu, kandungan Mineral Seleniumnya juga bermanfaat dalam mencegah kerusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas pemicu serangan jantung.


5. Mencerdaskan Otak


Sebagaimana diketahui Asam Lemak Omega 3 yang banyak terkandung pada manfaat susu juga terdapat pada kepiting dalam jumlah yang besar. maka dari sebab ini kebayakan orang luar itu pitar karena asupan omega 3 mereka tercukupi di tambah lagi mereka orang-orang yang giat dalam suatu usaha dan tidak patang menyerah.


6. Memelihara Kesehatan Mata
 
kandungan vitamin A yang terdapat pada kepiting ini sudah tidak di ragukan lagii dalam menambah pencerahan mata kita atau menjaga kesehtan mata kita agar tidak terjakit masalah penyakit mata.

7. Mencegah Osteoporosis


Pengeroposan tulang (osteoporosis) bisa dicegah dengan sering mengkonsumsi kepiting karena selain mengandung sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan kita ,juga mengandung Mineral Copper yang membantu pembentukan sel-sel dan syaraf tulang jika anda tidak mau mengalami pengroposan tulang usia muda tidak salahnya anda untuk sejenak meskipun 3 minggu sekali untuk mengkonsumsi kepiting.


8. Membantu Program Diet


Bagi anda yang sering melakukan diet sangat dianjurkan baik mengkonsumsi kepiting tapi tidak terlalu berlebih pula anda juga bisa menambahkan berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, karena kandungan lemak jenuhnya. Hewan laut ini mempunyai lemak yang sangat rendah yakni 0,2 gram/100 gram.


9. Membantu Perkembangan Janin dan Bayi


Bagi ibu hamil dan menyusui sangat disarankan untuk mengkonsumsi manfaat kepiting ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu. Kadar proteinnya yang tinggi serta komponen asam lemak Omega-3nya yang membantu pembentukan membran sel pada otak janin dan bayi selain itu juga dapat memicu perkembangan sel otak bayi menjadi lebih baik.



10. Mencegah Kanker


Tubuh yang lemah sangat rentan terhadap serangan radikal bebas, dan radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kanker. Kedua problem tersebut bisa kita cegah dengan sering mengkonsumsi kepiting yang mempunyai kandungan protein, Omega 3, dan Mineral Zinc yang bermanfaat untuk menambah kekebalan tubuh. Mineral Selenium yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel yang diakibatkan serangan radikal bebas.



11. Mencegah dan Menyembuhkan Anemia


Penyakit anemia bisa dicegah dan disembuhkan dengan mengkonsumsi kepiting, karena Vitamin B12, Mineral Copper, dan Mineral Zinc pada binatang ini mempunyai peran penting dalam memproduksi sel-sel darah merah.


12. Mencegah Penyakit Prostat


Kepiting dipercaya dapat mencegah penyakit prostat karena kandungan Mineral Zinc berguna dalam mencegah pembesaran pada prostat.


13. Merawat Kulit dan Rambut


Bagi kaum perempuan yang selalu memperhatikan perawatan tubuh, mengkonsumsi kepiting sangat baik untuk kecantikan. Mineral Zinc yang dikandungnya bisa mencegah rambut rontok dan dalam Vitamin B12 bisa memelihara syaraf dan sel-sel kulit.jadi jika anda memiliki rambut atu kulit yang kusam dan rambut tipis tidak adasalahnya anda mengkonsumsi kepeting agar semuah masalah tersebut dapat di atasi dari dalam tubuh bukan hanya anda obati dari luar tubuh saja.


14.BAik Untuk Tulang


kandungan kalsium yang terdapat pada daging kepiting cukuplah tinggi yang di percaya baik untuk tulang kita agar terhindar dari pengkroposan tulang kita.konsumsilah kepiting sewajarnya saja maka anda akan mendapatkan hasil yang baik pula .semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semuah jika adasalah kata saya mohon maaf karena yang sempurna hanya milik allah.







Meskipun kandungan gizi kepiting terbilang kompleks dan manfaatnya cukup banyak untuk kesehatan tubuh, bukan berarti kitabisa semaunya mengkonsumsi kepiting. Hal ini karena binatang ini juga mengandung kontaminan seperti logam berat, dioksin dan merkuri. Untuk itu, sebelum dan sesudah mengkonsumsi kepiting ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:


Tips Sehat Cara Memasak Kepiting

 

 



  • Di anjurkan untuk tiadak mengolah kepiting dengan cara digoreng
  • Walaupu terdapat kandungan vitamin yang bermanfaat, Di dalam kepiting juga  memiliki kandungan kolesterol yang tinggi yaitu 77 mg/ 100gr. Jadi. Mengng konsumsi kepiting  Cukup dengan ukuran sedang untuk mendapatkan manfaatnya memenuhi asupan kolesterol 300 mg.
  • Kandungan basa purin dalam kepiting bisa meningkatkan kadar asam urat dalam darah.  Jadi bagi penderita penyakit asam urat atau gout di sarankan untuk menghindari konsumsi kepiting.
  • Kepiting cangkang lunak/soka, jika anda memasak kepiting ini saya anjurkan untuk tidak membuang kulitnya karena di situlah nilai gizi dan memiliki kandungan chitosan dan karotenoid yang sangat baik untuk tubuh kita.

baca juga : bunda kitchen 11



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning