Kamis, 18 Agustus 2016

Manfaat Ikan Salmon


Gizi di Balik Manfaat Ikan Salmon 

Manfaat ikan salmon untuk tubuh sangat beragam karena ikan ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Salmon juga sudah lama dikenal sebagai ikan yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh.



Beberapa mineral penting yang ada dalam ikan salmon adalah kalium, selenium, dan vitamin B-12. Kandungan lain yang dianggap paling berguna dalam ikan salmon adalah asam lemak omega-3. Zat terakhir adalah asam lemak esensial alami dalam salmon, yaitu dalam bentuk asam eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).





Baik untuk Jantung


Salah satu kandungan ikan salmon yang penting bagi kesehatan jantung adalah asam lemak omega-3. Zat ini merupakan jenis asam lemak tak jenuh yang bisa membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Peradangan sendiri jika tidak dikendalikan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Fungsi lain dari asam lemak omega-3 adalah membantu menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat dan tekanan darah. Juga baik dalam membantu menurunkan risiko seseorang dari stroke dan gagal jantung serta mengurangi pembekuan darah.


Menunjang Perkembangan Otak


Bagi anak-anak, manfaat ikan salmon terutama untuk membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan asam lemak omega-3 EFA yang ada dalam ikan salmon. Bukan saja berguna bagi perkembangan otak anak-anak, asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga mungkin berguna bagi mereka yang mengidap gangguan pemusatan perhatian (ADHD). Konsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 bisa membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.


Baik untuk Kulit dan Rambut


Jika Anda sedang menjalani diet rendah lemak yang mengakibatkan kulit dan rambut kekurangan lemak, maka salmon bisa menjadi solusinya. Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon akan membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh sehingga kulit tidak menjadi kusam dan rambut tetap sehat berkilau. Saking baiknya untuk kulit, asam lemak omega-3 sedang diuji untuk pengobatan psoriasis.


Berperan dalam Kesehatan Tulang


Selama ini kita mengenal matahari membantu tubuh mensintesis vitamin D untuk tubuh kita. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dari makanan dan suplemen. Ikan salmon adalah salah satu jenis makanan sumber vitamin D yang sangat baik. Dengan kata lain, ikan salmon bermanfaat bagi peningkatan kesehatan tulang.


Meredakan Depresi




Asam lemak omega-3 dalam ikan salmon juga diprediksi bermanfaat untuk meredakan depresi. Hal ini terjadi jika penderita depresi mengonsumsinya bersamaan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter. Sebuah studi menyatakan pada wanita hamil yang mengonsumsi asam lemak omega-3 selama menjalani proses kehamilan akan menurunkan risiko depresi pasca kehamilan.


Meski manfaat ikan salmon banyak bagi kesehatan manusia, namun beberapa waktu terakhir keamanannya sempat menjadi perhatian. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kandungan polychlorinated biphenyls (PCBs) yang terlalu tinggi, terutama pada ikan salmon yang dibudidayakan. Berdasarkan penelitian, zat ini mungkin bersifat karsinogen atau bisa memicu tumbuhnya kanker bagi manusia.


Isu lain terkait keamanan ikan salmon bagi konsumsi manusia adalah risiko terinfeksi cacing parasit yang biasa disebut anisakis. Hal ini terutama bagi mereka yang gemar mengonsumsi ikan ini mentah-mentah. Agar manfaat ikan salmon tidak hilang, harus dilakukan pengolahan serta proses memasak yang baik dan benar.


baca juga :kandungan gizi & manfaat ikan gabus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning