Minggu, 28 Agustus 2016

Rambut Panjang Kian Memukau

Agar Rambut Panjang Kian Memukau

 Rawatlah Rambut Anda Seperti ini


 


Dalam sebulan, sehelai rambut bisa tumbuh sekitar 0,6-0,7 cm dan dapat terus bertambah panjang hingga enam tahun ke depan. Jadi untuk mendapatkan rambut panjang, Anda bisa mengira-ngira berapa lama waktu yang dibutuhkan.


Siklus alami rambut sendiri pada umumnya akan berakhir setelah enam tahun. Rambut lama kemudian akan rontok dan membuka jalan bagi tumbuhnya rambut baru. Siklus ketahanan rambut tiap orang bervariasi, ada yang hanya dua tahun atau bisa mencapai enam tahun.



Siklus kehidupan rambut sendiri tergantung kepada banyak faktor dan kondisi. Salah satu faktor yang terhitung signifikan adalah bagaimana cara seseorang merawat rambutnya. Makin banyak prosedur penataan rambut yang diterapkan, maka secara otomatis makin banyak perubahan pada struktur alami rambut dan berdampak kepada ketahanannya secara umum.

Perawatan yang Diperlukan oleh Rambut Panjang

Agar rambut panjang Anda tetap sehat dan dapat menunjang penampilan dengan optimal, maka beberapa tindakan di bawah ini bisa dilakukan sebagai bentuk perawatan.
  • Pangkas rambut secara berkala
Ingatlah bahwa sering memotong rambut bukan berarti akan mempercepat pertumbuhan rambut. Lebih baik lakukan pemangkasan ujung rambut secara terjadwal guna mempertahankan panjang rambut sesuai dengan ukuran ideal yang diinginkan. Guna menghilangkan kemungkinan adanya bagian ujung yang telah rusak, disarankan untuk memangkas ujung rambut setidaknya tiap 6-8 minggu. Hal ini juga berguna mencegah tumbuhnya rambut dengan ujung bercabang.
  • Pertahankan diet sehat
Untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat selama Anda berusaha memanjangkan rambut, diperlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Berdasarkan kesepakatan para ahli kesehatan, diet seimbang untuk mendukung pertumbuhan rambut tersebut setidaknya harus dilengkapi dengan 13 vitamin esensial. Vitamin esensial tersebut termasuk vitamin A, D, E, K, C, dan kelompok vitamin B-kompleks. Vitamin golongan B-kompleks adalah biotik, riboflavin, asam pantotenat, niasin, tiamin, vitamin B-6, vitamin B-12, dan folat.
  • Perhatikan pemakaian sampo Anda khusus pada kesempatan ini
Penggunaan sampo yang disarankan saat Anda tengah berupaya merawat rambut yang sedang dipanjangkan adalah 2-3 kali tiap minggunya.
Mencuci rambut dengan sampo dapat menghilangkan kandungan minyak di kulit kepala yang berguna untuk menjamin kesehatan rambut panjang Anda. Selain memastikan pemakaian sampo hingga ke kulit kepala, usahakan selalu menerapkan conditioner di ujung rambut setelah keramas.
Sebagai alternatif jika ingin menghindari pemakaian sampo, gunakan hanya conditioner pembersih untuk menjaga rambut kelembapan Anda.
  • Keringkan dengan hati-hati
Agar rambut panjang Anda tidak cepat rusak, maka saat mengeringkan rambut lakukanlah sehati-hati mungkin. Cukup peras rambut untuk menghilangkan kelebihan air, lalu tutup dengan handuk. Hindarilah menggosok-gosok rambut dengan handuk kering. Saat menguraikan rambut setelah ditutup handuk, gunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rambut kusut saat sudah kering.
  • Hindari menata rambut berlebihan
Untuk menjaga kesehatan rambut panjang Anda, hindari menerapkan penataan rambut yang melibatkan zat kimia, panas dan pewarnaan secara berlebihan. Beberapa gaya yang sebaiknya dihindari adalah mengeriting rambut, menggunakan pewarna rambut, meluruskan rambut dengan dipanaskan, dan menyisir berlebihan.
  • Hindari mengikat terlalu ketat
Menguncir rambut dengan gaya ekor kuda atau mengepangnya mungkin membuat Anda terlihat lebih menawan. Hanya saja, usahakan ikatan yang dilakukan tidak terlalu ketat. Jika menerapkan gaya yang menjadikan rambut tertarik terlalu ketat, justru memungkinkan rambut mengalami kerusakan.

Satu lagi yang patut diingat adalah menjaga rambut turut membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Jadi, jangan merasa perawatan rambut telah cukup dilakukan hanya dengan beberapa kali perlakuan yang direkomendasikan. Perawatan secara konsisten akan membuat hasil yang diinginkan lebih mudah diraih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning