Selasa, 16 Agustus 2016

BUNDA KITCHEN 6


Aneka Resep Kue Cemilan




Resep Kue Sus Enak dan Lezat

Bahan - Bahan :

Bahan kulit:
Untuk membuat bahan kulit kue sus bahan yang diperlukan adalah ½ sdt garam halus, 125 gr mentega, telur ayam sebanyak 5 butir, 250 ml air bersih, 150 gr tepung terigu dan ¼ sdt baking powder
 
Bahan Fla:
Tidak sedap rasanya kue sus tanpa fla yang enak. Untuk membuat fla Anda bisa mengkreasikan dengan bahan lain. Berikut bahan fla untuk kue sus ini: ½ sdt garam halus, 250 ml susu cair, 60 gr gula pasir, 2 sdt rum, kuning telur ayam sebanyak 2 butir, tepung terigu sebanyak 2 sdm, tepung maizena sebanyak 4 sdm, mentega 1 sdt, dan ½ sdt vanili.

Cara Membuatnya :

1.Langkah selanjutnya adalah cara membuat kulit kue sus: Masak air dalam panci bersamaan dengan garam halus serta mentega hingga mendidih kemudian tambahkan tepung terigu dan diaduk-aduk hingga merata. Ketika sudah kalis angkat adonan tersebut. Resep kue sus enak selanjutnya tambahkan telur dan baking powder ke dalam adonan yang telah diangkat sambil adonan ini diaduk sampai rata. Kemudian, Siapkan plastik yang berbentuk segitiga dan masukkan adonan kue sus ke dalam plastik, semprotkan adonan ke dalam Loyang kue sus yang telah diolesi dengan mentega. Selanjutnya, Adonan yang telah di cetak tadi kemudian masukkan ke dalam oven, masak hingga kue sus matang, angkat dan dinginkan. Dan Setelah dingin, kue sus tadi diiris bagian tengahnya untuk diisikan saus fla

 
2.Langkah membuat saus fla kue sus:Susu dicampur dengan tepung terigu, tepung maizena, garam dan gula pasir dimasak hingga mendidih dan di aduk-aduk hingga agak mengental. Kemudian tambahkan kuning telur, mentega, rum dan vanili lalu aduklah adonan tadi hingga rata. Adonan fla ini bisa dimasukkan ke dalam plastic segitiga untuk di semprotkan ke dalam kue sus yang telah diiris bagian tengahnya.



Resep Kue Cireng Isi
 

Bahan - Bahan :

Bahan-bahan yang digunakan:
5 sdm tepung terigu
400 gram bumbu kacang
300 gram tepung kanji
1 sdm merica
Minyak goreng secukupnya
1 batang daun bawang, iris
Garam secukupnya
4 siung bawang putih, ulek sampai halus
 
Bahan untuk isian:
Sosis
Bakso
Daging ayam potong, atau suwir
Kornet
Keju
Daging sapi

Cara Membuatnya :


1.Langkah pertama siapkan terlebih dahulu baskom kecil kemudian masukkan bumbu dan bahan tepung terigu, air, garam, tepung kanji, dan merica. Lalu aduk secara merata adonan tadi.
 
2.Campurkan tumbukan bawang putih berikut daun bawang yang sudah diiris, setelah itu aduk kembali adonan sampai benar-benar merata.
 
3.Jika adonan telah menggumpal, maka Anda bisa mengambil sebanyak 2 sdm adonan lalu bentuk sesuai selera dengan memasukkan bahan isian di tengah adonan. Anda bisa melakukan cara ini sampai semua adonan habis.
 
4.Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan kemudian goreng adonan yang sudah Anda bentuk sampai berubah warna atau sampai matang. Kemudian angkat lalu tiriskan.
 
5.Jika semua sudah matang, maka cireng pun siap disantap dengan bumbu kacang yang gurih dan lezat.

Resep Kue Pastel Basah

Bahan - Bahan :

Bahan Kulit Pastel:
Tepung terigu 250 gram
Telur 1 butir
Margarin 40 gram
Air hangat 100 cc jenis kuku
Garam secukupnya
Minyak yang digunakan untuk menggoreng
 

Bahan Isi Kue Pastel:

Bawang merah 10 butir
Bawang putih 4 siung
Daging ayam 150 gram yang giling
Wortel 75 gram, potong berbentuk dadu atau kotak-kotak
Buncis 75 gram, potong dan iris kecil-kecil
Garam 1 sdt
Lada bubuk 1 sdt
Gula pasir 1 sdt
Susu cair 100 cc
Daun bawang 2 batang, iris secara halus
Seledri 3 batang, iris halus
Margarin 3 sdm, yang digunakan untuk menumis
Telur rebus 2 butir, lalu dikupas, dan dipotong-potong

Cara Membuatnya :

1.Campur semua bahan yang tercantum dalam daftar bahan kulit, tuang air ke dalam wadah yang terdapat campuran bahan kulit tadi, dengan dituangi air dikit demi sedikit. Sembari menuangkan air ke dalam campuran adonan, Anda juga harus mengaduknya atau memulennya hingga merata. Setelah itu, gilas campuran adonan tersebut, dan cetak bulat sesuai dengan keinginan, bila punya cetakan atau semacamnya. Silahkan gunakan cetakan yang Anda miliki untuk mengatur bentuk adonan yang sesuai.
 
2.Panaskan margarin, lakukan penumisan pada bawang merah dan juga bawang putih hingga menimbulkan harum yang sedap. Lanjutkan dengan memasukkan daging ayam pilihan Anda ke dalam wadah yang digunakan untuk menumis tadi, dan aduk hingga merata. Setelah terjadi perubahan warna pada masakan, lalu masukan buncis, garam, wortel, lada dan juga gula. Aduk campuran tersebut secara rata dengan menuangkan susu perlahan-lahan dan masak sampai matang. Kemudian masukan beberapa irisan daun seledri dan juga dan bawang, aduk secara merata, jika sudah matang angkat.
 
3.Ambil adonan kulit kue pastel, lalu beri isi macam-macam sayuran dan juga potongan telur rebus diatas permukaan adonan kulit. Olesi adonan tersebut dengan air dan lipat hingga menjadi bentuk setengah lingkaran. Tekan-tekan tepinya sesuai menurut keinginan Anda dan goreng dengan minyak ukuran diatas sedang hingga adonan berubah menjadi kuning kecoklatan. Jika perubahan sudah terjadi, lakukan penirisan pada makanan kemudian angkat, dan siap untuk dihidangkan.


 Baca juga : BUNDA KITCHEN 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning