Minggu, 11 September 2016

Makna Hari Raya Qurban


Pengertian Hari Raya Qurban, Makna dan Kata Ucapan Selamat Idul Adha 1437 H Tahun 2016




Tidak lama lagi sebuah hari yang sangat istimewa untuk umat Islam di seluruh dunia, sebuah hari yang penuh berkah akan segera tiba, hari tersebut ialah Hari Raya Idul Adha 1437 H. Idul Adha adalah diantara hari raya umat Islam yang jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah di takwim Hijriyah. Ini jadi peristiwa buat setiap umat Islam lebih mendekatkan diri pada Sang Pencipta serta mengagungkan-Nya dengan mengumandangkan takbir. Idul Adha memberi banyak sekali arti buat setiap umat muslim. Banyak arti yg dapat didapatkan dari Hari Raya Idul Adha pastinya tak terlepas dari sejarahnya.


Idul Adha sangatlah berkaitan dengan momen qurban yang kala itu Nabi Ibrahim dengan keteguhan imannya serta kerelaan hatinya, beliau akan mengorbankan putranya, Ismail dengan akan menyembelihnya yang tidaklah lain hal tersebut dilaksanakan Nabi Ibrahim buat ketaatan pada Allah SWT. Nabi Ismail juga dengan keikhlasan hatinya ikhlas buat disembelih. Akan tetapi, waktu Nabi Ibrahim telah bersiap buat menyembelih putranya, Allah menggantikannya dengan seekor domba.


Peristiwa tersebut memberikan makna yang mendalam untuk seluruh umat. Jelas saja, Nabi Ismail yang merupakan putra satu-satunya dari Nabi Ibrahim dan kemudian Nabi Ibrahim diuji ketaatannya dengan perintah untuk menyembelih putranya itu. Akan tetapi dengan didasari ketaqwaan Nabi Ibrahim yang begitu kuat, beliau pun menjalankan perintah Allah yang kemudian ternyata kerelaan hatinya tersebut diberikan ganti yang terindah berupa Nabi Ismail yang tak jadi disembelih, melainkan seekor domba yang besar. Sebagaimana ini telah dijelaskan dalam Surah Ash Shaffat Ayat 102-109.


Dalam momen Idul Adha, umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan sholat Id di pagi hari. Kemudian juga melakukan penyembelihan hewan qurban sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta dan juga sebagai wujud perhatian kepada sesama umat untuk saling berbagi. Berqurban mempunyai makna untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dengan arti lainnya adalah kesungguhan dengan menyerahkan segala hal kepada yang Maha Kuasa.


Dengan berqurban, umat muslim akan diajarkan untuk senantiasa saling berbagi kepada sesama muslim yang lain, terlebih berbagi kepada mereka-mereka yang kurang mampu. Kemudian juga dengan berqurban, keikhlasan hati manusia akan diuji, terlebih diuji dari sifat yang tamak dan berlebih-lebihan. Berqurban akan mengajarkan bahwa apa yang didapatkan manusia saat ini tidaklah lain merupakan titipan dan sudah sepatutnya titipan tersebut dimanfaatkan secara baik dengan turut berbagi kepada sesama agar saling merasakan nikmat yang serupa.


Kata Ucapan Selamat Hari Raya Qurban Idul Adha


Kala takbir berkumandang
Ayam dan bebek lari kekandang
sapi dan kambing menjadi kurban 

Kerbau hanya tersenyum malu karena tidak jadi kurban
Selamat hari raya idul adha

Qurban adalah semangat berbagi.
Damai di hati. Damai di bumi.
Selamat Idul adha

Idul Adha adalah saat untuk merayakan
semangatmu dalam berkurban
harapanmu pada ampunan
dan keteguhanmu dalam beriman.

Semoga hidupmu dipenuhi kelezatan,
selezat sate kambing di hari raya qurban.
Imanmu dipenuhi ketegaran,
setegar Ismail dan domba sembelihan.
Serta hari-harimu dalam bimbingan,
seperti Ibrahim sang Kekasih ALLAH.

Semoga Menjadi Haji yang Mabrur
kurban menjadi tunggangan terbaik di Shirat kelak
Selamat Idul Adha 1437 H


Aamiin 


Baca juga :5 Rukun Islam & 6 Rukun Iman







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning