Senin, 31 Oktober 2016

Ciri-Ciri Anda Mengalami Masalah Ketidakseimbangan Hormon



Kenali ciri hormon yang tidak seimbang pada wanita

 

Ketidakseimbangan hormon adalah masalah yang sangat umum. Hal ini terjadi karena gaya hidup dan pola makan yang kurang sehat. Meskipun tampak sederhana, hormon yang tidak seimbang dapat mengganggu kesehatan Anda. Dan dalam jangka panjang, wanita yang kekurangan hormon bisa menyebabkan infertilitas. Berikut ciri-ciri hormon yang tidak seimbang pada wanita, dilansir boldsky (30/4).

Hot flashes
 
Hot flashes adalah gejala menopause yang ditandai dengan rasa panas di tubuh selama dua sampai 30 menit. Wajah menjadi merah dan panas jika disentuh. Hal tersebut diakibatkan perubahan hormon, sehingga pembuluh darah melebar serta denyut jantung meningkat

Berat badan naik mendadak


 
Jika Anda tidak makan banyak dan berolahraga secara teratur, namun berat badan Anda bertambah, hal itu bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon.

Haid tidak teratur
 
Siklus menstruasi tergantung pada perubahan bulanan dalam hormon wanita. Jadi, jika ada perubahan hormon dalam tubuh, maka menstruasi Anda akan menjadi tidak menentu. Anda mungkin terlambat haid atau bahkan mengalami pendarahan berat akibat hiperaktivitas hormon.

Berkeringat


 
Hormon berperan untuk membuat Anda merasa sangat panas. Ketika hormon mulai berubah, Anda akan berkeringat lebih banyak dan merasa lelah.

Mudah marah
 
Saat hormon mulai tidak seimbang, Anda bisa menjadi mudah marah dan depresi.

Libido seksual rendah
 
Hormon yang tidak seimbang jelas mempengaruhi libido Anda. Jika gairah seksual Anda menurun tidak seperti biasanya, bisa jadi hormon Anda sedang kacau.

Infertilitas
 
Jika Anda mencoba untuk hamil selama beberapa waktu namun belum mendapat momongan, maka Anda harus menyelidiki apakah Anda menderita ketidakseimbangan hormon.

Rambut rontok


 
Salah satu terjadinya pertumbuhan rambut disebabkan oleh hormon. Jika Anda memiliki kadar hormon yang tinggi, pertumbuhan rambut Anda akan cepat dan tebal. Tetapi selama hormon tidak seimbang,Anda mungkin kehilangan banyak rambut.

Kekeringan vagina
 
Biasanya permukaan vagina Anda tetap basah dan terlebih pada masa subur Anda. Tetapi jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa vagina kering dan gatal, bisa jadi karena pengaruh rendahnya tingkat hormon.

Ceroboh
 
Ketika mengalami gangguan hormon, memori aktif di otak Anda akan gagal. Karenanya Anda menjadi pelupa dan ceroboh.
Jika Anda mengalami salah satu ciri di atas sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih awal.

Ciri Dan Tips Ketika Hormon Wanita Tak Seimbang

Hormon adalah zat kimia yang diproduksi tubuh secara alami yaitu oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu. Kelenjar ini merupakan kelenjar yang tidak mempunyai saluran sehingga sekresinya akan masuk aliran darah dan mengikuti peredaran darah ke seluruh tubuh. Ketika sampai pada suatu organ, hormon akan merangsang terjadinya perubahan atau efek tertentu sesuai dengan fungsinya masing-masing.


Dari sekian banyak hormon, yang memegang peranan penting pada wanita adalah hormon estrogen–progesteron dan androgen. Dalam tubuh wanita, jumlah estrogen dan progesteron lebih dominan dibanding jumlah androgen (hormon pria), sebaliknya untuk pria, hormon andorgen (testosteron) lebih dominan dibanding hormon estrogen & progesteron.


Hormon adalah zat kimia yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Hormon pada wanita umumnya berfungsi untuk memulai seseorang mengalami pubertas dan kemudian memainkan peran dalam pengaturan perilaku seksual. Namun kenyataanannya ketidak seimbangan hormon kerap sering dialami terutama pada wanita.


Hal ini sering kali dipicu oleh pola makan dan gaya hidup yang cenderum kurang sehat. Meski terlihat sederhana, ketidak seimbangan hormon dapat berdampak pada kesehatan dalam jangka panjang. Kekurangan atau ketidak seimbangan hormon pada wanita dapat menyebabkan infertilitas.


CIRI -CIRI KETIDAK SEIMBANGAN HORMON PADA WANITA :


1. KELELAHAN


Jika merasa lelah setelah seminggu ujuian akhir atau bekerja hingga larut malam ini masih bisa dikatakan wajar atau normal dan anda dalam keadaan baik-baik saja. tetapi jika rasa lelah terus menerus terjadi. Bisa menjadi tanda tiroid didalam tubuh kurang aktif. Hormon tiroid sendiri berfungsi untuk Memproduksi hormon thyroxine (T4) dan triiodothyronine (T3).


Hormon ini menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh, mengatur kecepatan tubuh dalam membakar energi dan membuat protein, serta mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lain. Itulah sebabnya mengapa jika hormon tiroid tidak aktif tubuh mudah merasa lelah, bahkan merasa lelah terus menerus.

2. PERUBAHAN KULIT ATAU JERAWAT


Jerawat bisa muncul karena kurang sering membersihkan wajah. Tetapi jika jerawat cystic muncul disekitar bagian bawah wajah bisa jadi tingkat hormon testosteron cukup tinggi. Hormon Testosteron yang tinggi memicu produksi minyak pada wajah yang semakin meningkat.


Produksi minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati akan menutup pori pori sehingga menjadi bersarangnya bakteri dan akhirnya menyebabkan jerawat. Sebagai tambahan jerawat Cystic adalah jerawat yang sudah meradang tumbuh besar-besar dan mengandung nanah. jerawat ini merupakan jenis infeksi kulit yang adisebabkan oleh saluran minyak di kulit yang tersumbat bercampur dengan debu, kotoran dan bakteri.

3. SIKLUS MENSTRUASI KACAU


Sering kali wanita mengalami menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan atau bahkan tidak mengalami menstruasi sama sekali selama berbulan-bulan. Selain menstruasi tidak teratur ketidakseimbangan hormon pada wanita juga menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrim. Hal ini juga bisa menyebabkan endometriosi pada wanita.


Sama halnya dengan kelelahan siklus menstruasi yang kacau bisa dipicu oleh berbagai faktor. Sepertis stres, masalah tiroid, Estrogen rendah, Atau sindrom Ovarium Polikistik.

4. TUMBUH RAMBUT TIDAK WAJAR

Bagi laki-laki tumbuhnya jenggot atau pun bulu dada adalah hal yang wajar, namun bagaimana jika tumbuh pada wanita? Jika tumbuh jenggot dalam waktu satu bulan atau rambut hitam bermunculan didada, punggung atau lengan ini bisa saja indikasi testosteron mensekresi.


Mengingat buruknya masalah yang timbul akibat ketidak seimbangan hormon pada wanita lalu bagaimana mengurangi dan mengatasi ketidak seimbangan hormon ini.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa dicoba :

1. HINDARI STRES



Gaya hidup sibuk wanita modern menyebabkan wanita kurang memberikan waktu bagi dirinya sendiri untuk merelaxasi tubuhnya. Pekerjaan yang menumpuk dan hari-hari yang berat memicu stres yang akhirnya membuat hormon dalam tubuh mengalami ketidak seimbangan.


Cobalah untuk mengikuti kelas meditasi atau yoga ditengah - tengah kesibukan. Rajin beribadah secara rutin dan rekreasi juga membantu untuk merelaxasi tubuh dan menyeimbangkan kembali hormon dalam tubuh wanita


2.  MAKAN MAKANAN DENGAN GIZI SEIMBANG


Gaya hidup akan pola makan yang tidak sehat merupakan pemicu yang paling dasar penyebab ketidak seimbangan hormon. pilihlah makanan menu sehat dengan gizi yang seimbang untuk mengembalikan hormon-hormon berfungsi maksimal dalam tubuh.


Konsumsi lebih banyak buah dan sayur muga kacang -kacangan, selain itu makanan sehat dengan gizi seimbang juga memberikan tubuh yang sehat dan kuat.


3. TIDUR CUKUP


Istirahat yang cukup membantu mengembalikan kebugaran tubuh akibat kelelahan dengan aktifitas sehari - hari. Pada saat tidur tubuh melakukan pemulihan, untuk itu tidur yang cukup 7-8 jam sehari membantu menyeimbangkan hormon.


4. KURANGI KAFEIN


Meskipun kafein memiliki manfaat namun ada baik nya membatasi konsumsi kafein secara berlebih. Kafein menyebabkan kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon berlebih didalam tubuh.


Demikianlah CiriDan Tips Ketika Hormon Wanita Tak Seimbang semoga dapat bermanfaat untuk membantu memberikan informasi tambahan mengenai ketidak seimbangan hormon wanita. Sehingga dapat membantu mencegah dan mengobati ketidak seimbangan hormon wanita ini.

▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬
                                                                                                                              privatebundas.blogspot.com
▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning