Senin, 07 November 2016

Mungkin Ini Salah Satu Hoby Anda Yang Bermafaat (part 1)


5 Hobi Ini Agar Hati Anda Tetap Sehat dan Tenang

 

Hati manusia tampaknya seperti suatu hal yang sederhana ketika digambar di atas kertas oleh anak berusia 5 tahun. Tetapi jauh lebih rumit dari yang kita bayangkan. Agak menakutkan untuk menyadari bahwa hati kita tanpa lelah berhenti berdetak hampir sepanjang hidup.

Kita sering menggunakan kalimat “hati saya berdetak kencang” ketika jatuh cinta, tetapi jika harus berhenti dari jangka waktu yang lebih dari seharusnya, seperti yang kita tahu, kehidupan akan berakhir.
Jadi, sangat penting untuk menjaga hati Anda dalam kondisi yang baik, misalnya dengan melakukan 5 hobi yang menjaga kesehatan hati Anda sebagai berikut.

1. Dance your heart out


















Ketika ada hobi yang dapat membuat Anda fit dan sehat, berdansa, joget, atau menari berada di top list. Menari bukan hanya sesuatu yang menyenangkan, tetapi juga memangkas lemak dan kolesterol yang biasanya menyakitkan, membuat Anda cenderung mengalami serangan jantung. Jangan khawatir bila Anda bukan seorang penari. Selama Anda menikmatinya, itu sudah cukup. Putar musik yang asik ketika Anda sedang berada di dapur atau berdiam diri di rumah dan bergoyanglah sedikit. Jika Anda tidak malu untuk menari, ikut dalam kelas menari adalah ide yang bagus.

2. Berenang

















Jika Anda suka dengan air dan berenang, Anda sudah melakukan hal yang hebat untuk menjaga jantung Anda. Berenang melibatkan banyak latihan dan terutama meningkatkan kekuatan otot Anda. Ini akan bekerja pada sistem kardiovaskular dan memperbaiki oksigen yang masuk ke dalam tubuh tanpa harus merusak hati.

3. Memasak














Memasak selalu dapat menjadi terapis. Kebanyakan orang tidak suka bekerja keras di dapur untuk menyiapkan makanan. Tetapi bagi yang suka memasak, tak ada yang lebih baik daripadanya. Cobalah resep-resep baru dan cicipi pengalaman Anda di dapur dapat membuat Anda semangat, ini juga sangat membuat rileks. Dan yang paling penting adalah melihat orang yang Anda cintai menikmati masakan akan memberi kepuasan tersendiri bagi hati Anda.

4. Mendengarkan Musik














Music works like magic. Musik adalah suatu hal yang dapat dengan cepat membuat mood Anda berubah dan membuat nyaman. Mendengarkan melodi-melodi yang menggetarkan jiwa dapat mengurangi sebagian besar kecemasan dan tekanan darah Anda.

5. Traveling


















Cara lain untuk bersantai adalah dengan traveling. Pergi dari himpitan asap rokok kehidupan kota akan membuat Anda lebih segar dan dapat mengendalikan stres. Bepergian ke pedesaan atau tempat-tempat yang pemandangannya indah dapat meremajakan tubuh dan jiwa Anda.

 

10 Hobi Ini Dapat Membuat Kamu Lebih Pintar Dan Produktif 

 

Semua orang tentunya memiliki hobi yang berbeda. Tapi jika kalian ingin menjadi orang yang terlihat lebih pintar dan produktif, ada sejumlah hobi yang bisa mengabulkan keinginan kamu tersebut. Jika kalian ingin terlihat lebih pintar dan produktif, coba lakukan salah satu dari 10 hobi di bawah ini. Dijamin banyak orang yang akan mengagumimu. Inilah 10 hobi yang dapat membuat kamu lebih pintar dan produktif.

1. Membaca





















Sudah bisa ditebak hobi apa yang bisa membuat kamu terlihat lebih pintar dan juga produktif. Hobi tersebut tidak lain adalah membaca. Tidak hanya bisa menambah pengetahuan, membaca juga diketahui bisa mengurangi stres dan juga mengajarkan berbagai macam emosi. Semua hal tersebut bisa membentuk diri menjadi yang lebih baik.

Banyak sekali buku dengan topik berbeda yang bisa dibaca. Fiksi, biografi, antologi, dan juga filosofi. Berbagai macam topik berbeda tersebut bisa membuat kita dipenuhi dengan pengetahuan yang bermacam-macam. Seperti kata banyak orang, "Buku adalah jendela dunia".

2. Bermain Catur





















Tidak semua orang mengerti dan bisa bermain catur. Termasuk ke dalam salah satu jenis olahraga, di dunia ini juga sering diadakan perlombaan catur untuk mencari siapa pemain catur terhebat. Untuk bisa memainkan catur, diperlukan kemampuan pikir dan juga strategi yang tepat untuk bisa mengalahkan lawann.

Hal tersebut membuat catur ini menjadi hobi menarik yang bisa membuat seseorang terlihat lebih pintar. Setiap melawan orang yang berbeda, kita akan dipaksa untuk mencari strategi lain yang efektif untuk bisa mengalahkan lawan.

3. Belajar Bahasa
















Suatu hal yang mengagumkan apabila kita melihat seseorang yang bisa menguasai banyak bahasa, Harus diakui, mempelajari suatu bahasa asing bukanlah suatu hal yang mudah. Tapi bila berhasil, orang-orang akan mengakui kepintaran kita. Untuk bisa menguasai bahasa yang diinginkan, pdiperlukan usaha dan kesarabaran. 

Beberapa penelitian yang pernah dilakukan mengatakan bahwa orang-orang yang menguasai lebih dari 1 bahasa memiliki tingkat kepandaian yang lebih tinggi daripada yang hanya menguasai 1 bahasa. Kemampuan dalam membuat rencana, menentukan pilihan, dan juga kemampuan dalam memecahkan suatu masalah juga meningkat.

4. Menulis
















Ada banyak sekali manfaat yang akan kalian dapatkan dari hobi menulis. Salah satunya manfaat menulis adalah menambah kepintaran. Menulis dapat meningkatkan kemampuan linguistik seseorang. Menulis juga dapat meningkatkan kemampuan lain seperti fokus, imajinasi, dan pemahaman akan suatu hal.

Di era yang sudah modern ini, kita tidak hanya dapat menulis di kertas saja, kita juga bisa menuliskan apa yang ada dalam pikiran kita dalam suatu blog di internet. Hal apapun yang terlintas di kepala, tuliskan saja semuanya menggunakan pena ataupun blog tersebut. Hobi menulis juga bisa melatih bagaimana cara kita untuk berekspresi.

5. Memasak





















Menjadi salah satu tugas yang dilakukan oleh ibu rumah tangga, ternyata hobi memasak juga bagus dilakukan agar bisa lebih pintar dan juga produktif. Sayangnya masih banyak orang yang tidak sadar akan manfaat dari hobi memasak ini. Banyak orang menganggap memasak itu hanya buang-buang waktu. 

Daripada melihat sisi negatifnya, kenapa manusia tidak mencoba lihat dari sisi lainnya. Dengan memasak dapat melatih kreativitas seseorang untuk menemukan suatu masakah baru. Dengan menggunakan bahan-bahan yang terbatas, otak kita akan dilatih untuk mencari solusi makanan apa yang harus dibuat. Saat ini bukan hanya perempuan saja yang menekuni memasak, tapi ada juga sejumlah pria yang hobi memasak.

6. Menjadi Gamer




















Tidak hanya orang tua jaman dulu, bahkan orang tua jaman sekarang juga ada yang menganggap bahwa hobi bermain game itu adalah hobi yang buruk dan tidak mendidik anak sama sekali. Namun sayangnya anggapan itu tidaklah selalu benar. Ada juga video game yang bisa menumbuhkembangkan kreativitas dan daya pikir anak. 

Tergantung dari orang tua dan anaknyalah bagaimana memilih video game yang tepat.
Video game yang bisa mengasah otak bisa melatih daya pikir anak dan mengembangkan kecerdasannya. Selain itu, kebanyakan game yang menggunakan bahasa asing juga bisa menambah pengetahuan anak tentang bahasa asing. Tapi untuk hobi satu ini lebih baik para orang tua selalu mengawasi anaknya agar tidak salah memainkan game.

7. Travelling


















Untuk hobi 1 ini nampaknya kamu diharuskan untuk mempunyai sedikit kerja keras dan juga biaya. Meski begitu, hobi ini masih termasuk dalam salah satu hobi yang bisa membuat kamu bisa terlihat lebih pintar dan juga produktif loh. 

Dengan travelling, kalian bisa membunuh rasa kebosanan yang kalian rasakan.
Travelling ke tempat baru selalu memberikan pengalaman dan juga pengetahuan baru yang menarik untuk dipelajari lebih dalam. Kalian bisa bertemu dengan orang yang berbeda, bermacam-macam kuliner, gaya hidup, dan juga budaya. Hobi ini akan memberikan pengalaman yang tidak akan bisa dibayangkan.

8. Menyulam

























Menyulam merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh perempuan. Tapi bukan berarti pria tidak boleh ikut melakukan kegiatan menyulam. Salah satu hobi yang bisa membuat kamu terlihat produktif dna pintar ini ternyata bisa sangat menyenangkan bila ada niat untuk menekuninya. Kalian boleh percaya atau tidak, tapi memang ada beberapa orang yang bisa menemukan ketenangan dan kebahagiaan dengan menyulam.

Menyulam adalah suatu hobi yang bisa terbilang simple, murah, dan juga sangat menyenangkan. Yang kamu butuhkan adalah benang sulam, jarum, gunting, dan media untuk menyulam seperti kain atau kaos.



 9. Olahraga


















"Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat". Slogan ini yang sering kita dengar setiap harinya. Olahraga teratur tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, tapi dengan olahraga juga bisa membuat otak berpikir lebih jernih. Sama halnya dengan tubuh, otak juga membutuhkan olahraga. Olahraga teratur dapat membuat tubuh dan otak bekerja lebih maksimal.

Jadi, tidak ada salahnya bila ada seseorang yang hobi berolahraga. Karena memang olahraga bisa membuat mereka terlihat lebih pintar dan juga produktif. Dokter juga mengatakan bahwa peredaran darah yang sehat ke otak dapat juga meningkatkan performa otak. Hobi olahraga ini ada baiknya diajarkan pada anak semenjak kecil agar ketika dewasa, mereka tidak hanya memiliki tubuh yang sehat tapi juga otak yang lebih cemerlang.

10. Bermain Alat Musik
















Seorang ahli filsafat Cina bernama Confucius pernah mengatakan, "Musik menghasilkan kenikmatan yang manusia manapun tidak bisa hidup tanpa musik". Bahkan dari beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa musik dapat mengstimulasi otak untuk bisa bekerja lebih baik.

Hobi bermain alat musik merupakan salah satu hobi positif yang bisa membuat kamu terlihat lebih pintar dan juga produktif. Bermain alat musik juga bisa melatih kesabaran dan ketekunan, karena setiap alat musik memiliki cara dan tingkat kesulitan sendiri untuk bisa dimainkan. Orang yang hobi bermain alat musik juga terbukti memiliki konsentrasi yang lebih tajam.

 

9 Hobi yang Layak Kamu Tekuni Agar Bisa Sukses

 


Semua orang pasti mempunyai hobi atau kecintaan pada suatu kegiatan tertentu. Menekuni hobi bisa jadi bermanfaat karena akan meningkatkan kreatifitas dan kepekaan seseorang. Banyak orang terbukti bisa memanfaatkan hobinya dengan pintar, sehingga apa yang ditekuninya bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Bahkan tak jarang, hobi itu pula yang mengantarkan mereka pada kesuksesan.

Nah, apakah saat ini kamu sedang menekuni suatu hobi, atau mungkin sedang mencari hobi baru yang ingin digeluti? Di artikel kali ini Hipwee akan menjabarkan 9 macam hobi yang sebenar-benarnya layak kamu tekuni karena besar kemungkinan akan membantumu meraih kesuksesan. Apa aja sih? Simak, yuk!


1. Memasak adalah hobi yang layak kamu geluti. Menakar bumbu dan kebiasaan mencicipi rasa masakan akan melatih kemampuan fokus dan konsentrasi

 


Hobi masak

Memasak membutuhkan fokus yang tinggi pada apa yang kamu kerjakan di setiap prosesnya. Kamu pun harus selalu bisa menimbang dan membuat keputusan yang tepat agar bisa menciptakan masakan yang lezat. Tak heran jika kamu yang mempunyai hobi masak merupakan orang-orang yang produktif; yang selalu mempunyai ide segar dan perencanaan matang.

Kelebihan ini jelas bisa kamu manfaatkan dalam kehidupanmu sehari-hari. Dalam dunia wirausaha misalnya, sifat penuh perhitungan dan perencanaan ini membuat kamu tak rentan salah melangkah. Sementara jika bekerja dalam suatu perusahaan, sikap fokus dan konsentrasi yang tinggi juga memudahkanmu menuntaskan berbagai tugas dari atasan.

2. Sebaik-baik manusia ialah mereka yang punya kreativitas tinggi. Jadikan hobi melukis sebagai ruang tempatmu berekspresi dan membuat inovasi

 


Berekspresi dengan melukis

Melukis adalah sarana untuk menuangkan pikiran dan perasaaan dalam sebuah bentuk karya visual. Menekuni hobi melukis akan menempamu jadi pribadi yang lebih ekspresif dan kreatif. Ketika banyak ide-ide segar yang bersliweran di kepala, kamu pun tak ragu-ragu dan terbiasa untuk mewujudkannya dalam bentuk yang nyata.

Tak heran jika mereka yang menggeluti hobi melukis biasanya punya jalan karir yang lebih mulus. Pasalnya, mereka bukan sekadar pemikir semata melainkan orang-orang yang mau punya aksi nyata. Ketika ide-ide segar melatih mereka untuk selalu berinovasi dalam segala hal, maka wajar jika kesuksesan di berbagai bidang juga bisa diwujudkan.

3. Hobi menulis membuat otakmu selalu aktif bekerja. Kamu pun akan terlatih untuk selalu berpikiran terbuka

 


Menulis jurnal traveling

Menulis bisa jadi media untuk mengeluarkan ide, pemikiran, perasaan, keinginan, dan kesukaanmu yang bukan tidak mungkin bisa menginspirasi banyak orang. Dengan menulis, banyak karya-karya yang bisa membawa manfaat bagi orang lain dan mereka yang membutuhkan. Misalnya, kamu bisa membuat artikel bermanfaat atau berbagi pengalaman di blog pribadi.

Ketika dijalani dengan rutin, menulis akan menjaga agar produktivitas kerjamu tetap optimal. Kebiasaan menulis setiap hari membuat otakmu selalu dilatih untuk bekerja. Selain itu, menulis juga berarti membiasakan diri untuk berpikir terbuka. Dan karena kebiasaan menulis biasanya berbanding lurus dengan kesukaan membaca, perkara wawasan dan pengetahuanmu pun tak perlu diragukan lagi banyaknya.

4. Menyinkronkan otak dan gerak tubuh jelas bukan perkara mudah. Mengakrabi hobi menari berarti menempa diri agar jadi orang yang tak gampang menyerah

 


Dedikasi dalam hobi tari tradisional

Bagi mereka yang menekuni hobi menari, perkara keuletan dan dedikasi yang tinggi sudah tak perlu diragukan lagi. Entah itu tari modern maupun tradisional, keduanya menuntut kerja keras dan fokus para pelakunya. Bagaimana pun, sinkronisasi otak dan gerak tubuh bukanlah perkara mudah. Menghafal gerakan yang seirama dengan musik juga bukan pekerjaan yang terbilang sepele.

Maka tak ada salahnya menempa diri sendiri dengan melakoni hobi menari. Sikap ulet dan berdedikasi yang terpupuk selama menjalani hobi ini tentu bisa sangat bermanfaat dalam hidupmu. Entah itu bekerja kantoran atau merintis usaha sendiri, kedua-duanya pun butuh kerja keras dan dedikasi yang tinggi.

5. Selain menambah ilmu dan wawasan, membaca berarti melatih otak agar selalu bekerja dan tak malas-malasan

 


Membaca memperluas wawasan

Hobi membaca terbukti paling banyak digemari orang-orang sukses di luar sana. Tak heran, karena membaca menjadikan kita pribadi yang kaya ilmu dan pengetahuan. Selain itu, membaca juga melatih kita untuk selalu berpikir terbuka dan mau melihat setiap masalah dari berbagai sudut pandang. Kapan pun dan dimana pun, hobi ini bisa dilakukan sehingga tak ada waktu kita yang terbuang percuma.

Hampir sama dengan hobi menulis, membaca berarti melatih otak agar tak malas-malasan. Merunut setiap kata, kalimat, dan memahami isi dari buku yang dibaca membuat otak terbiasa berpikir aktif. Akibatnya, saat menghadapi masalah atau pekerjaan yang sulit, kita bisa lebih tanggap dan cepat menemukan solusinya.

6. Hobi cosplay bukannya tanpa manfaat. Demi mengekspresikan suatu karakter, mereka akan berusaha mewujudkannya dengan semangat

 


Cosplayer

Cosplaying mungkin merupakan hobi yang belum begitu banyak diminati saat ini. Tapi siapa sih yang tak tau tentang hobi yang satu ini? Cosplay merupakan hobi yang mebutuhkan ketepatan dalam mengekspresikan suatu karakter anime Jepang. Kreativitasmu disini pun akan sangat terlatih demi bisa mewujudkan karakter favoritmu. Tak jarang kamu pun sudah sangat mengenal segala sifat dari karakter yang kamu perankan untuk menambah penjiwaanmu dalam karakter tersebut.

Hal ini membuat para cosplayer cenderung mempunyai mental yang kuat. Meskipun sulit, mereka akan menekuni hal-hal yang memang mereka cintai. Ketika sudah menemukan satu pekerjaan yang memang sesuai kata hati, tak heran jika mereka akan memilih bertahan meski ditempa berbagai kesulitan.

7. Kesukaan bermain game tak harus membuatmu rendah diri. Justru dunia game-lah yang akan melatihmu melawan kegagalan dengan cara terus mencoba lagi

 


Boleh main ame, asal tak lupa waktu

Mungkin bagi kamu yang sangat menyukai video game atau biasa disebut gamer, sering sekali mendengar cibiran tentang hobi yang kalian tekuni. Bukannya tanpa manfaat, ternyata game juga bisa membuat kita terlatih menjadi pribadi yang gigih dan pantang menyerah.

Pasalnya, bermain game jelas membutuhkan fokus dan tekad yang tinggi. Walaupun sekali gagal, para gamer akan berusaha mencoba lagi. Namun, usaha yang kedua selalu dibekali dengan strategi yang lebih baik lagi. Dan jika sikap ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu akan sangat berguna untuk meraih kesuksesan dalam hal pendidikan maupun pekerjaan.

8. Berenang bukan sekadar olahraga biasa. Menekuninya sebagai hobi akan membantu menyegarkan pikiran dan tubuhmu

 


Renang bisa merilekskan pikiran

Berenang sangat bermanfaat untuk kesehatanmu secara fisik maupun mental. Karena renang merupakan olahraga yang baik dan bisa meningkatkan produktifitas kerjamu. Dengan renang, kamu bisa menyalurkan semua rasa kesal dan kekhawatiran yang mungkin mengganggu pikiran.

Bersatu dengan air dan memacu kekuatan dan kecepatan diri membuatmu lebih berenergi seusai meninggalkan kolam. Rasa segar akan memperngaruhi kerja otakmu. Saat banyak masalah pekerjaan yang membuat pikiranmu terasa buntu, berenang bisa jadi membantumu menemukan solusi atas segala kesulitan yang sedang dihadapi.

9. Sekalipun hobimu sekadar tidur siang, karenanya kamu bisa lebih cepat menjemput kesuksesan

 


Tidur siang 10-20 menit saja 

Mungin bagi sebagian orang, kegemaran yang satu ini tak bisa dibilang hobi karena merasa hal ini tidak bermanfaat dan hanya membuang-buang waktu saja. Tapi, jika dilakukan dengan benar, tidur siang terbukti bisa membuatmu lebih produktif.

Yup, tidur siang yang baik tak lebih dari 20 menit di siang hari. Jika dilakukan dengan rutin setiap hari, kerja tubuh dan pikiran pun bisa lebih optimal. Selain bisa menjernihkan pikiran dan memberikan ketahanan memori, kamu pun bisa lebih fokus bekerja setelahnya.

Nah, gimana? Dari beberapa hobi diatas, mana yang sudah kamu tekuni saat ini? Hobi memang bukan saran senang-senang semata, karena sebaik-baik hobi adalah yang bisa membawa manfaat dan membawamu lebih cepat menuju kesuksesan.

Nantikan Artikel Selanjutnya Tentang Hoby Anda ................




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning