Senin, 28 November 2016

Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan



Apa Saja Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan?

 

 

Ada banyak manfaat cokelat bagi kesehatan karena memiliki kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin.

Tidak hanya enak, cokelat memiliki berbagai manfaat, termasuk bagi kesehatan dan kecantikan. Penelitian menujukkan dark chocolate atau cokelat hitam mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang penting bagi tubuh. Lalu, apa saja manfaat cokelat bagi kesehatan?
  • Memberikan perlindungan terhadap sinar UV
Cokelat mengandung flavanols, yang mampu melindungi kulit terhadap sinar UV. Menerapkan cokelat langsung pada kulit dapat membantu melembabkan kulit serta membantu mengatasi masalah kulit terbakar akibat sinar matahari.

  • Mendetoksifikasi kulit
Bila dikombinasikan dengan kafein, cokelat hitam dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati di dalam tubuh. Ini kemudian akan membantu pertumbuhan kulit yang lebih segar dan terlihat lebih muda.
  • Meningkatkan pertumbuhan rambut
Cokelat adalah penambah sirkulasi darah. Ini berarti bila diterapkan pada kulit kepala, maka akan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan rambut serta mengatasi rambut rontok. Ini sangat memungkinkan karena cokelat juga mengandung zinc, zat besi, tembaga, dan mineral lainnya, yang akan meningkatkan pembaharuan sel di dalam tubuh.

  • Mengkilaukan rambut
Masker cokelat hitam dapat memberikan rambut yang berkilau atau mengkilap. Untuk hasil yang lebih maksimal, tambahkan dengan yoghurt dan madu. Biarkan rambut selama setengah jam setelah menerapkan masker, kemudian bilas hingga bersih.
  • Menyamarkan kerutan
Manfaat cokelat bagi kesehatan yang terakhir adalah dapat membantu mengurangi atau menyamarkan kerutan dan tanda penuaan. Mereka akan memastikan kulit tetap indah karena mencegah kolagen tidak bekerja dengan baik. Pada akhirnya ini akan membantu mencegah garis halus serta kerutan pada kulit. 


Yuk Konsumsi Cokelat untuk Tingkatkan Kesehatan Kulit!

 

 

Dark chocolate menjadi salah satu pilihan cokelat terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung lebih banyak kakao dan sedikit gula. Selain rasanya yang lezat, ternyata mereka juga bermanfaat bagi kesehatan, khususnya kulit. Jadi, mulai sekarang konsumsilah cokelat untuk tingkatkan kesehatan kulit, seperti yang dijelaskan berikut:

Dark chocolate menjadi salah satu pilihan cokelat terbaik untuk dikonsumsi karena mengandung lebih banyak kakao dan sedikit gula. Selain rasanya yang lezat, ternyata mereka juga bermanfaat bagi kesehatan, khususnya kulit. Jadi, mulai sekarang konsumsilah cokelat untuk tingkatkan kesehatan kulit, seperti yang dijelaskan berikut:

1. Memperbaiki kulit kering

Dark chocolate kaya akan zat besi, kalsium, dan vitamin A, B1, C, D, dan E, yang bersamaan menjadi sumber pelembab kulit. Secangkir kakao yang dikonsumsi sehari-hari akan membantu melawan masalah kulit kering dan membantu kulit tetap bersinar. Selain dikonsumsi, scrub tubuh dengan bubuk cokelat yang dicampur minyak zaitun, gula merah, dan vanili juga bisa dilakukan.

2. Memberi perlindungan UV

Dark chocolate mengandung flavonol, yang secara klinis telah terbukti dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan tanda-tanda lain akibat kerusakan UV. Hal ini juga kemudian meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan hidrasi kulit.

3. Menghambat keriput

Keriput atau garis halus pada kulit terbentuk karena pecahnya kolagen yang terjadi akibat perlepasan hormon stres. Dark chocolate dapat mengurangi stres, sehingga dapat mencegah kelebihan pelepasan hormon stres.

4. Mengobati bekas jerawat

Dark chocolate juga membantu meringankan peradangan kulit dan bekas jerawat. Terapkan scrub cokelat pada kulit yang berjerawat yang sebelumnya kulit telah dicuci bersih. Biji kakao dihaluskan bersama dengan gula, kemudian jadikan sebagai masker selama 10 menit.

5. Mengatasi masalah bibir kering

Cokelat nyatanya juga dapat membantu masalah bibir kering. Beberapa produk kosmetik untuk bibir juga mengandung bubuk kokoa, minyak kelapa sawit, dan jojoba, dimana ini dasarnya membantu melawan serta mengurangi bibir kering.

Jangan lupa konsumsi cokelat untuk tingkatkan kesehatan kulit! 


Tingkatkan Fungsi Kognitif Otak, Salah Satu Manfaat Cokelat Hitam

 

 


Dark chocolate, atau cokelat yang terbuat dari 60% dari biji tanaman kakao memiliki warna yang lebih tua atau gelap, serta rasanya yang sedikit ada rasa pahit cokelat yang khas. Dark chocolate yang lezat dan banyak digemari ini juga sering dijadikan kudapan yang ternyata memiliki banyak manfaatnya.

1. Bagus untuk kesehatan jantung
 
Studi telah menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam, yaitu hanya dua atau tiga kali setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dark chocolate berkhasiat meningkatkan aliran darah, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Makan coklat hitam juga bisa mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).

2. Meningkatkan fungsi kognitif otak
 
Makan dark chocolate akan meningkatkan aliran darah ke otak serta jantung, sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif. Cokelat yang berwarna gelap ini juga membantu mengurangi risiko stroke.
Dark chocolate mengandung beberapa senyawa kimia yang menghasilkan efek positif pada mood  dan kesehatan kognitif. Phenylethylamine (PEA) adalah salah satu senyawa kimia dari cokelat yang sama dengan yang ada diotak akan menciptakan rasa kasih sayang. Senyawa ini mendorong otak untuk melepaskan endorfin, sehingga makan produk coklat jenis ini akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Dark chocolate juga mengandung kafein, namun kadarnya lebih sedikit daripada kopi.

3. Membantu mengontrol gula darah

Dark chocolate membantu menjaga pembuluh darah sehat, sehingga sirkulasi darah Anda tidak terganggu agar terlindungi dari diabetes tipe 2. Flavonoid yang ditemukan dalam cokelat gelap ini juga membantu mengurangi resistensi insulin, dengan membantu sel-sel berfungsi secara normal dan mengembalikan kemampuannya untuk menggunakan insulin tubuh Anda secara efisien. Dark chocolate termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah, yang artinya tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang tinggi.

4. Kaya akan antioksidan

Antioksidan berguna untuk membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas, yang merupakan penyebab utama kerusakan oksidatif pada sel. Radikal bebas juga ikut andil dalam proses penuaan dan dapat menjadi penyebab penyakit kanker. Jadi makan makanan yang kaya akan antioksidan seperti dark chocolate akan melindungi Anda dari berbagai jenis kanker dan bisa memperlambat tanda-tanda penuaan.

5. Mengandung tinggi vitamin dan mineral

Studi telah menunjukkan bahwa makan sejumlah kecil cokelat hitam, yaitu hanya dua atau tiga kali setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dark chocolate berkhasiat meningkatkan aliran darah, dan membantu mencegah pembentukan gumpalan darah. Makan coklat hitam juga bisa mencegah arteriosclerosis (pengerasan pembuluh darah).


Secangkir Cokelat Setiap Hari Mengurangi Risiko Serangan Jantung

 

 

Secangkir cokelat setiap hari bisa mencegah risiko serangan jantung, angkanya berkisar sekitar 31%. Dua penelitian menemukan bahwa nutrisi nabati dalam minuman tersebut bisa meningkatkan pelebaran pembuluh darah, kolesterol, dan masalah lainnya.

Secangkir cokelat setiap hari bisa mengurangi risiko serangan jantung

Angkanya berkisar sekitar 31%. Dua penelitian menemukan bahwa nutrisi nabati dalam minuman tersebut bisa meningkatkan pelebaran pembuluh darah, kolesterol, dan masalah lainnya.
Nutrisi berbasih tanaman yang disebut flavanol cokelat dianggap memiliki fungsi untuk meningkatkan fungsi jantung, baik orang muda maupun orang tua.

Studi pertama melibatkan sekitar 42 orang yang dibagi menjadi dua kelompok usia: bawah 35 tahun dan 50-80 tahun. Para peneliti menemukan, bahwa vasodilatasi, pelebaran pembuluh darah, terjadi secara signifikan pada kedua kelompok yang mengonsumsi flavanol selama penelitian. Dengan perincian: kelompok di bawah 35 tahun meningkat sebesar 33% sementara di atas 50 tahun membaik sekitar 32%.
Pada usia yang lebih muda, para peneliti juga meneliti penurunan statistik dan klinis pada tekanan darah sistolik.




Sementara studi kedua, tidak disebutkan berapa pesertanya, tapi yang jelas melibatkan laki-laki dan 
perempuan sehat yang berusia 35-60 tahun. Ditemukan, kardiovaskular mereka turun hingga 22% setelah mengonsumsi cokelat dua kali sehari selama empat minggu.
Tak hanya berurusan dengan jantung, rutin mengonsumsi cokelat juga baik untuk menurunkan kadar tekanan darah dan kolesterol.

Dua studi tersebut dilakukan di Flaviola Research Consortium yang didanai oleh Uni Eropa.

“Dengan penduduk dunia yang semakin tua, kejadian penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke, adalah sebuah peringatan [...] hasil penelitian kami menunjukkan flavanol (yang terkandung di dalam cokelat) memiliki potensi untuk mencegah mereka,” terang Profesor Malte Kelm, direktur Flaviola dari University Hospital Dusseldorf.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning