Senin, 07 November 2016

Menambah Berat Badan


Menambah Berat Badan Menjadi Lebih Ideal



Saat orang lain ingin menurunkan berat badan, bukan hal yang salah jika Anda ingin tahu bagaimana cara agar tubuh menjadi lebih berisi.
Memiliki berat badan ringan tidak selalu menyenangkan. Hal ini dapat menjadi persoalan jika penyebabnya adalah kekurangan nutrisi atau mengidap penyakit tertentu. Belum lagi jika kondisi tersebut dapat memburuk saat Anda sedang mengandung. Namun ada cara sehat yang dapat ditempuh agar Anda dapat menambah berat badan.



Periksa Terlebih Dahulu Kesehatan Anda

Cara terbaik untuk meningkatkan berat badan tergantung kepada hal apa yang menyebabkan berat badan Anda berkurang. Maka sebelum memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu apakah berat Anda memang berada di bawah berat badan normal dengan menghitung indeks massa tubuh Anda. Jika memang berat badan Anda kurang dari yang seharusnya, maka bisa jadi Anda membutuhkan penanganan medis.
Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan berat tubuh Anda berkurang dari normal antara lain:
  • Hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang terlalu aktif.
  • Penyakit coeliac yang membuat tubuh tidak dapat menyerap nutrisi dari makanan.
  • Gangguan makan seperti anoreksia nervosa.
Orang yang mengidap penyakit-penyakit di atas membutuhkan pengobatan dari dokter dan psikiater jika dibutuhkan.

Memperoleh Tubuh Ideal yang Lebih Berisi




Terlepas dari gangguan-gangguan medis di atas, Anda yang ingin menaikkan berat badan secara sehat dapat mengikuti panduan di bawah ini.

Pilih makanan sehat yang kaya dengan nutrisi. Cara terbaik untuk mendapatkan badan lebih berisi adalah bukan dengan mengonsumsi sebanyak mungkin makanan berlemak dan berkadar gula tinggi, melainkan memilih makanan sehat dengan kandungan mineral, vitamin, dan nutrisi yang tepat.  Konsumsi lebih banyak buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, serta sumber protein tanpa lemak seperti tahu, tempe, dan daging ayam tanpa kulit.
Makan lebih sering. Orang yang kekurangan berat badan sering merasa kenyang dengan cepat. Daripada makan dua hingga tiga kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan 5-6 kali sehari dalam porsi-porsi yang lebih kecil.
Mengonsumsi jus atau smoothies. Smoothies adalah minuman berbahan dasar buah yang dicampur susu atau yoghurt serta bahan-bahan lain yang disatukan dandiblender. Hindari minuman bersoda, kopi, serta minuman ringan lain yang tidak mengandung nutrisi. Anda juga dapat mengganti camilan Anda dengan segelas jus segar.
Mengonsumsi camilan. Di sela-sela jam makan utama, konsumsi camilan bernutrisi seperti buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, avokad, salad sayur. Sebisa mungkin batasi makanan-makanan yang diolah dengan cara digoreng dalam rendaman minyak.
Tambahkan kalori. Tambahkan kalori dalam tiap makanan Anda. Taburkan keju parut pada roti dari biji-bijian utuh, atau telur dadar pada sup ayam Anda. Meski demikian, tetap berhati-hati dalam memilih makanan penambah kalori agar tidak mengakibatkan kelebihan glukosa atau lemak tidak sehat dalam tubuh.
Minum saat makan atau 30 menit sesudah makan. Minum banyak air sebelum makan dapat membuat tubuh kenyang. Sebaliknya, minum di tengah makan atau 30 menit setelahnya membuat tubuh dapat menyerap lebih banyak kalori.
Membiasakan diri untuk berolahraga. Olahraga yang melatih kekuatan dapat meningkatkan berat badan dengan cara membentuk otot Anda. Selain itu, olahraga juga bermanfaat untuk membangkitkan nafsu makan. Aerobik, angkat beban, bersepeda statis, berenang, dan berlari adalah olahraga yang bisa dicoba. Padukan olahraga dengan konsumsi minuman yang kaya protein, seperti susu cokelat rendah lemak. Minuman ini juga dapat dikonsumsi sebelum tidur.
Istirahat dengan cukup. Kurangnya kualitas dan waktu tidur berpotensi membuat metabolisme tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Tidur dan bangun tepat waktu dapat meningkatkan berat badan.
Menaikkan Berat Badan Pasca sakit

Sakit dalam waktu cukup lama dan kehilangan nafsu makan dapat membuat berat badan turun. Padahal pada masa ini tubuh paling membutuhkan makanan dengan kalori, vitamin, mineral, dan nutrisi yang cukup untuk kembali pulih.
Berikut ini adalah beberapa makanan yang mudah dicerna, mudah diolah, sekaligus sehat untuk mengembalikan kondisi tubuh: smoothies, bubur dan sayur, telur rebus, tahu, sup ayam, roti gandum dengan keju, susu, bubur oatmeal, kentang rebus, ubi rebus, atau pisang. Selalu masak daging mentah hingga sepenuhnya matang dan hindari mengonsumsi ikan mentah.
Meningkatkan nafsu makan pada saat dan setelah sakit merupakan upaya yang tidak mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang diharapkan dapat membuat Anda kembali makan dengan lahap.
  • Berjalan-jalan sebentar sebelum makan diharapkan dapat membangkitkan selera makan Anda.
  • Konsumsilah makanan kesukaan Anda.
  • Makanan manis dapat membangkitkan selera makan. Padukan bahan seperti madu dan susu pada jus atau smoothies Anda.
Selain olahraga dan pola makan sehat, di pasaran banyak beredar suplemen vitamin yang menjanjikan peningkatan berat badan. Amankah produk tersebut? Suplemen vitamin tidak akan efektif jika Anda tidak mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Bahkan sebagian suplemen dapat mendatangkan risiko buruk bagi kesehatan. Namun jika Anda berniat mengonsumsinya, pertama-tama pastikan produk tersebut telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan.
Dengan mengikuti panduan di atas, tubuh yang lebih berisi dan sehat diharapkan bukan lagi sekadar impian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Electricity Lightning