Selasa, 08 November 2016

Nasi Panggang Keju



Cara Membuat Nasi Panggang Keju Lezat

 

Cara Membuat Nasi Panggang Keju Lezat — Sensasi baru menikmati nasi yaitu dengan dipanggang, ditaburi jagung manis, kacang polong, smoked beef, dan keju cheddar parut. Semua ini akan memberikan definisi baru akan olahan nasi. Nasi yang dipanggang dan lelehan keju yang hangat dan lezat membuat Rasa Nasi Panggang Keju ini terasa istimewa.


majalahkuliner.info



Belum lagi ditambahkan dengan daging ayam sebagai pelengkap gizi dan rasanya. Pasti tambah maknyus. Bagi yang sudah tak sabar ingin mencobanya, silahkan simak Resep Membuat Nasi Panggang Keju Ayam ini selengkapnya.


Nasi Panggang Keju Ayam


Bahan Utama Nasi Panggang Keju :
  • 2 sendok makan butter tawar
  • 6 tangkai daun bawang. Rajang kecil – kecil
  • ½ buah bawang putih, rajang hingga halus
  • 1 ½ cangkir beras
  • 2 buah paha ayam, ambil dagingnya
  • 100 gram jamur segar, potong beberapa bagian
  • 1 cangkir krim
  • ½ cangkir kaldu ayam
  • 1 sendok teh garam
  • Merica secukupnya
  • Keju mozarella secukupnya
Cara Membuat Nasi Panggang Keju :
  1. Cuci dan masak nasi menggunakan rice cooker
  2. Masak ayam dengan air mendidih hingga matang. Lalu dinginkan dan potong ayam berbentuk dadu. Sisihkan kaldu ayamnya
  3. Panaskan wajan. Masukkan butter. Tumis jamur lalu masukan potongan ayam
  4. Tambahkan merica dan garam secukupnya. Aduk kembali hingga jamur tadi menjadi empuk
  5. Masukkan krim ke dalam wajan dan aduk pelan-pelan. Kemudian tambahkan kaldu ayam
  6. Masukkan krim ayam ke dalam nasi yang telah matang. Aduk dan biarakan beberapa menit hingga saus meresap sempurna ke dalam nasi
  7. Letakkan nasi ke dalam piring tahan panas dan panggang di oven 200 derajat celcius hingga keju berwarna keemasan dan keju meleleh.
  8. Nasi panggang keju ayam siap dibawa sebagai bekal atau langsung disantap.
Nah, itulah tadi resep membuat nasi panggang keju ayam lezat yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini. Sekarang Anda pasti tidak bingung lagi ketika akan menyiapkan sebuah menu untuk bekal atau sarapan keluarga tercinta. Nasi Panggang Keju Ayam ini bisa jadi salah satu alternatif resep andalan. Selamat mencoba,.


Aneka Jajanan Anak Muda Lagi Trend



Aneka Jajanan Anak Muda Trend Masa Kini

 

Aneka Jajanan Anak Muda Trend Masa Kini — Seiring berkembangnya jaman, perubahan-perubahan trend dari masyarakat khususnya anak muda dari dulu hingga sekarang ini memang selalu beragam, tidak hanya dari fashion, gaya hidup, ataupun hobi pun mereka mempunyai kesukaan yang bervariasi. Terlepas dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas beberapa trend anak muda masa kini khususnya di bidang kuliner. Dunia kuliner selalu berkembang dan terus berinovasi.

Terbukti dari munculnya resto cafe ataupun gerai-gerai dengan menu makanan yang penuh kreatifitas dan unik tentunya. Nggak hanya makanan berat, makanan ringan, atau jajanan pun saat ini banyak sekali yang sedang jadi primadona di kalangan pecinta kuliner. Banyak para pecinta kuliner berlomba-lomba untuk berkreasi dan berinovasi untuk membuat jajanan yang menarik, baik dari segi rupa maupun rasa.

Kebanyakan mereka mengadopsi makanan dari luar negeri dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Seperti beberapa jajanan berikut ini yang lagi ngehits banget di kalangan pecinta kuliner. Yuk, simak ulasannya berikut ini.


1. Kue Cubit


majalahkuliner.info


Sejak tahun lalu, kue cubit jadi primadona di kalangan anak muda pecinta kuliner. Kue cubit masa kini, punya rupa yang lebih menarik dari kue cubit zaman dulu. Sekarang kue cubit rupanya berwarna-warni.


2. Oreo Goreng


majalahkuliner.info


Entah dari mana awalnya, makanan ringan ini tiba-tiba jadi ngehits. Kamu juga bisa membuatnya di rumah, lho!


3. Martabak Nutella


majalahkuliner.info


Martabak yang dulunya hanya berisi ketan hitam, coklat, atau keju, kini toppingnya satu tingkat lebih yummy dibanding sebelumnya. Yaitu dengan selai cokelat, biskuit, dan lain-lain. Di Jakarta sendiri sudah banyak penjual martabak istimewa ini.


4. Dessert ala Taiwan dan China


majalahkuliner.info


Dessert asal Taiwan ini juga lagi ngehits di kalangan hangout-ers. Beberapa resto sudah mengadopsi kuliner ini. Bahkan ada yang mengkhususkan untuk menyajikan makanan ini.


5. Taco


majalahkuliner.info


Taco merupakan makanan dari Meksiko. Terdiri dari kulit taco, sayuran, saus, dan potongan daging.


6. Jeju


majalahkuliner.info


Jeju merupakan es krim khas Korea Selatan. K-popers pasti tahu banget makanan yang satu ini
Dari beberapa jajanan di atas, mana yang pernah kamu coba? Kalau pernah coba semua, berarti kamu sah jadi anak gaul masa kini.


Rahasia Panjang Umur Orang Jepang


Rahasia Panjang Umur Orang Jepang dengan Sushi dan Rumput Laut

 

 

Untuk menjadi sehat dan panjang umur, banyak orang percaya bahwa kuncinya ada pada pola makan yang sehat. Salah satu pola makan yang diketahui bisa membuat orang tetap sehat dan berumur panjang adalah diet ala Jepang.



sushi dan rumput laut



Sebuah studi menemukan, orang Asia Timur rata-rata memiliki harapan hidup yang paling tinggi, yaitu 82,5 tahun. Laju obesitas yang terjadi di sana pun rendah, yaitu hanya 3,5 persen dibandingkan di Inggris. Selain itu, prevalensi penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker payudara, prostat, dan penyakit jantung di Jepang juga sangat rendah dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Lantas, apa rahasianya?

Para pakar mengungkap, kebiasaan makan orang Jepang mungkin adalah kunci mereka untuk panjang umur dan sehat.


Fakta pertama, di Jepang hidangan penutup yang disajikan adalah teh hijau atau buah, bukan puding. Porsinya pun rata-rata lebih sedikit daripada makanan barat. Teh hijau dan buah tidak mengandung gula sebanyak puding sehingga asupan gula yang dimakan orang Jepang lebih sedikit.

Banyak studi yang menunjukkan kaitan gula dengan penambahan berat badan yang berhubungan dengan penyakit diabetes, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.


Fakta kedua, orang Jepang mengganti salad dengan rumput laut. Para pakar menemukan hubungan antara kesehatan dan panjang umur orang Jepang dengan kebiasaan mengasup makanan rendah lemak, buah, dan sayuran laut seperti rumput laut. Bahan pangan ini memang mengandung antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit dan mengurangi berat badan.


Fakta ketiga, sushi yang menjadi salah satu makanan yang kerap dikonsumsi mampu memberikan banyak manfaat. Sushi merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, penting bagi kesehatan otak dan jantung. Selain itu, menurut Craig Wilcox dari Okinawa Research Center for Longevity Science, sushi juga merupakan sumber protein yang baik, dan minum lemak jenuh.


Selain itu, orang Jepang juga diketahui memiliki kebiasaan berhenti makan sebelum kenyang. Ini mampu menjaga berat badan tetap ideal. Mereka juga rajin berjalan dan naik kendaraan umum karena mengendarai kendaraan sendiri sangat mahal. Diketahui, berjalan merupakan salah satu latihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.




Makanan Sehat Yang Lagi Trending di Jakarta


Jenis Makanan Sehat yang Trending di Jakarta

 

Gaya hidup sehat yang dipilih oleh kebanyakan masyarakat urban saat ini, selain olahraga, adalah memilih asupan makanan dan minuman yang sehat bagi tubuh. Maka dari itu, olahan masakan sehat menjadi incaran bagi mereka yang menjalankan program diet ataupun pola hidup sehat.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


Kebanyakan makanan sehat ini, memang memilki rasa makanan yang kurang enak di lidah, namun itu dulu. Sebab, saat ini Anda sudah bisa memanjakan lidah Anda dengan trimoats yang kaya akan rasa gurih. Trimoats merupakan overnight oat, yaitu oat yang dicampur dengan bahan-bahan lain, misalnya susu kacang. Produk ini terbuat dari bahan baku pilihan, low calorie, low sugar, serta baik untuk kesehatan tubuh.
“Produk Trim Eats dibuat tidak hanya untuk mereka yang menjaga makanan dengan program diet, tetapi juga untuk para penderita diabetes. Rasanya pun memiliki banyak varian, kebanyakan kita ambil dari yang kebanyakan orang suka,” kata Hertika salah satu pemilik Trim Eats saat ditemui dalam event Beauty Voyage di Grand Indonesia Jakarta Pusat, Kamis 4 Februari 2016.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


Selain trimoats dari Trim Eats, ada juga Mnrva yang menjual sayur-sayuran sehat untuk makan siang dan makan malam. Nama Mnrva sendiri diambil dari nama Dewi di Itali yang berarti kesehatan dan seni. Menurut Icang sebagai pemilik sekaligus juru masak dari Mnerva, saat ini memang banyak sekali catering yang menawarkan menu diet dalam pilihan menu mereka, sayangnya mereka tidak menyeimbangkan rasa dan nilai gizinya.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


“Mnrva mencoba membuat makanan sehat tapi juga, enak. Bahan-bahan untuk makanan dipilih dari bahan-bahan yang sehat dan banyak manfaatnya untuk tubuh, seperti brokoli, sparagus, dada ayam yang di kukus, serta makanan-makanan yang rendah kandungan minyak. Dan untuk pasta, dibuat dari sayuran bayam, tomat dan ubi,” ucap Icang yang pernah belajar sekolah memasak di Amerika.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


Selain Triem Eats dan Mnerva, e-commerce lain yang juga menjual bahan makanan organik, adalah Dapur Organik. Dapur Organik menjual lengkap bahan-bahan keperluan untuk dapur Anda. Dapur Organik menyediakan pengganti nasi, camilan sehat, bumbu-bumbu, lauk pauk seperti ayam daging, nuget, sayur mayur hingga ke peralatan masak.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


“Konsepnya, Dapur Organik menjual makanan halal dan organik secara online. Bahan makanan organik ini sangat baik untuk perkembangan janin, manula, penderita diabetes dan mereka yang diet,” papar Omey pemilik dari Dapur Organik.


jenis makanan sehat yang populer di jakarta


“Sayur-sayuran yang dijual di Dapur Organik ada sawi, kale, bayam, tomat, wortel, kentang, ubi. Kesemuanya dijamin fresh, dini hari dipanen sama petani, pagi-pagi kita kirim khusus Jabodetabek,” tambah Omey.




Strategi Display


Strategi Display Produk Supermarket

 

Strategi Display Produk di Supermarket — Ruang yang terbatas sementara jumlah pemain begitu banyak, memaksa pemilik merek untuk cerdik dalam mendapatkan posisi display di supermarket atau hypermarket. Jurus menaklukkan macam apa? Kalau Anda hendak berbelanja di pasar swalayan atau hypermarket (paserba), itu tandanya Anda harus siap-siap menyaksikan ribuan produk mejeng di rak-rak.



majalahkuliner.info




















Anda yang cuek dan sudah terbiasa berbelanja di sana, barangkali tidak terlalu mempermasalahkan pemandangan seperti itu. Tapi bagi yang tak terbiasa, mungkin bisa terserang pening kepala melihat betapa banyaknya item produk yang ditawarkan di sana.

Urusan pening kepala begini, sebenarnya juga bukan monopoli konsumen. Bagi produsen, berlimpahnya produk dan merek yang ada pasar swalayan atau hypermarket itu, juga membuat mereka pusing tujuh keliling.


Jadi sejatinya, persaingan antara produsen, tidak hanya dalam memperkenalkan merek mereka kepada peritel atau pengecer, tetapi juga pada posisi yang lebih baik di rak. Persoalannya menjadi lebih sulit mengingat perbedaan tajam pandangan antara produsen dan pengecer terhadap tujuan dan makin besarnya ketergantungan produsen dalam hubungan mereka dengan distributor.


Sementara tujuan produsen adalah untuk mendapatkan posisi terbaik di rak-rak dan nilai yang lebih tinggi untuk merek mereka bersama dengan loyalitas konsumen yang kuat, pengecer ingin meningkatkan perputaran stok barangnya dan meningkatkan posisi merek mereka sendiri agar bisa dinikmati konsumen sehingga menciptakan loyalitas yang lebih besar.


Dalam persaingan yang setara, peritel dan produsen merek harus berperilaku sama di outlet, yakni mereka harus bersaing berebut posisi dan ruang yang sama, memiliki kualitas dan harga yang sama, dan sebagainya. Namun, posisi masing-masing merek di pasar telah menciptakan persaingan yang tidak seimbang antara merek peritel dan merek produsen (Rubio, 2004). Dalam konteks inilah ada peran eran distributor dan harus berperan sebagai agen ganda.


Pengecer bisa mendapatkan keuntungan dari situasi yang tidak seimbang ini dan memberikan merchandise yang lebih memadai untuk merek mereka melalui manajemen rak. Merchandising merupakan faktor yang sangat penting karena pengaruhnya terhadap penjualan produk, terutama di pasar seperti pasar komoditas massal. Sebab rak merupakan tempat dan pusat pengambilan keputusan dalam pemilihan merek.


Coba saja bayangkan. Tren produk/merek yang menjejali rak-rak itu terus membumbung, padahal tempat yang disediakan pengelola jaringan ritel itu cenderung segitu-segitu saja. Akibatnya mereka harus beradu taktik dan baku pintar dengan pemain lain demi mendapatkan posisi rak yang strategis. Maklum saja, posisi rak yang bagus bakal berpengaruh signifikan atas format display produk yang akan mereka terima.


Terbatasnya ruang sementara jumlah pemain begitu banyak akhirnya harus dibayar cukup mahal oleh pemilik merek. Jika sebelumnya gondola reguler bebas uang sewa maka belakangan lokasi rak ini mulai disewakan juga oleh pengelola swalayan maupun paserba. Sekedar tahu, ditinjau dari layout, ruangan supermarket atau paserba yang kini disewakan adalah selfing, gondola, floor display di depan kasir dan wingpack yang bentuknya berupa rak-rak di pinggir gondola.


Posisi top gondola (lokasi gondola paling ujung) memiliki ongkos sewa yang cukup mahal. Sementara ongkos sewa paling mahal biasanya ujung gondola yang menghadap kasir atau lokasi dimana terjadi transaksi pembayaran. Angkanya bisa mencapai ratusan juta rupiah.


Sebaliknya lokasi gondola manakah yang paling murah ongkos sewanya? Jelas saja yang paling bawah. Karena di lokasi ini orang pelu jongkok untuk mengamati atau menjangkau produk yang bersangkutan.

Tak dimungkiri untuk menembus rimba item produk di pasar swalayan atau paserba memang bukan perkara mudah. Fakta berbicara, posisi bagus atau memble, luas atau sempit, yang diberikan pengelola supermarket atau hypermarket tak lepas dari faktor sales dan dukungan promosi yang diberikan si produsen kepada mereka.


Jadi jika produk tertentu tanpa “diapa-apakan” saja sudah laku, dengan senang hati pengelola ritel memberikan posisi yang bagus supaya perputaran produk terdukung oleh stok yang ada di display. Sebabnya, umumnya para peritel ini tidak memiliki tempat luas sebagai lokasi stok barang. Jadi yang dipajang itu sekaligus stok barang.


Dalam kondisi normal peritel umumnya akan menempatkan barang yang paling laku dalam kombinasi berupa volume sales yang bagus dan margin yang bagus pula. Jadi, produk yang volumenya oke tapi marginnya tipis tetap saja kurang menggembirakan bagi mereka.


Khusus produk baru dimana belum masuk planogram di supermarket atau hypermarket maka usaha keras produsen harus lebih lagi. Yang sering terjadi produsen harus menyewa space secara spesial. Sistem sewa ini memungkinkan pemilik merek mendapatkan fasilitas gondola atau membawa properti sendiri.



majalahkuliner.info




Di lain pihak dengan menyewa otomatis satu lokasi display bisa diperuntukkan untuk produk-produk buatan si produsen. Langkah ini ada untungnya. Ialah display produk bisa ditata sebegitu rupa sehingga lebih eye catching. Untuk mendisain display agar eye catching ini, para pemilik merek memiliki tenaga khusus. Mereka berkeliling ke semua gerai untuk merapikan display produk.


Yang paling ideal untuk posisi produk di lokasi gondola adalah posisi eye level. Walaupun tinggi mata memandang sangat relatif , tapi posisi ini sangat menguntungkan. Karena konsumen punya kecenderungan untuk mengambil atau mengamati produk dalam posisi eye level. Sedangkan format display yang bagus menyangkut penataan dari warna yang senada atau bentuk kemasan yang mirip-mirip.



majalahkuliner.info




Karena itu, pemilik merek harus pintar-pintar memanfaatkan moment-moment besar untuk mendongkrak penjualan, Misalkan Valentine days, Christmas, New Year, Hallowen, dll.  Dengan kinerja penjualan yang bagus otomatis posisi tawar produk/merek yang bersangkutan ikut terkatrol.



majalahkuliner.info




Dengan kata lain, sebuah merek harus rajin memantau. Jangan sampai ada barang kosong. Dengan produk yang senantiasa tersedia maka penjualannya bisa digenjot maksimal sehingga ujung-ujungnya produk tersebut akan mendapat posisi display yang bagus.

Sebagai saluran modern, supermarket atau hypermarket menggunakan aturan listing fee untuk produk-produk yang akan masuk ke sana. Listing fee ini dihitung per item. Asal tahu juga produk yang berbeda berat atau kemasan biasanya dianggap item yang berbeda pula. Carefour, sekedar contoh menerapkan angka Rp7 juta per item per gerai.



Ice Cream Cake Strawberry Cokelat


Resep Ice Cream Cake Strawberry Cokelat Lembut dan Lezat

 

Ice Cream Cake kini lagi digemari dan populer di Indonesia. Pada saat kita membeli es krim di sebuah stand es krim pastinya selalu ada daftar menu yang menawarkan kombinasi antara es krim dengan cake varian rasa itu sendiri. Bisa kebayang bukan, rasa es krim yang creami dan sejuk dengan cake lembut yang di padukan dengan varian rasa yang sangat menggoda.


www.majalahkuliner.info



Ada kalanya tidak mungkin kita harus selalu membeli menu es kirm yang seperti itu. Bagaimana jika kita coba untuk membuatnya? Kenapa tidak? Ayo kawan, tunjukkan bakat memasakmu. Kelak suatu saat menu es krim cake ini akan menjadi andalan untuk usaha bisnis es krim cake mu.


Bahan yang diperlukan untuk Membuat Ice Cream Cake Strawberry Cokelat :
  • 140 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin (lelehkan)
  • 20 gram coklat bubuk
  • 150 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 Kotak es krim instan rasa strawberry/rasa sesuai selera
Peralatan yang dibutuhkan untuk membuat Ice Cream Cake Strawberry Cokelat :
  • Siapkan loyang berbentuk lingkaran dengan ukuran 20 cm, olesi dengan margarin dan taburkan sedikit tepung terigu agar tidak lengket
  • Beberapa alumunium foil
Cara membuat Ice Cream Cake Rasa Strawberry Cokelat Lembut dan Lezat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat Celcius. Siapkan loyang berbentuk lingkaran yang sudah diolesi dengan mentega dan tepung terigu. Kemudian siapkan loyang bongkar pasang berukuran 20 cm. Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukkan tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder, aduk rata. Kemudian tambahkan margarin yang telah dilelehkan, aduk rata kembali. Dan tuangkan adonan ke dalam loyang, lalu panggang selama 30 menit.
  3. Setelah matang, angkat cake coklat tersebut kemudian dinginkan sejenak.
  4. Siapkan loyang bongkar pasang dan lapisi bagian dalamnya dengan menggunakan alumunium foil.
  5. Potong Cake Coklat mendatar menjadi 3 bagian. Ambil bagian terbawah cake tersebut dan taruh ke dalam loyang bongkar pasang.
  6. Kemudian tuangkan setengah es krim strawberry. Lalu tutup dengan potongan cake coklat yang kedua. Tuangkan sisa eskrim di atas potongan cake coklat secara merata. Setelah itu tutup dengan potongan cake coklat yang ketiga. Rapatkan dan tutup dengan alumunium foil.
  7. Masukkan dalam freezer dan diamkan selama kurang lebih 3 jam.
  8. Keluarkan Ice Cream Strawberry Cokelat lalu potong dengan bentuk segitiga, dan sajikan dengan hiasan potongan buah strawberry.
  9. Ice cream cake strawberry cokelat siap untuk di santap.
Catatan :

Beda orang makan beda selera, maka kreatiflah untuk memodifikasi takaran dalam setiap resep hingga didapatkan rasa yang pas dengan selera Anda, karena yang enak untuk kami belum tentu Anda juga suka.
Demikianlah cara membuat Ice Cream Cake Strawberry Cokelat yang dapat kami share hari ini, bisa kalian coba dan praktekkan sendiri di rumah, tentunya dengan menggunakan  Resep Ice Cream Cake Strawberry Cokelat Majalahkuliner.info. Semoga Resep Membuat Ice Cream Cake Strawberry Cokelat ini bisa bermanfaat untuk kalian semua para sahabat yang gemar berkreasi membuat hidangan kuliner kue/cake lezat. Selamat mencoba ya..


Resep & Cara Membuat Es Puter / Es Dug Dug


CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA LEMBUT


 
 
 
Resep Es Krim Sederhana Buatan Sendiri Ala Rumahan (Homemade) Spesial Asli Enak. Sajian Ice Cream segar yang lembut paling sederhana adalah resep es puter santan asli Indonesia, karena proses pembuatannya tradisinonal dan sangat sederhana sekali tanpa mesin atau pakai mesin, tanpa susu diganti santan kelapa dibuat secara homemade atau rumahan, sehingga Anda pun dapat membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Selain bisa menjadi kegiatan sehari-hari untuk pengisi waktu luang, hasilnya pun dapat Anda jadikan peluang membuka usaha baru ditengah-tengah kelesuan perekonomian Indonesia, sehingga dapat dijadikan penghasilan tambahan membantu ekonomi keluarga, dikelola secara serius pun juga baik. Siapa tahu bisa dibuat usaha bisnis franchise atau waralaba yang bisa berkembang cepat dan untuk makanan di berbagai acara hajatan, pernikahan, ulang tahun, Anniversary, selamatan, sukuran, dll

Hidangan ini disebut es puter karena dalam pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal.Sementara itu, nama es dung dung atau es tung tung diambil dari onomatope suara yang keluar dari gong mini gantung yang biasanya dipukul-pukul dung2 atau tung2 oleh mas-mas atau abang-abang penjual saat menjajakan es nya.


Es krim puter tradisional bisa dibuat dengan tambahan topping atau dengan variasi aneka kreasi rasa buah alpukat, strawberry, nangka, kelapa muda, santan original, durian, mangga, coklat, vanilla, dll. Penyajian es tradisional ini sangat sederhana yaitu dengan cone yang berbentuk kerucut atau dengan diapit dua sisi roti tawar, atau dinikmati dalam gelas kaca. Es tung-tung pun bisa diberi tambahan, seperti potongan kacang, ketan hitam, potongan buah nangka, ataupun sagu mutiara.

Foto Es Krim Puter Cone Kerucut
Gambar Es Puter Cone

Es puter atau es dung dung (juga ditulis es dong dong, es tung tung, dan es tong tong) adalah salah satu hidangan pencuci mulut dari Indonesia serupa es krim berbahan dasar santan sebagai pengganti susu. Es puter bertekstur kasar dan dibekukan secara tradisional dengan sebuah alat berbentuk tabung yang diputar-diputar di dalam es batu dan garam.

Pada awalnya es ini diciptakan atas dorongan masyarakat yang ingin mencicipi es krim, namun tak bisa menjangkau harganya. Susu yang mahal saat itu diganti dengan santan. Penggantian bahan utama inilah sebenarnya yang membuat rasa dari es ini menjadi lebih gurih. Namun, tampilannya dibuat sama persis seperti es krim.

Sejarah es tung tung berawal dari keterbatasan orang Indonesia untuk menikmati es krim yang pada masa itu hanya bisa dinikmati oleh kaum tertentu. Keinginan orang indonesia untuk bisa menikmati es krim melahirkan modifikasi pembuatan es krim dengan mengganti bahan utama yaitu susu dengan santan kelapa. Dengan memadukan santan kepala dengan buah-buahan lokal seperti kelapa muda, nangka, atau durian terciptalah es krim yang “lebih Indonesia” yang kita kenal dengan sebutan es puter.

Kepopuleran es ini karena dahulu banyak pedagang es tung tung keliling yang menawarkan dagangannya ke sekitar Jawa. Kini penjual es tung-tung dengan membawa gerobak kecil sudah jarang ditemukan. Namun di pesta-pesta rakyat seperti pernikahan atau arisan, es tung-tung terkadang masih bisa ditemukan. Bahkan baru-baru ini, pabrikan sekelas resep es krim Wall's pun melirik varian-varian es puter dengan rasa lokal ini.

RESEP ES KRIM SEDERHANA


BAHAN :
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 25 gram cokelat bubuk
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh vanili bubuk
  • 2.000 gram es batu
  • 1.000 gram garam kasar
  • 50 gram meises

CARA MEMBUAT ES KRIM SEDERHANA :
  1. Rebus santan, cokelat bubuk, gula pasir, garam, dan vanili bubuk sambil diaduk sampai mendidih. Tambahkan kelapa muda. Aduk rata.
  2. Tuang ke alat es puter yang sudah diisi es batu dan garam kasar di sampingnya. Putar sampai beku. Angkat.
  3. Bekukan kembali. Sajikan bersama meises.
  4. Sajikan es puter Untuk 900 gram


Untuk corn es krim dapat dibeli langsung di toko atau di pasar



Semoga bermafaat









Electricity Lightning