Selasa, 30 Agustus 2016

Perintah Shalat

Sejarah Perintah Allah agar manusia menegakkan Shalat


Sejarah Perintah Allah agar manusia menegakkan Shalat

* * *

Al-Qur’an dan Al-Hadist, tentang perintah mengerjakan sholat

 
 
Perintah Shalat Dalam Al-Quran
 
Ada banyak sekali perintah untuk menegakkan shalat di dalam Al-Quran. Paling tidak tercatat ada 12 perintah dalam Al-Quran lafaz “Aqiimush-shalata”yang bermakna “Dirikanlah Shalat”dengan fi`il Amr (kata perintah) dengan perintah kepada orang banyak (khithabul Jam`i). Yaitu pada surat:
 
* Al-Baqarah ayat 43, 83 dan110
* Surat An-Nisa ayat 103
* Surat Al-An`am ayat 72
* Surat Yunus ayat 87
* Surat Al-Hajj: 78
* Surat An-Nuur ayat 56
* Surat Luqman ayat 31
* Surat Al-Mujadalah ayat 13
* Surat Al-Muzzammil ayat 20 :
* Surah Thaahaa ayat 132 : “Perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan sholat ; dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya”

Ada 5 perintah shalat dengan lafaz “Aqimish-shalata” yang bermakna “dirikanlah shalat” dengan khithab hanya kepada satu orang. Yaitu pada Surah :

* Surat Huud ayat 114
* Surat Al-Isra` ayat 78
* Surat Thaha ayat 14
* Surat Al-Ankabut ayat 45
* Surat Luqman ayat 17.

Perintah sholat dalam Al-Hadist

Hadits ‘Ubadah ibnush Shamit radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba- hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan di antara kelima shalat tersebut karena meremehkan keberadaannya maka ia mendapatkan janji dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya janji dari sisi Allah, jika Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.” (HR. Abu Dawud no. 1420 dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Abi Dawud)

Hadits Buraidah ibnul Hushaib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat, maka barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti ia kafir.” (HR. Ahmad 5/346, At-Tirmidzi no. 2621, Ibnu Majah no. 1079 dan selainnya. Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih At-Tirmidzi, Al-Misykat no. 574 dan juga dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib hal. 299) [Lihat Tharhut Tatsrib, 1/323]

“Dari ‘Amr Bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang maknanya), “Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka jika mereka tidak mengerjakan shalat pada usia sepuluh tahun, dan (pada usia tersebut) pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Hadits shahih; Shahih Ibnu Majah (5868), Sunan Abu Daud (2/162/419) lafazh hadits ini adalah riwayat Abu Daud, Ahmad (2/237/84), Hakim (1/197))

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257).
* * *
“Perintah mengerjakan sholat diterima Rasulullah SAAT KETIKA beliau isra’ dan Mi’raj”

Berikut beberapa hadist yang menceritakan Rasulullah Muhammad saw. menerima perintah sholat lima waktu langsung dari Allah melalui peristiwa Isra’ Mi’raj:
Hadist Shahih Bukhari No. 211 Jilid I

Berita dari Anas bin Malik r.a mengatakan, “Abu Dzar pernah bercerita, bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Pada suatu waktu ketika aku berada di Mekah, tiba-tiba atap rumahku dibuka orang. Maka turunlah Jibril, lalu dibedahnya dadaku, kemudian dibersihkannya dengan air zamzam. Sesudah itu dibawanya sebuah bejana emas penuh hikmat dan iman, lalu dituangkan kedadaku, dan sesudah itu dadaku dipertautkan kembali. 

Lalu Jibril a.s membawaku naik ke langit. Ketika Jibril a.s meminta agar dibukakan pintu, kedengaran suara bertanya: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. 

Lalu dibukakan pintu kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Adam a.s, beliau menyambutku serta mendoakan aku dengan kebaikan. Seterusnya aku dibawa naik ke langit kedua. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: 

Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Isa bin Mariam dan Yahya bin Zakaria, mereka berdua menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik langit ketiga. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? 

Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Yusuf a.s ternyata dia telah dikurniakan sebahagian dari keindahan. 

Dia terus menyambut aku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit keempat. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. 

Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Idris a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit kelima. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan.

 Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Harun a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit keenam. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Musa a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan. 

Aku dibawa lagi naik ke langit ketujuh. Jibril a.s meminta supaya dibukakan. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Ibrahim a.s dia sedang berada dalam keadaan menyandar di Baitul Makmur. Keluasannya setiap hari memuatkan tujuh puluh ribu malaikat. Setelah keluar mereka tidak kembali lagi kepadanya. Kemudian aku dibawa ke Sidratul Muntaha. 

Daun-daunnya besar umpama telinga gajah manakala buahnya pula sebesar tempayan. Baginda bersabda: Ketika baginda merayau-rayau meninjau kejadian Allah s.w.t, baginda dapati kesemuanya aneh-aneh. Tidak seorang pun dari makhluk Allah yang mampu menggambarkan keindahannya. Lalu Allah s.w.t memberikan wahyu kepada baginda dengan mewajibkan sembahyang lima puluh waktu sehari semalam. Tatakala baginda turun dan bertemu Nabi Musa a.s, dia bertanya: Apakah yang telah difardukan oleh Tuhanmu kepada umatmu? Baginda bersabda: Sembahyang lima puluh waktu. Nabi Musa a.s berkata: 

Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan kerana umatmu tidak akan mampu melaksanakannya. Aku pernah mencuba Bani Israel dan memberitahu mereka. Baginda bersabda: Baginda kemudiannya kembali kepada Tuhan dan berkata: Wahai Tuhanku, berilah keringanan kepada umatku. Lalu Allah s.w.t mengurangkan lima waktu sembahyang dari baginda. Baginda kembali kepada Nabi Musa a.s dan berkata: Allah telah mengurangkan lima waktu sembahyang dariku. Nabi Musa a.s berkata: Umatmu masih tidak mampu melaksanakannya. Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan lagi. Baginda bersabda: 

Baginda tak henti-henti berulang-alik antara Tuhan dan Nabi Musa a.s, sehinggalah Allah s.w.t berfirman Yang bermaksud: Wahai Muhammad! Sesungguhnya aku fardukan hanyalah lima waktu sehari semalam. Setiap sembahyang fardu diganjarkan dengan sepuluh ganjaran. Oleh yang demikian, bererti lima waktu sembahyang fardu sama dengan lima puluh sembahyang fardu. Begitu juga sesiapa yang berniat, untuk melakukan kebaikan tetapi tidak melakukanya, nescaya akan dicatat baginya satu kebaikan. 

Jika dia melaksanakannya, maka dicatat sepuluh kebaikan baginya. Sebaliknya sesiapa yang berniat ingin melakukan kejahatan, tetapi tidak melakukannya, nescaya tidak sesuatu pun dicatat baginya. Seandainya dia melakukannya, maka dicatat sebagai satu kejahatan baginya. 

Baginda turun hingga sampai kepada Nabi Musa a.s, lalu aku memberitahu kepadanya. Dia masih lagi berkata: Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan. Baginda menyahut: Aku terlalu banyak berulang alik kepada Tuhan, sehingga menyebabkan aku malu kepada-Nya. 

Kemudian Jibril membawaku hingga ke Sidratul Muntaha. Tempat mana ditutup dengan aneka warna yang aku tak tau warna-warna apa namanya. Sesudah itu aku dibawa masuk ke dalam surga, dimana didalamnya terdapat mutiara bersusun-susun sedang buminya bagaikan kasturi.

Ayat-ayat yang menjelaskan waktu sholat dalam Al Qur’an
Penjelasan mengenai perintah Sholat yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad saw: Rasulullah menerima wahyu hanya di dua tempat yaitu di Mekah dan Madinah, makanya dikenal dengan Ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah, dalam Al Qur’an tidak ditemukan Allah membuat keputusan yang berubah-ubah, hanya ada beberapa ayat yang turunnya bertahap untuk menetapkan hukum atau aturan hidup.
 
Firman Allah dalam QS Qaaf 50: 29
Artinya: Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan aku sekali-kali tidak Menganiaya hamba-hamba-Ku

Bagi Allah dalam QS Al Israa’ 17: 77 dijelaskan tidak adanya perubahan dalam suatu ketetapan yang diwahyukan kepada Rasulullah,
Artinya: (kami menetapkan yang demikian) sebagai suatu ketetapan terhadap Rasul-rasul Kami yang Kami utus sebelum kamu dan tidak akan kamu dapati perubahan bagi ketetapan Kami itu.

Sholat sebagai pondasi dasar agama Islam, berdasarkan ayat ayat berikut salah satu perintah Sholat 5 (lima) waktu terdapat dalam Surat Al Israa’ 17:78
Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).

Dalam QS Maryam (19:30-31) diterangkan Nabi Isa pun telah melakukan sholat,
Artinya :
30. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,
31. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;

Dalam Al Qur’an ketetapan sholat termasuk salah satu perintah Allah kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan, sejarah mencatat adanya sholat Rasul bersama Khadijah, ‘Ali dan kemudian dengan pengikut yang lain. Al Qur’an mencantumkan betapa kaum musyrik mengganggu pelaksanaan ibadah sholat ini. Ketentuan mengenai jumlah berapa kali shalat, difirmankan dalam Surat 11: 114
 
Sholat yang dilakukan setiap pagi dan petang merupakan perpaduan bertasbih dan memuji Allah, demikian firman Allah dalam Surat Al Mu’min 40:55
Artinya: Maka bersabarlah kamu, karena Sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.
 
Ketetapan Allah mengenai perintah sholat malam dalam QS Al Muzzamil 73 : 2 tidak mengalami perubahan tetapi keringanan dari Allah mengenai kewajiban melaksanakannya
Artinya: Bangunlah (untuk sholat) di malam hari[ ], kecuali sedikit (daripadanya).
QS Al Muzzamil 73 : 20

Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran. 

Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah, Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai Balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Kewajiban sholat 5 (lima) waktu dan Sholat Tahajjud sebagai ibadah tambahan terdapat dalam Surat Al Israa 17: 78-79 dan Huud 11:114
78. Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
79. Dan pada sebahagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.
Dalam ayat di atas, ujung pertama adalah shalat Fajar atau Subuh, sedang ujung hari kedua adalah shalat Dzuhur dan Asar, berdasarkan ayat lain yang diwahyukan di Madinah, yaitu saat condongnya matahari, saat matahari melewati puncak zenit-nya (duluki syams), dan yang dimaksud dengan bagian-bagian awal dari malam (zulafun min al-layl) adalah dua waktu, yaitu shalat Maghrib dan Isya’.

Surat ini terdiri atas 111 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Al Israa’ yang berarti memperjalankan di malam hari, berhubung peristiwa Israa’ Nabi Muhammad s.a.w. di Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis dicantumkan pada ayat pertama dalam surat ini. Ketetapan shalat termasuk salah satu perintah Allah kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan, sejarah mencatat adanya shalat Rasul bersama Khadijah, “Ali dan kemudian dengan pengikut lain. Al Qur’an mencantumkan betapa kaum musyrik mengganggu pelaksanaan ibadah shalat tersebut.

Dalam ayat yang lain mengenai ketentuan jumlah berapa kali waktu sholat yang diperintahkan Allah, dalam Surat Huud 11:114,
Artinya. Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
Ayat ini adalah termasuk surah Makkah yang menentukan jumlah shalat ini. Terlepas dari perbedaan cara penafsiran tentang jumlah waktu shalat, kewajiban shalat telah ada dalam periode kerasulan di Mekah dan tidak perlu timbul dari tawar-menawar dengan Allah, sebagaimana selalu dikaitkan misi mi’raj, yang terdapat dalam hadist ahad atau hadist yang bersumber dari satu orang.
* * *
Menurut sumber lain :

Sholat sudah dilakukan oleh umat-umat sebelum Nabi Muhammad s.a.w, Maka perintah sholat sudah diberikan jauh sebelum Rasulullah menerima perintah sholat yaitu ketika beliau isra’ dan mi’raj

* * *

Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa Sholat sudah dilakukan oleh umat-umat sebelumnya, seperti perintah Sholat kepada Nabi Ibrahim dan anak cucunya [Lihat surah 21 al-anbiya ayat 73 dan surah 19 Maryam ayat 55], kepada Nabi Syu’aib [Lihatsurah 11 Huud ayat 87], kepada Nabi Musa [Lihat surah 20 Thaahaa ayat 14] dan kepada Nabi Isa al-Masih[Lihat surah 19 Maryam ayat 31].

Pernyataan al-Qur’an tersebut dibenarkan oleh cerita-cerita yang ada dalam Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang mengisahkan tata cara beribadah para Nabi sebelum Muhammad yaitu ada berdiri, ruku dan sujud yang jika dirangkai maka menjadi Sholat seperti Sholatnya umat Islam.

Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah- Perjanjian Lama – Kitab Keluaran 34:8

Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.-Perjanjian Lama – Kitab Mazmur 95:6
Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah-Perjanjian Lama – Kitab Yosua 5:14

Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke tanah,  dengan mukanya di antara kedua lututnya – Perjanjian Lama – Kitab I Raja-raja 18:42

Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan, lalu sujud. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka.- Perjanjian Lama – Kitab Bilangan 20:6
Kemudian ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya lalu ia berlutut dan berdoa – Perjanjian Baru – Injil Lukas 22:41

Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa – Perjanjian Baru – Injil Markus 14:35
Dari kenyataan ini, maka jelas bagi umat Islam bahwa Sholat sudah menjadi suatu tradisi dan ajaran yang baku bagi semua Nabi dan Rasul Allah sepanjang jaman, sebagaimana firman-Nya :

Sebagai ketentuan Allah yang telah berlaku sejak dahulu, Kamu sekalipun tidak akan menemukan perubahan Bagi ketentuan ALLAH itu – Qs. 48 al-fath: 23

Kisah perjalanan Nabi Muhammad mengarungi angkasa raya yang disebut dengan istilah Isra’ dan Mi’raj yang menceritakan awal diperintahkannya Sholat kepada Nabi Muhammad sebagaimana terdapat dalam beberapa hadis yang dianggap shahih atau valid oleh sejumlah ulama secara logika justru mengandung banyak ketidaksesuaian dengan fakta sejarah dan ayat-ayat al-Quran sendiri.

Menurut hadis, Isra’ dan Mi’raj terjadi sewaktu Khadijah, istri pertama Rasulullah wafat, dimana peristiwa ini justru menjadi salah satu hiburan bagi Nabi yang baru ditinggalkan oleh sang istri tercinta dan juga paman beliau, Abu Thalib dimana tahun ini disebut dengan tahun duka cita atau aamul ilzan.

Sementara sejarah juga mengatakan bahwa jauh sebelum terjadinya Isra’ dan Mi’raj, Nabi Muhammad dipercaya telah melakukan Sholat berjemaah dengan Khadijjah sebagaimana yang pernah dilihat dan ditanyakan oleh Ali bin abu Thalib yang kala itu masih remaja.

Perintah awal sholat wajib dilaksanakan, adalah sholat tahajud atau sholat malam. Kemudian ditambahkan kewajiban sholat siang hari. Jadi ada dua waktu yang wajib dilaksanakan, yaitu sholat malam dan sholat siang hari. Kemudian berturut-turut sholat Fajar (Shubuh), Sholat turunnya Matahari (Ashar), Sholat antara siang dan malam (Maghrib). Lengkaplah lima, yang kesemuanya dilakukan dua roka`at-dua roka`at kecuali Maghrib yang memang tiga roka`at. Pada waktu itu, barulah sholat Lail berubah dari wajib menjadi Sunnah. Maka setelah sholat wajib 5 waktu, sholat yang utama adalah sholat LAIL atau sholat Malam. Keterangan-keterangan bisa anda peroleh dari orang-orang yang ahli tarikh Nabi dan ahli Asbabun Nuzul. Kemudian terjadilah peristiwa Isro` Mi`roj di tahun ke 12 kenabian.

Maka kita semua ingat satu keterangan hadits, bahwa Nabi naik bertemu dengan Alloh, kemudian mendapat perintah sholat 50 roka`at, turun bertemu dengan Nabi Ibrohim, disarankan, Naik lagi, minta keringanan terus seperti itu, Alloh menurunkan kewajiban menjadi 25 roka`at, Nabi Muhammad turun lagi bertemu Nabi Isa, Naik lagi usul lagi minta keringanan dan seterusnya sampai akhirnya tinggal 17 rokaat, yaitu 5 waktu. Mayoritas ulama beranggapan ini adalah hadits sokheh. Apalagi hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhori. 

Maka bagi ahli hikmah, timbullah pertanyaan, Apakah benar karakter Nabi Muhammad seperti itu? Mendapatkan perintah Alloh, tidak sami`na wa atho`na? Tapi usul terus usul, minta keringanan kewajiban? Benarkah karakter Nabi Muhammad seperti itu?

Hal ini bertentangan dengan keterangan yang ada di Qur`an dan hadits yang lain, bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang taat sekali pada Alloh. SAMI`NA WA`ATHO`NA.

Maka saya sampaikan pendapat para ahli tasawuf, pendapat ahli hikmah, bahwa keterangan Hadits tersebut adalah tidak benar. Pada waktu peristiwa Isro` Mi`roj inilah mayoritas ulama berpendapat bahwa perintah sholat lima waktu itu baru diperoleh Nabi Muhammad di sini. Ahli hikmah berpendapat, bahwa perintah sholat itu sudah lama, hanya saja, penegasan masalah sholat lima waktu, dan jumlah roka`atnya, adalah saat peristiwa Isro` Mi`roj ini. Hal ini di dasarkan dalam keterangan-keterangan lain,  Qola Rosululloh SAW: “Awwalu maa iftarodlollohu ta`ala `alaa Ummati Ash sholawaatul Khomsi”

Rosululloh bersabda: “Awalnya sesuatu yang difardlukan Alloh Ta`ala atas ummatku ialah Sholat Lima.

Qola Rosululloh SAW: “Wa awwalu maa Yurfa`u min a`maalihim ash shalawaatul Khomsi”
Bersabda Rosululloh SAW: “Dan awalnya sesuatu yang dinaikkan dari amal-amal mereka ialah Sholat Fardlu Lima”.

Logikanya perintah Sholat telah diterima oleh Nabi Muhammad bukan saat beliau Isra’ dan Mi’raj namun jauh sebelum itu, apalagi secara obyektif ayat al-Qur’an yang menceritakan mengenai peristiwa Mi’raj sama sekali tidak menyinggung tentang adanya pemberian perintah Sholat kepada Nabi. ; 

Pada kedua surah tersebut hanya menekankan cerita perjalanan Nabi tersebut dalam rangka menunjukkan sebagian dari kebesaran Allah dialam semesta sekaligus merupakan kali kedua bagi Nabi melihat wujud asli dari malaikat Jibril setelah sebelumnya pernah beliau saksikan saat pertama mendapat wahyu di gua Hira.

Selain itu, diluar hadis Isra’ dan Mi’raj yang menggambarkan Nabi memperoleh perintah Sholat pada peristiwa tersebut, Imam Muslim dalam musnadnya ada meriwayatkan sebuah hadis lain yang sama sekali tidak berhubungan dengan cerita Mi’raj namun disana menjelaskan bagaimana Nabi mempelajari Sholat dari malaikat Jibril.

Dari Abu Mas’ud r.a. katanya : Rasulullah Saw bersabda : turun Jibril, lalu dia menjadi imam bagiku Dan aku sholat bersamanya, kemudian aku sholat bersamanya, lalu aku sholat bersamanya dan aku sholat bersamanya dan aku sholat bersamanya Nabi menghitung dengan lima anak jarinya – Hadis Riwayat Muslim.

Jika demikian adanya, bagaimana dengan kebenaran hadis yang dipercaya oleh banyak orang bahwa perintah Sholat baru diperoleh Nabi sewaktu isra’ dan mi’raj ?

Mungkin kedengarannya ekstrim, tetapi meragukan atau malah menolak keabsahan validitas hadis-hadis tersebut bukanlah perbuatan yang tercela apalagi berdosa, dalam hal ini kita tidak menolak dengan tanpa dasar yang jelas, para perawi hadis tetaplah manusia biasa seperti kita adanya, mereka juga bisa salah baik disengaja apalagi yang tanpa mereka sengaja atau sadari, adalah kewajiban kita untuk melakukan koreksi jika mendapatkan kesalahan pada riwayat hadis yang mereka lakukan tentunya dengan tetap menjaga kehormatannya dan berharap semoga Allah mengampuni kesalahannya.

Beberapa kejanggalan variasi cerita Isra’ dan Mi’raj diantaranya sebut saja kisah Nabi Muhammad dan Buraq ketika berhenti di Baitul maqdis dan melakukan sholat berjemaah didalam masjidil aqsha bersama arwah para Nabi sebelumnya, padahal sejarah mencatat bahwa masjid al-aqsha baru dibangun pada masa pemerintahan Khalifah umar bin khatab tahun 637 masehi saat penyerbuannya ke Palestina yang mana notabene saat itu Nabi Muhammad sendiri sudah cukup lama wafat, beliau wafat tahun 632 masehi.

Cerita sholatnya Nabi Muhammad dan para arwah inipun patut mengundang pertanyaan, sebab Nabi sudah melakukan sholat (menurut hadis itu malah raka’atnya berjumlah 2) sehingga pernyataan Nabi menerima perintah Sholat saat Mi’raj sudah bertentangan padahal kisah ini terjadi detik-detik sebelum mi’raj itu sendiri.

Belum lagi cerita sholatnya para arwah Nabi pun rasanya tidak bisa kita terima dengan akal yang logis, masa kehidupan mereka telah berakhir sebelum kelahiran Nabi Muhammad dan mereka sendiri sudah menunaikan kewajiban masing-masing selaku Rasul Allah kepada umatnya, perlu apa lagi mereka yang jasadnya sudah terkubur didalam tanah itu melakukan sholat ?

Setelah selesai sholat berjemaah, lalu satu persatu para arwah Nabi dan Rasul itu memberi kata sambutannya … sungguh suatu hal yang terlalu mengada-ada, karena jumlah mereka ada ribuan yang berasal dari berbagai daerah dibelahan dunia ini, baik yang namanya tercantum dalam al-Quran ataupun tidak[10], berapa lama waktu yang habis diperlukan untuk mengadakan kata sambutan masing-masing para arwah ini ?

Jika dimaksudkan agar semua Nabi dan Rasul itu bertemu dan bersaksi mengenai kebenaran Muhammad, ini dibantah oleh al-Quran sendiri yang menyatakan bahwa pada masa kehidupan mereka dan pengangkatan mereka selaku Nabi dan Rasul, Allah telah mengambil perjanjian dari mereka mengenai akan datangnya seorang Rasul yang membenarkan ajaran mereka sebelumnya lalu terdapat perintah tersirat agar mereka menyampaikan kepada umatnya masing-masing :

Dan ketika Allah mengambil perjanjian terhadap para Nabi :

‘Jika datang kepadamu Kitab dan Hikmah, lalu datang kepada kamu seorang Rasul yang membenarkan apa-apa yang ada tentang diri kamu, hendaklah kamu imani ia secara sebenarnya.’ ; Dia bertanya : ‘Sudahkah kalian menyanggupi dan menerima perjanjian-Ku tersebut ?’ ; Mereka menjawab : ‘Kami menyanggupinya !’ ; Dia berkata : ‘Saksikanlah ! dan 

Aku bersama kamu adalah dari golongan mereka yang menyaksikan !’ – Qs. 3 ali imron: 81

Puncak kemustahilan cerita dari hadis-hadis mi’raj adalah saat Nabi Muhammad diberitakan telah bolak balik dari Allah ke arwah Nabi Musa untuk penawaran jumlah sholat yang semula 50 kali menjadi 5 kali dalam sehari semalam, apakah sedemikian bodohnya Nabi Muhammad itu sehingga dia harus diberi saran berkali-kali oleh arwah Nabi Musa agar mau meminta keringanan kepada ALLAH sampai 9 kali pulang pergi ?

Tidakkah kekurang ajaran arwah Nabi Musa dalam cerita tersebut dengan menganggap Allah juga tidak mengerti akan kelemahan dan keterbatasan umat Nabi Muhammad sebab tanpa dipikir dulu telah memberi beban kewajiban yang pasti tidak mampu dikerjakan oleh mereka sehingga arwah Nabi Musa itu harus turut campur memberi peringatan kepada Allah dan Nabi Muhammad lebih dari sekali saja sebagai suatu indikasi israiliyat (hadis buatan orang-orang Israel atau Yahudi yang sengaja dibuat untuk tetap memuliakan Nabi Musa diatas yang lain) ?

Apakah hadis-hadis yang demikian ini masih akan diterima dan dipertahankan hanya untuk mempertahankan dalil turunnya perintah Sholat, sementara al-Qur’an sendiri yang nilai kebenarannya sangat pasti justru tidak berbicara apa-apa tentang hal tersebut ?

Tidak diragukan bahwa Nabi Muhammad pernah melakukan Isra’ dan Mi’raj karena hal ini ada didalam al-Quran dan bisa dianalisa secara ilmiah, tidak perlu diragukan pula bahwa Sholat merupakan salah satu kewajiban utama seorang muslim sebab inipun banyak sekali ayatnya didalam al-Quran dan hadis-hadis lain, bahkan sholat merupakan tradisi yang diwariskan oleh semua Nabi dan Rasul dalam semua jamannya. Hanya saja itu tidak berarti kaum muslimin bisa menerima semua riwayat hadis yang isinya secara jelas mempunyai pertentangan dengan al-Quran dan logika, sehingga akhirnya hanya akan menyerahkan akal pada kebodohan berpikir, padahal Allah sendiri mewajibkan manusia untuk berpikir dan berdzikir didalam membaca ayat-ayat-Nya.

Pelajaran dari Ayat Waktu Shalat


Dalam ayat Al Quran sudah ada keterangan mengenai waktu shalat. Bagaimanakah waktu shalat tersebut?

Allah Ta’ala berfirman,

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا (78) وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (79)

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat). Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 78-79).

Ayat di atas berisi perintah Allah kepada hamba-Nya untuk menunaikan shalat. Perintah shalat ini dijelaskan pada ayat yang beraneka ragam. Perintah dalam Al Qur’an dijelaskan dengan kalimat ‘iqamah shalat’ seperti dalam ayat yang kita kaji. Kalimat tersebut lebih bagus penyebutannya dibandingkan dengan ‘if’aluhaa’ yang bermakna ‘kerjakanlah’.

Perintah ‘iqamah shalat’ yang berarti menegakkan shalat bermakna perintah untuk mengerjakan shalat dengan melengkapi rukun, syarat dan penyempurananya secara lahir dan batin. Shalat inilah yang dijadikan syariat lahiriyah yang nampak dan merupakan syiar Islam yang terbesar.

Ayat yang kita kaji di atas bukan hanya menjelaskan tentang perintah mendirikan shalat, namun juga diterangkan mengenai waktu-waktunya. Inilah yang menjadi keistimewaan ayat tersebut dibandingkan ayat lainnya. Di sini dijelaskan lima atau tiga waktu shalat.

Yang disebutkan dalam ayat adalah ibadah wajib. Sedangkan penyandaran pada waktunya menunjukkan akan sebab shalat itu ada.

Tiga Macam Waktu Shalat

Waktu pertama yang disebutkan adalah waktu ‘duluk’. Yang dimaksudkan adalah waktu setelah matahari tergelincir mengarah ke arah barat (arah matahari tenggelam). Adapun yang dimaksud dengan waktu pertama adalah shalat Zhuhur yang berada di awal waktu duluk dan shalat Ashar yang berada di akhir waktu duluk.

Waktu kedua adalah ‘ghasaqil lail’. Yang dimaksudkan adalah gelap malam. Shalat yang dikerjakan di awal ghasaq adalah shalat Maghrib, sedangkan di akhirnya adalah shalat Isya.

Waktu ketiga adalah waktu fajar. Disebut dalam ayat dengan “Qur-anal Fajri”, yang dimaksud adalah shalat fajar (shalat Shubuh). Shalat Shubuh disebut qur-anal fajri karena saat Shubuh adalah waktu yang disunnahkan untuk memperlama bacaan Al Quran. Keutamaan membaca Al Quran saat itu karena disaksikan oleh Allah, oleh malaikat malam dan malaikat siang.

Pelajaran dari Ayat yang Membicarakan Waktu Shalat

 

1- Disebutkan lima waktu shalat secara tegas. Seperti ini tidak disebutkan pada ayat lainya. Ada ayat lain yang menyebutkan,

فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ

Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.” (QS. Ar Rum: 17).

2- Semua yang diperintahkan dalam ayat adalah kewajiban. Karena perintah tersebut dikaitkan dengan waktu dan yang dimaksud adalah shalat lima waktu. Shalat lima waktu ini boleh diiringi dengan shalat-shalat rawatib dan juga boleh diikuti shalat lainnya.

3- Waktu shalat termasuk syarat sah shalat dan yang jadi sebab shalat itu ada. Adapun ketetapan awal dan akhir waktu dilihat dari ketetapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam beberapa hadits. Sebagaimana ada ketetapan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai jumlah raka’at, jumlah sujud dan berbagai tata caranya.

4- Shalat Zhuhur dan Ashar boleh dijamak di satu waktu karena ada uzur, begitu pula shalat Maghrib dan Isya. Karena Allah menggabungkan masing-masing dari dua shalat tersebut untuk satu waktu bagi yang uzur. Sedangkan bagi yang tidak mendapatkan uzur tetap dua waktu (tidak digabungkan).

5- Ayat tersebut juga menerangkan tentang keutamaan shalat Shubuh, juga keutamaan memperlama bacaan saat shalat tersebut.
Kenapa sampai disebut bahwa memperlama bacaan saat shalat Shubuh ada keutamaan?
Karena berdiri adalah bagian dari rukun shalat. Kalau ibadah disebutkan dengan suatu bagiannya, itu menunjukkan keutamaan bagian tersebut.
Juga dapat diambil faedah bahwa bagian yang disebutkan untuk mengibaratkan shalat termasuk rukun. Lihat saja, kadang Allah mengibaratkan shalat dengan qiraah (bacaan), dengan ruku’, dengan sujud, dan dengan berdiri, ini menunjukkan semuanya termasuk rukun dari shalat.

6- Yang dimaksud ayat,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari shalatlah tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 78-79). Ini adalah perintah pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk melaksanakan shalat di waktu malam. Tujuannya supaya mendapatkan kedudukan dan derajat yang tinggi, berbeda dengan nabi lainnya. Fungsi shalat malam ini juga sebagai penghapus dosa.

Makna ayat tersebut bisa pula shalat lima waktu itu wajib bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan wajib bagi orang-orang yang beriman. 

Sedangkan shalat malam (shalat lail) hanyalah wajib bagi beliau shallallahu ‘alaihi wa salam semata karena kemuliaan beliau di sisi Allah. Jadi tugas yang dibebankan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam begitu banyak lebih dari yang lain. Beliau diberi karunia untuk mengerjakannya sebagai jalan untuk memperbanyak pahala dan meninggikan kedudukannya. Shalat inilah yang membuat beliau meraih maqam (kedudukan) yang terpuji, yaitu mendapatkan syafa’atul ‘uzhma.

Syafa’atul ‘uzhma adalah syafa’at di mana nabi-nabi besar seperti Adam, Nuh, Ibrahim, Musa dan ‘Isa tidak bisa memberikan syafa’at itu, sampai-sampai orang-orang meminta syafa’at tersebut pada Nabi Muhammad (sayyid waladi Adam). 

Dengan syafa’at inilah, Allah merahmati manusia yang berkumpul di padang mahsyar tersebut, mengangkat kesulitan dan segera diberikan persidangan di tengah-tengah mereka.
Wa billahit taufiq was sadaad. Hanya Allah yang memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat.

Referensi:
Taysirul Lathifil Mannan, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, terbitan Darul ‘Ashimah, cetakan pertama, tahun 1430 H.
 




Perbedaan Jin, Iblis dan Setan


Perbedaan Jin, Iblis dan Setan

Al Qurthubi didalam tafsirnya tentang surat al Jin menyebutkan bahwa para ahli ilmu telah berbeda pendapat tentang asal usul dari jin. Al Hasan al Bashri mengatakan bahwa jin adalah anak dari iblis sedangkan manusia adalah anak dari Adam. Diantara mereka ada yang beriman dan ada yang kafir, mereka semua sama dalam hal pahala dan siksa. Barangsiapa diantara mereka yang beriman maka dia adalah wali Allah dan barangsiapa dari mereka yang kafir maka ia adalah setan.

Ibnu Abbas berkata,”Jin adalah anak dari jaan dan mereka bukanlah setan. Mereka (jin) juga mati, diantara mereka ada yang beriman dan ada yang kafir. Sedangkan setan adalah anak-anak iblis yang tidak mati kecuali bersama iblis.

Didalam tafsir surat an Nas, Qatadah mengatakan bahwa dari kalangan jin terdapat setan-setan dan dari kalangan manusia juga terdapat setan-setan, pendapat ini menguatkan pendapat al Hasan al Bashri diatas, firman Allah swt :

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَا لِكُلِّ نِبِيٍّ عَدُوًّا شَيَاطِينَ الإِنسِ وَالْجِنِّ

Artinya : “dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap Nabi itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis) jin.” (QS. Al An’am : 112)

Didalam kitab “Hayah al Hayawan al Kubro” karya ad Damiriy tentang jin bahwa yang masyhur adalah bahwa jin merupakan keturunan dari iblis. Ada yang mengatakan bahwa jin adalah satu jenis dan iblis adalah satu dari mereka, tidak diragukan lagi bahwa jin adalah keturunannya seperti yang dimaksud dengan firman Allah swt :

أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاء مِن دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ

Artinya : “Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu?” (QS. Al Kahfi : 50). Dan siapa yang kafir dari kalangan jin maka disebut dengan setan.

Didalam kitab “Akaam al Marjaan fii Ahkaam al Jaan” karya seorang pakar hadits asy Syubliy disebutkan bahwa jin mencakup malaikat dan juga yang lainnya yang tersembunyi dari penglihatan, sebagaimana firman Allah swt :
 
Artinya : “Dan mereka adakan (hubungan) nasab antara Allah dan antara jin.” (QS. Ash Shaffat : 158), karena orang-orang musyrik menganggap bahwa malaikat adalah anak-anak Allah.
Dia mengatakan bahwa setan adalah jin yang berbuat maksiat dan mereka adalah anak-anak iblis.. al Jauhariy mengatakan bahwa setiap pembangkang dari kalangan jin, manusia dan binatang disebut dengan setan. Orang-orang Arab menamakan ular dengan setan. (fatawa al Azhar juz X hal 146)

Adapun tentang penciptaan jin maka disebutkan didalam firman-Nya :
Artinya : “dan Kami telah menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” (QS. Al Hijr : 27)
Juga didalam firman-Nya yang lain 
:
وَالْجَآنَّ خَلَقْنَاهُ مِن قَبْلُ مِن نَّارِ السَّمُومِ

Artinya : “Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.” (QS. Ar Rahman : 15)

Al Iroqi mengatakan dari Ibnu Abbas : مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ adalah dari nyala api, yang paling baik darinya.

Ali bin Abi Thalhah mengatakan dari Ibnu Abbas مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ adalah dari api murni, demikian pula pendapat Ikrimah, Mujahid, adh Dhahak dan yang lainnya.

Diriwayatkan Oleh Imam Muslim dan Ahmad dari Aisyah berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan kepada kalian.”

Perbedaan Setan, Iblis, dan Jin Menurut Al-Qur’an


Tahukah anda bahwa terdapat perbedaan antara setan, iblis, dan jin? Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa sesungguhnya ketiga makhluk itu berbeda, atau bahkan ada sebagian yang tidak mengerti mengenai makhluk-makhluk tersebut? Ketiga makhluk tersebut adalah makhluk-makhluk yang sering disebut dalam al-Qur’an, makhluk hidup selain hewan, tumbuhan, manusia, dan bukan juga termasuk dalam golongan malaikat. Untuk mengetahui apa yang bisa membedakan ketiga makhluk tersebut, maka kali ini kita akan bersama-sama membahasnya dengan seksama.

Perbedaan Setan, Iblis, dan Jin Menurut Al-Qur’an

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai beda antara setan, jin, dan iblis, padahal mereka semua hidup di sekitaran kita manusia, dan mungkin juga menghirup udara yang sama. Karena dari itu dirasakan perlu mengetahui perbedaan antara ketiga makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT ini.

• Jin
 
Beberapa kali dalam al-Quran, Allah SWT menyebutkan kata-kata “jin”, dan bahkan ada sebuah surat yang diberi nama makhluk tersebut, yaitu surat al-Jin. Dari al-Qur’an, diketahui bahwa Jin itu sebagai berikut:

1. Penciptaan jin dari api
 
Perbedaan mendasar antara jin dan manusia adalah manusia diciptakan oleh Allah SWT menggunakan tanah, sementara jin menggunakan api. Hal ini disebutkan lewat surat al-Hijr ayat 27 yang menuliskan bahwa jin diciptakan dari api yang luar biasa panasnya, dan surat ar-Rahman ayat 15 menegaskan penciptaan jin menggunakan nyala api.

2. Beberapa jin menganut agama Islam
 
Sama seperti manusia, jin juga menganut agama masing-masing. Seperti dituliskan pada surat al-Jin ayat 11 yang artinya bahwa di antara para jin juga ada yang saleh dan yang tidak, karena mereka mengikuti jalannya masing-masing.

• Iblis
 
Ketika ingin mencari perbedaan setan, iblis, dan jin terutama antara jin dan iblis mungkin agak sulit mengingat iblis sendiri adalah sebuah makhluk yang jenisnya jin, seperti yang tertulis dalam al-Qur’an. Diceritakan juga bahwa dulunya iblis adalah seorang jin yang amat dekat kepada Allah SWT, namun ia menjadi durhaka dan ingkar kepada Allah SWT setelah nabi Adam diciptakan, hanya karena ia merasa lebih tinggi derajatnya mengingat ia dicipta dari api.

Kelebihan yang jadi pembeda iblis dibandingkan dengan jin-jin lainnya adalah ia tidak bisa mati sama sekali hingga kiamat tiba, hal ini juga dituliskan pada surat al-Araf ayat 14 hingga 15 dan pada surat Shaad ayat 79 hingga 81. Iblis juga memiliki keturunan, tapi keturunan dari iblis tidak ada yang memiliki kemampuan untuk hidup abadi hingga akhirnya kiamat tiba dan mengakhiri semua yang bernyawa di dunia, untuk kembali kepada Allah SWT.

• Setan
 
Menurut al-Qur’an, setan adalah makhluk yang buruk, dimana pekerjaannya meliputi mengajak manusia untuk berbuat kebatilan seperti berbohong dan semacamnya. Jika iblis merupakan jin dan jin adalah makhluk selain manusia, maka setan lebih cocok dijuluki kepada sifat seseorang baik jin dan manusia. Adapun karakteristik khusus mereka adalah:

1. Musuh manusia
 
Pada surat al-Baqarah ayat 208 tertulis bahwa kita yang beriman wajb masuk ke dalam Islam dan memusuhi setan.

2. Bisa berwujud sebagai manusia
 
Surat al-An’am ayat 112 menuliskan bahwa tentang setan jin dan manusia.

3. Sering mengajak kepada kebatilan
 
Melihat surat al-Baqarah ayat 169, tertulis bahwa setan hanya mengajak pada perbuatan keji.

Nah, dengan penjelasan tadi diharap kita kini mengetahui tentang perbedaan setan, iblis, dan jin.

Wallahu A'lam 





Kisah Nabi Idris as

Nabi Idris as merupakan keturunan dari Qabil dan Iqlima


Nabi Idris as merupakan keturunan dari Qabil dan Iqlima (putera dan puteri Nabi Adam as) kepada keturununannya inilah Idris ditugaskan Tuhan mengajak kepada kebenaran.
Nabi Idris adalah orang pertama yang menerima wahyu lewat Malaikat Jibril, ketika berumur 82 tahun. Tak ada informasi tentang lokasi pasti mengenai kehidupan Idris (Hurmus al-Haramisah) yang ditugaskan untuk membenahi akhlak anak cucu Qabil ini.

Ada yang menyebut daerah Munaf, Mesir, namun adapula yang menyebut Babilonia. Yang pasti Idris yang sejak kecil belajar ilmu dari Nabi Syits (Putra Adam as), kepadanya telah diturunkan wahyu kenabian.

“Dan Ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka, kisah) Idris (yang tersebut) di dalam Al Quran. Sesungguhnya ia adalah seorang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi. Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS. Maryam: 56-57)

Idris menurut riwayat dalam hadis Bukhari adalah kakeknya bapak Nuh a.s. berarti Nabi Idris merupakan generasi ke enam dari Adam, mengingat Nuh sendiri sebagai keturunan ke sepuluh dari Adam as.

Kelebihan Nabi Idris a.s


nabi idris as
Nabi Idris as memiliki beberapa kelebihan alias mukjizat dari Tuhan:
Pertama, dia manusia pertama yang pandai baca tulis dengan pena. Kepada Idrislah Allah swt memberikan 30 sahifah alias suhuf lembaran-lembaran ajaran Tuhan, berisi petunjuk untuk disampaikan kepada umatnya.

Kedua, Nabi Idris diberi bermacam-macam pengetahuan mulai dari merancak (merawat) kuda, ilmu perbintangan (falaq), sampai ilmu berhitung alias matematika.

Ketiga, Nama Nabi Idris sendiri berasal dari kata Darasa yang artinya belajar. Idris memang sangat rajin mengkaji ajaran Allah swt yang diturunkan kepada Adam dan Nabi Syits, bahkan yang langsung kepada dirinya. Nabi Idris juga sangat tekun mengkaji fenomena alam semesta, yang semua merupakan ayat dan pertanda dari Tuhannya.

Keempat, Nabi Idris as ialah orang yang pertama pandai memotong dan menjahit pakaiannya. Orang-orang sebelumnya konon hanya mengenakan kulit binatang secara sederhana dan apa adanya untuk dijadikan penutup aurat.

Idris yang haus akan ilmu pengetahuan sehari-hari memang disibukkan oleh berbagai kepentingan, namun ia tetap selalu ingat kepada Tuhan. Dengan berbekal pengetahuan yang mencapai kelengkapan, dengan kekuatan dan kehebatan yang mumpuni.

Idris menjadi gagah berani tak takut mati, tak gentar kepada siapa saja, terutama dalam menyadarkan keturunan Qabil-Iqlima yang saat itu penuh dengan kesesatan. Dapat dipahami jika ia mendapat gelar kehormatan Asadul Usud alias “Singa di atas segala singa” dari Allah swt.

Kepada kaumnya, Idris diperintahkan memberantas kebiasaan melakukan kenistaan. Idris ditugaskan untuk membenahi pekerti rendah, zalim terhadap sesama, suka permusuhan, serta suka berbuat kerusakan. Kepada keturunan Qabil, Idris menandaskan, iman kepada Allah bisa memberikan keberuntungan. “Untuk itu wahai kaumku,” kata Idris,

“Peganglah tali agama Allah, beribdalah hanya kepada Allah. Bebaskan diri dari azab akhirat dengan cara amal saleh dan kebaikan. Zuhudlah di dunia dan berlaku adil, mengerjakan shalat sesuai dengan ajaran Tuhan. Berpuasa pada hari tertentu setiap bulan, jihad melawan musuh agama bikinan setan, serta keluarkan zakat dan sedekah membantu kaum papa dan kaum yang ditimpa kemalangan”

Selain itu, Idris juga selalu menyatakan beberapa pesan kebajikan:
Pertama, salat mayit lebih sebagai penghormatan, karena pemberi syafaat hanya Tuhan sesuai ukuran amal kebajikan.

Kedua, besarnya rasa syukur yang diucapkan, tetap tidak akan mampu mengalahkan besarnya nikmat Tuhan yang diberikan.

Ketiga, sambutlah seruan Tuhan secara ikhlas, untuk shalat, puasa, maupun menaati semua perintah-Nya.

Keempat, hindari hasad alias dengki kepada sasama yang mendapat rezki, karena hakikat jumlahnya tidak seberapa.

Kelima, menumpuk numpuk harta tidak ada manfaat bagi dirinya. Keenam, kehidupan handaknya diisi hikmah kebijakan (Ma’al anbiya’ fil Quranil Karim:78




Minggu, 28 Agustus 2016

Manfaat Buah Murbei

Manfaat Buah Murbei untuk Kesehatan dan Kecantikan



Murbei dengan nama latin Morus merupakan tanaman yang berbuah sepanjang tahun namun kurang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Kebanyakan masyarakat khususnya di Indonesia masih belum mengetahui bahwa buah murbei memiliki manfaat. Tanaman murbei umumnya hanya dimanfaatkan pada daunnya yang dipergunakan untuk usaha ulat sutra, sedangkan buahnya kurang diminati karena mudah hancur.
Buah murbei memiliki rasa asam manis dan akan menjadi lebih manis lagi ketika telah berwarna kehitaman. Rasanya yang manis dan segar membuat buah ini layak untuk dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Buah Murbei 






Buah murbei dapat diproduksi dikonsumsi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi jus. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa di dala buah murbei segar terdapat komposisi sebagai berikut:

  • 85-88% air
  • 7,8-9,2% karbohidrat
  • 0,4-1,5% protein
  • 0,4-0,5% lemak terdiri dari asam lemak linoleat, stearik, dan asam oleat
  • 1,1-1,9% asam lemak bebas
  • 0,9-1,4% serat, dan
  • 0,7-0,9% mineral
  • 43 kalori setiap 100 gram
  • 36,4 mg vitamin C setiap 100 gram
  • 1,85 mg zat besi setiap 100 gram
  • sejumlah vitamin A, E, dan K, B1, B2
Buah murbei yang berukuran kecil yaitu hanya sekitar 2-5 cm dan mudah hancur sehingga jarang ada yang menjualnya. Meskipun ukurannya kecil, tahukah Anda kalau buah murbei memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan ukurannya, berikut ulasan lengkapnya.

1. Kaya Zat Antosianin 

Warna merah keunguan yang teraapat pada buah murbei dihasilkan oleh pigmen warna yang disebut sebagai antosianin. Antosianin tergolong sebagai senyawa flavanoid yang mampu melindungi sel dari ultraviolet dan memiliki banyak manfaat. Setiap 100 gram buah murbei terdapat antosianin dengan kadar yang mencapai 1993 mg.
Antosianin bermanfaat untuk mengobati banyak penyakit seperti :

  • diabetes
  • serangan jantung
  • mencegah ateroskelorosis (penyempitan pembuluh darah)
  • mencegah kanker
Selain itu, antosianin juga mengandung manfaat antioksidan yang mampu melindungi kita dari radikal penyebab kanker. Selain itu, antosianin pada buah murbei dapat dijadikan sebagai pewarna pangan alami yang aman untuk dikonsumsi.

2. Menurunkan Kolesterol Tubuh 

Buah murbei terbukti mampu menurunkan kolesterol. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat IPB dengan pengujian yang dilakukan terhadap tiga kelompok tikus yang diberikan kolesterol dan sari buah murbei.
Manfaat buah murbei untuk menurunkan kolesterol dihasilkan dari kandungan zat seperti kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar, manfaat vitamin C dengan kadar yang mencapai 37,06 mg, dan antosianin.

Kolesterol terjadi karena adanya proses oksidasi kolesterol jahat (LDL). Namun, dengan adanya kandungan kuersentin dan vitamin C yang mengikat oksigen, maka proses oksidasi tersebut dapat dicegah. Kuersentin dan vitamin C pada buah murbei juga telah terbukti meningkatkan high density lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik yang tidak akan menyebakan penyakit jantung.


3. Awet Muda

Kaya dengan antioksidan menjadikan buah murbei layak dikonsumsi jika ingin tetap awet muda. Antioksidan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang mampu merusak kesehatan tubuh. Selain itu, antioksidan pada buah murbei mampu mencegah terjadinya penuaan dini karena dapat berfungsi sebagai agen anti penuaan.
 Penderita diabetes pada umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat. Hal inilah yang menyebabkan kenapa penderita diabetes cenderung mengalami komplikasi. Murbei telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Cina untuk mengatasi diabetes.

Murbei mengandung senyawa yang bersifat seperti insulin, sehingga membantu untuk menjaga kadar gula. Namun bagian yang  dimanfaatkan untuk memperoleh manfaat ini bukanbuahnya, melainkan daun dari tanaman murbei. Hal ini telah diteliti di Jepang dan telah dibuktikan bahwa daun murbei mampu menghambat penyebab diabetes.

5. Meningkatkan imunitas

Musim pancaroba tentunya akan membuat daya tahan tubuh kita menurun sehingga kita akan mudah terserang penyakit seperti flu. Buah murbei yang kaya akan vitamin C mampu menjadi asupan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit seperti flu.


6. Mengatasi Anemia 

Anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan jumlah hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi. Buah murbei mengandung manfaat zat besi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan yang membantu untuk mengatasi anemia.


7. Menjaga Kesehatan Mata

Buah murbei juga mengandung manfaat vitamin A dan karoten yang baik untuk kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga berfungsi untuk memperkuat dan mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata serta melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina.




Manfaat Buah Murbei untuk Kecantikan

    1. Kulit 
    2. Rambut 
Beberapa manfaat yang dapat dinikmati dari buah murbei untuk kulit antara lain:
  1. Bintik hitam pada wajah dan kulit dapat berkurang
  2. Buah murbei baik untuk kulit kering karena dapat meningkatkan kelembaban kulit
  3. Aman bagi kulit sensitif karena tidak menimulkan efek samping jika dioleskan ke kulit
  4. Kulit dapat lebih bersinar cerah dan lebih sehat karena vitamin dan zat artibun pada buah murbei

Efek Samping dibalik Manfaat Buah Murbei

Selain manfaat yang diberikan, sebenarnya buah murbei juga memiliki efek samping jika di konsumsi disaat yang tidak tepat. Jangan mengkonsumsi buah murbei jika sedang mengkonsumsi asupan berkarbohidrat, karena buah murbei menghambat penyerapan karbohidrat.

Selain itu, buah murbei memang sangat baik untuk kesehatan kulit. Hal tersebutlah yang dijadikan alasan mengapa banyak produk perawatan kulit yang mulai dicampurkan dengan ekstrak murbei, namun terdapat penelitian yang melihat bahaya di dalam buah murbei.

Penelitian

Hasil penelitian di Prancis menemukan bahwa arbutin dapat menjadi pemicu kanker kulit karena memiliki sifat karsinogenik. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi pemakaian pencerah kulit yang mengandung ekstrak murbei karena kadar arbutin pada kosmetik tentu lebih tinggi dibandingkan pada buang segar murbei itu sendiri.



Resep Sate Kambing Empuk

Cara Membuat Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap



Cara Membuat Sate Kambing Empuk

Di Indonesia hewan yang biasa digunakan untuk berkorban adalah sapi dan kambing. Daging kambing bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, namun yang paling populer adalah dibuat menjadi sate. Jadi ketika anda mendapatkan jatah daging qurban nanti, anda bisa mengolahnya menjadi sate kambing. Namun biasanya jika tidak dilakukan treatment terlebih dahulu biasanya daging akan alot dan masih bau prengus.




Untuk membuat sate kambing yang empuk, sebelum daging dibakar terlebih dahulu dilakukan treatment. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat daging kambing menjadi empuk dan tidak berbau. Berikut tips membuat daging kambing menjadi empuk serta tidak bau prengus:
  • Menggunakan Tepung Kanji
    Setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan beberapa waktu, dan kemudian goyangkan agar tepung kanji hilang. Dengan cara ini maka daging kambing menjadi empuk.
  • Menggunakan Daun Pepaya
    Selain tepung kanji, daun pepaya juga efektif untuk membuat daging kambing menjadi tidak alot. caranya daging kambing yang masih ufuh atau belum di tusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah cuci bersih daging kambing tersebut.
  • Menggunakan Air Kelapa
    Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daigng akan menjadi empuk serta bau prengus akan berkurang.
  • Menggunakan Nanas
    Kupaslah buah nanas kemudian di parut. Campur parutan nanas dengan daging kambing. Namun jangan terlalu lama, karena bisa daging kambing malah menjadi hancur.
  • Jangan sampai daging kambing terkena api langsung saat membakar, karena akan membuatnya menjadi keras. Lakukan sampai daging berubah warna saja.
Jika daging kambing sudah empuk dengan cara diatas, kini saatnya membuat sate kambing dengan resep berikut ini (atau bisa juga  membaca resep sate sapi):

Bahan Dan Bumbu Yang Diperlukan
  • Daging kambing 1/2 kg
  • Bawang putih 10 siung
  • ketumbar 1 sendok makan
  • kemiri 10 butir
  • gula merah 250 gr
  • garam 2 sendok teh
  • Bawang merah 4 butir
  • Kecap
  • Cabai

Cara Membuat Sate Kambing Empuk Bumbu Kecap

  1. Potong daging kambing kecil-kecil
  2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar, kemiri, gula merah dan garam.
  3. Rendam daging kambing dengan bumbu tersebut. Langkah ini hanya optional, beberapa orang lebih menyukai membakar daging kambing tanpa bumbu tambahan.
  4. Tusuk daging kambing dengan tusuk dari bambu (tusuk sate), yang harus diperhatikan dalam setiap satu tusukan jangan terlalu rapat karena akan mempengarui proses pembakaran.
  5. Bakar sate sampai matang dengan sesekali diolesi kecap manis namun jangan terlalu banyak karena akan membuat daging gosong.
  6. Iris cabai dan bawang merah tipis-tipis lalu campur dengan kecap manis.
  7. Sajikan Sate Kambing dengan bumbu kecap tersebut
Demikianlah cara membuat sate kambing empuk. Dalam melakukan treatment untuk membuat daging kambing empuk, lakukan salah satu cara saja misalnya hanya dengan parutan nanas saja. Anda juga bisa menambahkan lalapan seperti irisan kobes, atau tomat. Nah jika anda takut makan sate kambing karena darah tinggi, anda bisa membuat sate ayam yang lezat. Selamat mencoba






Manfaat Serum Untuk Wajah


Keunggulan Serum Wajah 


Salah satu yang diandalkan kaum hawa untuk merawat wajah tetap cantik memesona adalah serum wajah. Serum dianggap lebih efektif daripada krim dan pelembap biasa karena memiliki konsentrasi kandungan bahan aktif yang lebih tinggi.

Kelebihan serum wajah juga terletak pada molekul bahan aktif yang lebih kecil. Kecilnya ukuran bahan aktif tersebut membuat serum lebih mudah dan lebih dalam saat menembus kulit. Serum Wajah Memiliki Keunggulan Berikut

Di dalam produk ini, terkandung konsentrasi yang besar berupa bahan anti penuaan. Biasanya, bahan anti penuaan tersebut berupa antioksidan, peptida, dan pencerah kulit, seperti asam kojic. Selain itu, produk ini umumnya berbahan dasar air. Bahkan, sebagian produk serum wajah tidak memakai bahan minyak sama sekali.

Pilihan sejumlah perempuan kepada serum wajah dalam merawat kecantikan mereka juga didasari oleh alasan bahwa jenis kosmetik ini lebih ringan dan kedap udara. Penggunaan serum juga dianggap lebih efisien daripada produk perawatan wajah lainnya. Meski berharga lebih mahal daripada produk perawatan wajah lainnya, pemakaian serum hanya membutuhkan takaran sedikit saja. Hal ini karena tiap tetes serum wajah sudah mengandung konsentrat bahan aktif.

Pemakaian bahan kosmetik yang sedikit dan tipis dianggap baik untuk kulit wajah karena tidak mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit. Dibandingkan memakai kosmetik yang terlalu tebal, meski mungkin saja bagus dalam menjaga kelembapan kulit, namun sayangnya ketebalan kosmetik akan susah ditembus oleh bahan aktif sehingga manfaatnya akan tersia-siakan.

Keunggulan lain yang diungkapkan oleh seorang ahli kecantikan adalah kinerja serum yang efektif bagi para pemilik wajah berminyak. Produk ini juga dapat menjadi pilihan bagi yang menginginkan perawatan kecantikan yang tidak terasa berat di wajah, tidak membuat wajah tampak licin, maupun yang tidak meninggalkan sisa yang lengket.

Beginilah Cara Membuat dan Memakai Serum Wajah

Selain membeli serum wajah kemasan hasil produksi perusahaan kosmetik, produk kecantikan ini juga bisa dibuat sendiri. Berikut adalah cara membuat serum wajah vitamin C yang bisa dilakukan sendiri di rumah.
  • Kumpulkan bahan yang diperlukan untuk membuat serum, yaitu air hasil penyulingan dan bubuk vitamin C (L-Ascorbic acid). Anda bisa menambahkan gliserin jika ingin menambahkan efek pelembap untuk kulit.
  • Rebuslah air hasil penyulingan, lalu diamkan di dalam ruangan bersuhu kamar dan tunggu sampai dingin. Suhu ruangan berkisar 20-25 derajat Celcius.
  • Tambahkan vitamin C dengan perbandingan 1 bagian vitamin C di dalam 19 bagian air. Artinya, jika air berjumlah 19 ml, maka vitamin C yang dimasukkan cukup sejumlah 1 ml. Kemudian tambahkan 1 bagian gliserin jika diinginkan.
  • Aduk sampai ketiga bahan tersebut tercampur sempurna. Setelah tercampur, maka serum wajah vitamin C siap digunakan. Untuk penyimpanan, masukkan serum ke dalam wadah dan simpan di lemari es.
Setelah serum wajah siap digunakan, coba ikutilah cara menggunakan serum wajah seperti di bawah ini.
  • Cucilah wajah dengan sabun atau pembersih hingga bersih. Tidak usah menggunakan bahan yang abrasif karena pembersihan wajah ini hanya untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan bukan untuk membuatnya benar-benar kering.
  • Bubuhkan sedikit serum di telapak tangan, lalu aplikasikan di wajah. Serum ini juga bisa digunakan pada bagian-bagian selain wajah. Oleskan serum hingga kulit terasa lembap, namun tidak sampai terasa basah.
  • Jika ingin memakai serum di bagian-bagian selain wajah juga, tunggu hingga area yang diolesi terasa kering sebelum memakai pakaian.
Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak, tidak ada salahnya menggunakan serum wajah untuk lebih menjaga sisi kecantikannya. Untuk mendapatkan serum yang tepat, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan seorang dokter atau ahli estetika berlisensi demi mendapatkan panduan medis yang tepat sekaligus menjadikan efeknya lebih optimal pada wajah.



Electricity Lightning