Sejarah Perintah Allah agar manusia menegakkan Shalat
Sejarah Perintah Allah agar manusia menegakkan Shalat
* * *
Al-Qur’an dan Al-Hadist, tentang perintah mengerjakan sholat
Perintah Shalat Dalam Al-Quran
Ada banyak sekali perintah untuk menegakkan shalat di dalam
Al-Quran. Paling tidak tercatat ada 12 perintah dalam Al-Quran lafaz “Aqiimush-shalata”yang bermakna “Dirikanlah Shalat”dengan fi`il Amr (kata perintah) dengan perintah kepada orang banyak (khithabul Jam`i). Yaitu pada surat:
* Al-Baqarah ayat 43, 83 dan110
* Surat An-Nisa ayat 103
* Surat Al-An`am ayat 72
* Surat Yunus ayat 87
* Surat Al-Hajj: 78
* Surat An-Nuur ayat 56
* Surat Luqman ayat 31
* Surat Al-Mujadalah ayat 13
* Surat Al-Muzzammil ayat 20 : * Surah Thaahaa ayat 132 : “Perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan sholat ; dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya”
* Surat An-Nisa ayat 103
* Surat Al-An`am ayat 72
* Surat Yunus ayat 87
* Surat Al-Hajj: 78
* Surat An-Nuur ayat 56
* Surat Luqman ayat 31
* Surat Al-Mujadalah ayat 13
* Surat Al-Muzzammil ayat 20 : * Surah Thaahaa ayat 132 : “Perintahkanlah kepada keluargamu untuk mendirikan sholat ; dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya”
Ada 5 perintah shalat dengan lafaz “Aqimish-shalata” yang bermakna
“dirikanlah shalat” dengan khithab hanya kepada satu orang. Yaitu pada
Surah :
* Surat Huud ayat 114
* Surat Al-Isra` ayat 78
* Surat Thaha ayat 14
* Surat Al-Ankabut ayat 45
* Surat Luqman ayat 17.
* Surat Al-Isra` ayat 78
* Surat Thaha ayat 14
* Surat Al-Ankabut ayat 45
* Surat Luqman ayat 17.
Perintah sholat dalam Al-Hadist
Hadits ‘Ubadah ibnush Shamit radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:
“Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba- hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan di antara kelima shalat tersebut karena meremehkan keberadaannya maka ia mendapatkan janji dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya janji dari sisi Allah, jika Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.” (HR. Abu Dawud no. 1420 dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Abi Dawud)
“Shalat lima waktu Allah wajibkan atas hamba- hamba-Nya. Siapa yang mengerjakannya tanpa menyia-nyiakan di antara kelima shalat tersebut karena meremehkan keberadaannya maka ia mendapatkan janji dari sisi Allah untuk Allah masukkan ke surga. Namun siapa yang tidak mengerjakannya maka tidak ada baginya janji dari sisi Allah, jika Allah menghendaki Allah akan mengadzabnya, dan jika Allah menghendaki maka Allah akan mengampuninya.” (HR. Abu Dawud no. 1420 dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih Abi Dawud)
Hadits Buraidah ibnul Hushaib radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Perjanjian antara kita dan mereka adalah shalat,
maka barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti ia kafir.” (HR. Ahmad
5/346, At-Tirmidzi no. 2621, Ibnu Majah no. 1079 dan selainnya.
Dishahihkan Asy-Syaikh Al-Albani rahimahullahu dalam Shahih At-Tirmidzi,
Al-Misykat no. 574 dan juga dalam Shahih At-Targhib wat Tarhib hal.
299) [Lihat Tharhut Tatsrib, 1/323]
“Dari ‘Amr Bin Syu’aib dari bapaknya dari kakeknya dia berkata,
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang maknanya),
“Perintahkanlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia
tujuh tahun, dan pukullah mereka jika mereka tidak mengerjakan shalat
pada usia sepuluh tahun, dan (pada usia tersebut) pisahkanlah tempat
tidur mereka.” (Hadits shahih; Shahih Ibnu Majah (5868), Sunan Abu Daud
(2/162/419) lafazh hadits ini adalah riwayat Abu Daud, Ahmad (2/237/84),
Hakim (1/197))
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257).
* * *
“Perintah mengerjakan sholat diterima Rasulullah SAAT KETIKA beliau isra’ dan Mi’raj”
Berikut beberapa hadist yang menceritakan Rasulullah Muhammad saw.
menerima perintah sholat lima waktu langsung dari Allah melalui
peristiwa Isra’ Mi’raj:
Hadist Shahih Bukhari No. 211 Jilid I
Berita dari Anas bin Malik r.a mengatakan, “Abu Dzar pernah bercerita, bahwa Rasulullah s.a.w bersabda: Pada suatu waktu ketika aku berada di Mekah, tiba-tiba atap rumahku dibuka orang. Maka turunlah Jibril, lalu dibedahnya dadaku, kemudian dibersihkannya dengan air zamzam. Sesudah itu dibawanya sebuah bejana emas penuh hikmat dan iman, lalu dituangkan kedadaku, dan sesudah itu dadaku dipertautkan kembali.
Lalu Jibril a.s
membawaku naik ke langit. Ketika Jibril a.s meminta agar dibukakan
pintu, kedengaran suara bertanya: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril.
Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab:
Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril
a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan.
Lalu dibukakan pintu kepada kami.
Ketika aku bertemu dengan Nabi Adam a.s, beliau menyambutku serta
mendoakan aku dengan kebaikan. Seterusnya aku dibawa naik ke langit
kedua. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara
bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya
lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s
ditanya lagi:
Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia
telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu
dengan Isa bin Mariam dan Yahya bin Zakaria, mereka berdua menyambutku
dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik langit ketiga.
Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya
lagi: Siapakah engkau?
Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi:
Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya
lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah
diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan
Nabi Yusuf a.s ternyata dia telah dikurniakan sebahagian dari keindahan.
Dia terus menyambut aku dan mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa
lagi naik ke langit keempat. Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu.
Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril.
Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab:
Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril
a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan.
Pintu pun dibukakan kepada kami.
Ketika aku bertemu dengan Nabi Idris a.s dia terus menyambutku dan
mendoakan aku dengan kebaikan. Aku dibawa lagi naik ke langit kelima.
Jibril a.s meminta supaya dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya
lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi:
Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya
lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah
diutuskan.
Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan
Nabi Harun a.s dia terus menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan.
Aku dibawa lagi naik ke langit keenam. Jibril a.s meminta supaya
dibukakan pintu. Kedengaran suara bertanya lagi: Siapakah engkau?
Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya lagi: Siapakah bersamamu? Jibril
a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s ditanya lagi: Adakah dia telah
diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia telah diutuskan. Pintu pun
dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu dengan Nabi Musa a.s dia terus
menyambutku dan mendoakan aku dengan kebaikan.
Aku dibawa lagi naik ke
langit ketujuh. Jibril a.s meminta supaya dibukakan. Kedengaran suara
bertanya lagi: Siapakah engkau? Dijawabnya: Jibril. Jibril a.s ditanya
lagi: Siapakah bersamamu? Jibril a.s menjawab: Muhammad. Jibril a.s
ditanya lagi: Adakah dia telah diutuskan? Jibril a.s menjawab: Ya, dia
telah diutuskan. Pintu pun dibukakan kepada kami. Ketika aku bertemu
dengan Nabi Ibrahim a.s dia sedang berada dalam keadaan menyandar di
Baitul Makmur. Keluasannya setiap hari memuatkan tujuh puluh ribu
malaikat. Setelah keluar mereka tidak kembali lagi kepadanya. Kemudian
aku dibawa ke Sidratul Muntaha.
Daun-daunnya besar umpama telinga gajah
manakala buahnya pula sebesar tempayan. Baginda bersabda: Ketika baginda
merayau-rayau meninjau kejadian Allah s.w.t, baginda dapati kesemuanya
aneh-aneh. Tidak seorang pun dari makhluk Allah yang mampu menggambarkan
keindahannya. Lalu Allah s.w.t memberikan wahyu kepada baginda dengan
mewajibkan sembahyang lima puluh waktu sehari semalam. Tatakala baginda
turun dan bertemu Nabi Musa a.s, dia bertanya: Apakah yang telah
difardukan oleh Tuhanmu kepada umatmu? Baginda bersabda: Sembahyang lima
puluh waktu. Nabi Musa a.s berkata:
Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah
keringanan kerana umatmu tidak akan mampu melaksanakannya. Aku pernah
mencuba Bani Israel dan memberitahu mereka. Baginda bersabda: Baginda
kemudiannya kembali kepada Tuhan dan berkata: Wahai Tuhanku, berilah
keringanan kepada umatku. Lalu Allah s.w.t mengurangkan lima waktu
sembahyang dari baginda. Baginda kembali kepada Nabi Musa a.s dan
berkata: Allah telah mengurangkan lima waktu sembahyang dariku. Nabi
Musa a.s berkata: Umatmu masih tidak mampu melaksanakannya. Kembalilah
kepada Tuhanmu, mintalah keringanan lagi. Baginda bersabda:
Baginda tak
henti-henti berulang-alik antara Tuhan dan Nabi Musa a.s, sehinggalah
Allah s.w.t berfirman Yang bermaksud: Wahai Muhammad! Sesungguhnya aku
fardukan hanyalah lima waktu sehari semalam. Setiap sembahyang fardu
diganjarkan dengan sepuluh ganjaran. Oleh yang demikian, bererti lima
waktu sembahyang fardu sama dengan lima puluh sembahyang fardu. Begitu
juga sesiapa yang berniat, untuk melakukan kebaikan tetapi tidak
melakukanya, nescaya akan dicatat baginya satu kebaikan.
Jika dia
melaksanakannya, maka dicatat sepuluh kebaikan baginya. Sebaliknya
sesiapa yang berniat ingin melakukan kejahatan, tetapi tidak
melakukannya, nescaya tidak sesuatu pun dicatat baginya. Seandainya dia
melakukannya, maka dicatat sebagai satu kejahatan baginya.
Baginda turun
hingga sampai kepada Nabi Musa a.s, lalu aku memberitahu kepadanya. Dia
masih lagi berkata: Kembalilah kepada Tuhanmu, mintalah keringanan.
Baginda menyahut: Aku terlalu banyak berulang alik kepada Tuhan,
sehingga menyebabkan aku malu kepada-Nya.
Kemudian Jibril membawaku
hingga ke Sidratul Muntaha. Tempat mana ditutup dengan aneka warna yang
aku tak tau warna-warna apa namanya. Sesudah itu aku dibawa masuk ke
dalam surga, dimana didalamnya terdapat mutiara bersusun-susun sedang
buminya bagaikan kasturi.
Ayat-ayat yang menjelaskan waktu sholat dalam Al Qur’an
Penjelasan mengenai perintah Sholat yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad saw: Rasulullah menerima wahyu hanya di dua tempat yaitu di Mekah dan Madinah, makanya dikenal dengan Ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah, dalam Al Qur’an tidak ditemukan Allah membuat keputusan yang berubah-ubah, hanya ada beberapa ayat yang turunnya bertahap untuk menetapkan hukum atau aturan hidup.
Penjelasan mengenai perintah Sholat yang diwahyukan Allah kepada Nabi Muhammad saw: Rasulullah menerima wahyu hanya di dua tempat yaitu di Mekah dan Madinah, makanya dikenal dengan Ayat-ayat Makiyah dan Madaniyah, dalam Al Qur’an tidak ditemukan Allah membuat keputusan yang berubah-ubah, hanya ada beberapa ayat yang turunnya bertahap untuk menetapkan hukum atau aturan hidup.
Firman Allah dalam QS Qaaf 50: 29
Artinya: Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan aku sekali-kali tidak Menganiaya hamba-hamba-Ku
Artinya: Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan aku sekali-kali tidak Menganiaya hamba-hamba-Ku
Bagi Allah dalam QS Al Israa’ 17: 77 dijelaskan tidak adanya perubahan dalam suatu ketetapan yang diwahyukan kepada Rasulullah,
Artinya: (kami menetapkan yang demikian) sebagai suatu ketetapan terhadap Rasul-rasul Kami yang Kami utus sebelum kamu dan tidak akan kamu dapati perubahan bagi ketetapan Kami itu.
Artinya: (kami menetapkan yang demikian) sebagai suatu ketetapan terhadap Rasul-rasul Kami yang Kami utus sebelum kamu dan tidak akan kamu dapati perubahan bagi ketetapan Kami itu.
Sholat sebagai pondasi dasar agama Islam, berdasarkan ayat ayat
berikut salah satu perintah Sholat 5 (lima) waktu terdapat dalam Surat
Al Israa’ 17:78
Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
Artinya: Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
Dalam QS Maryam (19:30-31) diterangkan Nabi Isa pun telah melakukan sholat,
Artinya :
30. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,
31. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
Artinya :
30. Berkata Isa: “Sesungguhnya aku ini hamba Allah, Dia memberiku Al Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi,
31. Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup;
Dalam Al Qur’an ketetapan sholat termasuk salah satu perintah Allah
kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan,
sejarah mencatat adanya sholat Rasul bersama Khadijah, ‘Ali dan kemudian
dengan pengikut yang lain. Al Qur’an mencantumkan betapa kaum musyrik
mengganggu pelaksanaan ibadah sholat ini. Ketentuan mengenai jumlah
berapa kali shalat, difirmankan dalam Surat 11: 114
Sholat yang dilakukan setiap pagi dan petang merupakan perpaduan
bertasbih dan memuji Allah, demikian firman Allah dalam Surat Al Mu’min
40:55
Artinya: Maka bersabarlah kamu, karena Sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.
Artinya: Maka bersabarlah kamu, karena Sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.
Ketetapan Allah mengenai perintah sholat malam dalam QS Al Muzzamil 73 :
2 tidak mengalami perubahan tetapi keringanan dari Allah mengenai
kewajiban melaksanakannya
Artinya: Bangunlah (untuk sholat) di malam hari[ ], kecuali sedikit (daripadanya).
Artinya: Bangunlah (untuk sholat) di malam hari[ ], kecuali sedikit (daripadanya).
QS Al Muzzamil 73 : 20
Artinya: Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, Maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran.
Dia mengetahui bahwa akan
ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan
di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain
lagi berperang di jalan Allah, Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari
Al Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah
pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. dan kebaikan apa saja yang
kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi
Allah sebagai Balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.
dan mohonlah ampunan kepada Allah; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun
lagi Maha Penyayang.
Kewajiban sholat 5 (lima) waktu dan Sholat Tahajjud sebagai ibadah
tambahan terdapat dalam Surat Al Israa 17: 78-79 dan Huud 11:114
78. Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
79. Dan pada sebahagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.
78. Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh[ ]. Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).
79. Dan pada sebahagian malam hari bersholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.
Dalam ayat di atas, ujung pertama adalah shalat Fajar atau Subuh,
sedang ujung hari kedua adalah shalat Dzuhur dan Asar, berdasarkan ayat
lain yang diwahyukan di Madinah, yaitu saat condongnya matahari, saat
matahari melewati puncak zenit-nya (duluki syams), dan yang dimaksud
dengan bagian-bagian awal dari malam (zulafun min al-layl) adalah dua
waktu, yaitu shalat Maghrib dan Isya’.
Surat ini terdiri atas 111 ayat, termasuk golongan surat-surat
Makkiyyah. Al Israa’ yang berarti memperjalankan di malam hari,
berhubung peristiwa Israa’ Nabi Muhammad s.a.w. di Masjidil Haram di
Mekah ke Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis dicantumkan pada ayat pertama
dalam surat ini. Ketetapan shalat termasuk salah satu perintah Allah
kepada Rasul yang paling awal. Sejak hari-hari pertama kerasulan,
sejarah mencatat adanya shalat Rasul bersama Khadijah, “Ali dan kemudian
dengan pengikut lain. Al Qur’an mencantumkan betapa kaum musyrik
mengganggu pelaksanaan ibadah shalat tersebut.
Dalam ayat yang lain mengenai ketentuan jumlah berapa kali waktu sholat yang diperintahkan Allah, dalam Surat Huud 11:114,
Artinya. Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
Artinya. Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
Ayat ini adalah termasuk surah Makkah yang menentukan jumlah shalat
ini. Terlepas dari perbedaan cara penafsiran tentang jumlah waktu
shalat, kewajiban shalat telah ada dalam periode kerasulan di Mekah dan
tidak perlu timbul dari tawar-menawar dengan Allah, sebagaimana selalu
dikaitkan misi mi’raj, yang terdapat dalam hadist ahad atau hadist yang
bersumber dari satu orang.
* * *
Menurut sumber lain :
Sholat
sudah dilakukan oleh umat-umat sebelum Nabi Muhammad s.a.w, Maka
perintah sholat sudah diberikan jauh sebelum Rasulullah menerima
perintah sholat yaitu ketika beliau isra’ dan mi’raj
* * *
Al-Quran secara tegas menyatakan bahwa Sholat sudah dilakukan oleh
umat-umat sebelumnya, seperti perintah Sholat kepada Nabi Ibrahim dan
anak cucunya [Lihat surah 21 al-anbiya ayat 73 dan surah 19 Maryam ayat
55], kepada Nabi Syu’aib [Lihatsurah 11 Huud ayat 87], kepada Nabi Musa
[Lihat surah 20 Thaahaa ayat 14] dan kepada Nabi Isa al-Masih[Lihat
surah 19 Maryam ayat 31].
Pernyataan al-Qur’an tersebut dibenarkan oleh cerita-cerita yang ada
dalam Kitab Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang mengisahkan tata
cara beribadah para Nabi sebelum Muhammad yaitu ada berdiri, ruku dan
sujud yang jika dirangkai maka menjadi Sholat seperti Sholatnya umat
Islam.
Segeralah Musa berlutut ke tanah, lalu sujud menyembah- Perjanjian Lama – Kitab Keluaran 34:8
Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.-Perjanjian Lama – Kitab Mazmur 95:6
Lalu sujudlah Yosua dengan mukanya ke tanah, menyembah-Perjanjian Lama – Kitab Yosua 5:14
Tetapi Elia naik ke puncak gunung Karmel, lalu ia membungkuk ke
tanah, dengan mukanya di antara kedua lututnya – Perjanjian Lama –
Kitab I Raja-raja 18:42
Maka pergilah Musa dan Harun dari umat itu ke pintu Kemah Pertemuan,
lalu sujud. Kemudian tampaklah kemuliaan TUHAN kepada mereka.-
Perjanjian Lama – Kitab Bilangan 20:6
Kemudian ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu
jaraknya lalu ia berlutut dan berdoa – Perjanjian Baru – Injil Lukas
22:41
Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa – Perjanjian Baru – Injil Markus 14:35
Dari kenyataan ini, maka jelas bagi umat Islam bahwa Sholat sudah
menjadi suatu tradisi dan ajaran yang baku bagi semua Nabi dan Rasul
Allah sepanjang jaman, sebagaimana firman-Nya :
Sebagai ketentuan Allah yang telah berlaku sejak dahulu, Kamu
sekalipun tidak akan menemukan perubahan Bagi ketentuan ALLAH itu – Qs.
48 al-fath: 23
Kisah perjalanan Nabi Muhammad mengarungi angkasa raya yang disebut
dengan istilah Isra’ dan Mi’raj yang menceritakan awal diperintahkannya
Sholat kepada Nabi Muhammad sebagaimana terdapat dalam beberapa hadis
yang dianggap shahih atau valid oleh sejumlah ulama secara logika justru
mengandung banyak ketidaksesuaian dengan fakta sejarah dan ayat-ayat
al-Quran sendiri.
Menurut hadis, Isra’ dan Mi’raj terjadi sewaktu Khadijah, istri
pertama Rasulullah wafat, dimana peristiwa ini justru menjadi salah satu
hiburan bagi Nabi yang baru ditinggalkan oleh sang istri tercinta dan
juga paman beliau, Abu Thalib dimana tahun ini disebut dengan tahun duka
cita atau aamul ilzan.
Sementara sejarah juga mengatakan bahwa jauh sebelum terjadinya Isra’
dan Mi’raj, Nabi Muhammad dipercaya telah melakukan Sholat berjemaah
dengan Khadijjah sebagaimana yang pernah dilihat dan ditanyakan oleh Ali
bin abu Thalib yang kala itu masih remaja.
Perintah awal sholat wajib dilaksanakan, adalah sholat tahajud atau
sholat malam. Kemudian ditambahkan kewajiban sholat siang hari. Jadi ada
dua waktu yang wajib dilaksanakan, yaitu sholat malam dan sholat siang
hari. Kemudian berturut-turut sholat Fajar (Shubuh), Sholat turunnya
Matahari (Ashar), Sholat antara siang dan malam (Maghrib). Lengkaplah
lima, yang kesemuanya dilakukan dua roka`at-dua roka`at kecuali Maghrib
yang memang tiga roka`at. Pada waktu itu, barulah sholat Lail berubah
dari wajib menjadi Sunnah. Maka setelah sholat wajib 5 waktu, sholat
yang utama adalah sholat LAIL atau sholat Malam. Keterangan-keterangan
bisa anda peroleh dari orang-orang yang ahli tarikh Nabi dan ahli
Asbabun Nuzul. Kemudian terjadilah peristiwa Isro` Mi`roj di tahun ke 12
kenabian.
Maka kita semua ingat satu keterangan hadits, bahwa Nabi naik bertemu
dengan Alloh, kemudian mendapat perintah sholat 50 roka`at, turun
bertemu dengan Nabi Ibrohim, disarankan, Naik lagi, minta keringanan
terus seperti itu, Alloh menurunkan kewajiban menjadi 25 roka`at, Nabi
Muhammad turun lagi bertemu Nabi Isa, Naik lagi usul lagi minta
keringanan dan seterusnya sampai akhirnya tinggal 17 rokaat, yaitu 5
waktu. Mayoritas ulama beranggapan ini adalah hadits sokheh. Apalagi
hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhori.
Maka bagi ahli hikmah,
timbullah pertanyaan, Apakah benar karakter Nabi Muhammad seperti itu?
Mendapatkan perintah Alloh, tidak sami`na wa atho`na? Tapi usul terus
usul, minta keringanan kewajiban? Benarkah karakter Nabi Muhammad
seperti itu?
Hal ini bertentangan dengan keterangan yang ada di Qur`an dan hadits
yang lain, bahwa Nabi Muhammad adalah orang yang taat sekali pada Alloh.
SAMI`NA WA`ATHO`NA.
Maka saya sampaikan pendapat para ahli tasawuf, pendapat ahli hikmah,
bahwa keterangan Hadits tersebut adalah tidak benar. Pada waktu
peristiwa Isro` Mi`roj inilah mayoritas ulama berpendapat bahwa perintah
sholat lima waktu itu baru diperoleh Nabi Muhammad di sini. Ahli hikmah
berpendapat, bahwa perintah sholat itu sudah lama, hanya saja,
penegasan masalah sholat lima waktu, dan jumlah roka`atnya, adalah saat
peristiwa Isro` Mi`roj ini. Hal ini di dasarkan dalam
keterangan-keterangan lain, Qola Rosululloh SAW: “Awwalu maa
iftarodlollohu ta`ala `alaa Ummati Ash sholawaatul Khomsi”
Rosululloh bersabda: “Awalnya sesuatu yang difardlukan Alloh Ta`ala atas ummatku ialah Sholat Lima.
Qola Rosululloh SAW: “Wa awwalu maa Yurfa`u min a`maalihim ash shalawaatul Khomsi”
Bersabda Rosululloh SAW: “Dan awalnya sesuatu yang dinaikkan dari amal-amal mereka ialah Sholat Fardlu Lima”.
Logikanya perintah Sholat telah diterima oleh Nabi Muhammad bukan
saat beliau Isra’ dan Mi’raj namun jauh sebelum itu, apalagi secara
obyektif ayat al-Qur’an yang menceritakan mengenai peristiwa Mi’raj sama
sekali tidak menyinggung tentang adanya pemberian perintah Sholat
kepada Nabi. ;
Pada kedua surah tersebut hanya menekankan cerita
perjalanan Nabi tersebut dalam rangka menunjukkan sebagian dari
kebesaran Allah dialam semesta sekaligus merupakan kali kedua bagi Nabi
melihat wujud asli dari malaikat Jibril setelah sebelumnya pernah beliau
saksikan saat pertama mendapat wahyu di gua Hira.
Selain itu, diluar hadis Isra’ dan Mi’raj yang menggambarkan Nabi
memperoleh perintah Sholat pada peristiwa tersebut, Imam Muslim dalam
musnadnya ada meriwayatkan sebuah hadis lain yang sama sekali tidak
berhubungan dengan cerita Mi’raj namun disana menjelaskan bagaimana Nabi
mempelajari Sholat dari malaikat Jibril.
Dari Abu Mas’ud r.a. katanya : Rasulullah Saw bersabda : turun
Jibril, lalu dia menjadi imam bagiku Dan aku sholat bersamanya, kemudian
aku sholat bersamanya, lalu aku sholat bersamanya dan aku sholat
bersamanya dan aku sholat bersamanya Nabi menghitung dengan lima anak
jarinya – Hadis Riwayat Muslim.
Jika demikian adanya, bagaimana dengan kebenaran hadis yang dipercaya
oleh banyak orang bahwa perintah Sholat baru diperoleh Nabi sewaktu
isra’ dan mi’raj ?
Mungkin kedengarannya ekstrim, tetapi meragukan atau malah menolak
keabsahan validitas hadis-hadis tersebut bukanlah perbuatan yang tercela
apalagi berdosa, dalam hal ini kita tidak menolak dengan tanpa dasar
yang jelas, para perawi hadis tetaplah manusia biasa seperti kita
adanya, mereka juga bisa salah baik disengaja apalagi yang tanpa mereka
sengaja atau sadari, adalah kewajiban kita untuk melakukan koreksi jika
mendapatkan kesalahan pada riwayat hadis yang mereka lakukan tentunya
dengan tetap menjaga kehormatannya dan berharap semoga Allah mengampuni
kesalahannya.
Beberapa kejanggalan variasi cerita Isra’ dan Mi’raj diantaranya
sebut saja kisah Nabi Muhammad dan Buraq ketika berhenti di Baitul
maqdis dan melakukan sholat berjemaah didalam masjidil aqsha bersama
arwah para Nabi sebelumnya, padahal sejarah mencatat bahwa masjid
al-aqsha baru dibangun pada masa pemerintahan Khalifah umar bin khatab
tahun 637 masehi saat penyerbuannya ke Palestina yang mana notabene saat
itu Nabi Muhammad sendiri sudah cukup lama wafat, beliau wafat tahun
632 masehi.
Cerita sholatnya Nabi Muhammad dan para arwah inipun patut mengundang
pertanyaan, sebab Nabi sudah melakukan sholat (menurut hadis itu malah
raka’atnya berjumlah 2) sehingga pernyataan Nabi menerima perintah
Sholat saat Mi’raj sudah bertentangan padahal kisah ini terjadi
detik-detik sebelum mi’raj itu sendiri.
Belum lagi cerita sholatnya para arwah Nabi pun rasanya tidak bisa
kita terima dengan akal yang logis, masa kehidupan mereka telah berakhir
sebelum kelahiran Nabi Muhammad dan mereka sendiri sudah menunaikan
kewajiban masing-masing selaku Rasul Allah kepada umatnya, perlu apa
lagi mereka yang jasadnya sudah terkubur didalam tanah itu melakukan
sholat ?
Setelah selesai sholat berjemaah, lalu satu persatu para arwah Nabi
dan Rasul itu memberi kata sambutannya … sungguh suatu hal yang terlalu
mengada-ada, karena jumlah mereka ada ribuan yang berasal dari berbagai
daerah dibelahan dunia ini, baik yang namanya tercantum dalam al-Quran
ataupun tidak[10], berapa lama waktu yang habis diperlukan untuk
mengadakan kata sambutan masing-masing para arwah ini ?
Jika dimaksudkan agar semua Nabi dan Rasul itu bertemu dan bersaksi
mengenai kebenaran Muhammad, ini dibantah oleh al-Quran sendiri yang
menyatakan bahwa pada masa kehidupan mereka dan pengangkatan mereka
selaku Nabi dan Rasul, Allah telah mengambil perjanjian dari mereka
mengenai akan datangnya seorang Rasul yang membenarkan ajaran mereka
sebelumnya lalu terdapat perintah tersirat agar mereka menyampaikan
kepada umatnya masing-masing :
Dan ketika Allah mengambil perjanjian terhadap para Nabi :
‘Jika datang kepadamu Kitab dan Hikmah, lalu datang kepada kamu
seorang Rasul yang membenarkan apa-apa yang ada tentang diri kamu,
hendaklah kamu imani ia secara sebenarnya.’ ; Dia bertanya : ‘Sudahkah
kalian menyanggupi dan menerima perjanjian-Ku tersebut ?’ ; Mereka
menjawab : ‘Kami menyanggupinya !’ ; Dia berkata : ‘Saksikanlah ! dan
Aku bersama kamu adalah dari golongan mereka yang menyaksikan !’ – Qs. 3
ali imron: 81
Puncak kemustahilan cerita dari hadis-hadis mi’raj adalah saat Nabi
Muhammad diberitakan telah bolak balik dari Allah ke arwah Nabi Musa
untuk penawaran jumlah sholat yang semula 50 kali menjadi 5 kali dalam
sehari semalam, apakah sedemikian bodohnya Nabi Muhammad itu sehingga
dia harus diberi saran berkali-kali oleh arwah Nabi Musa agar mau
meminta keringanan kepada ALLAH sampai 9 kali pulang pergi ?
Tidakkah kekurang ajaran arwah Nabi Musa dalam cerita tersebut dengan
menganggap Allah juga tidak mengerti akan kelemahan dan keterbatasan
umat Nabi Muhammad sebab tanpa dipikir dulu telah memberi beban
kewajiban yang pasti tidak mampu dikerjakan oleh mereka sehingga arwah
Nabi Musa itu harus turut campur memberi peringatan kepada Allah dan
Nabi Muhammad lebih dari sekali saja sebagai suatu indikasi israiliyat
(hadis buatan orang-orang Israel atau Yahudi yang sengaja dibuat untuk
tetap memuliakan Nabi Musa diatas yang lain) ?
Apakah hadis-hadis yang demikian ini masih akan diterima dan
dipertahankan hanya untuk mempertahankan dalil turunnya perintah Sholat,
sementara al-Qur’an sendiri yang nilai kebenarannya sangat pasti justru
tidak berbicara apa-apa tentang hal tersebut ?
Tidak diragukan bahwa Nabi Muhammad pernah melakukan Isra’ dan Mi’raj
karena hal ini ada didalam al-Quran dan bisa dianalisa secara ilmiah,
tidak perlu diragukan pula bahwa Sholat merupakan salah satu kewajiban
utama seorang muslim sebab inipun banyak sekali ayatnya didalam al-Quran
dan hadis-hadis lain, bahkan sholat merupakan tradisi yang diwariskan
oleh semua Nabi dan Rasul dalam semua jamannya. Hanya saja itu tidak
berarti kaum muslimin bisa menerima semua riwayat hadis yang isinya
secara jelas mempunyai pertentangan dengan al-Quran dan logika, sehingga
akhirnya hanya akan menyerahkan akal pada kebodohan berpikir, padahal
Allah sendiri mewajibkan manusia untuk berpikir dan berdzikir didalam
membaca ayat-ayat-Nya.
Pelajaran dari Ayat Waktu Shalat
Dalam ayat Al Quran sudah ada keterangan mengenai waktu shalat. Bagaimanakah waktu shalat tersebut?
Allah Ta’ala berfirman,
أَقِمِ
الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ
الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا (78) وَمِنَ
اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ
مَقَامًا مَحْمُودًا (79)
“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap
malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh. Sesungguhnya shalat subuh itu
disaksikan (oleh malaikat). Dan pada sebahagian malam hari
bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu;
mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 78-79).
Ayat di atas berisi perintah Allah kepada hamba-Nya untuk menunaikan
shalat. Perintah shalat ini dijelaskan pada ayat yang beraneka ragam.
Perintah dalam Al Qur’an dijelaskan dengan kalimat ‘iqamah shalat’
seperti dalam ayat yang kita kaji. Kalimat tersebut lebih bagus
penyebutannya dibandingkan dengan ‘if’aluhaa’ yang bermakna
‘kerjakanlah’.
Perintah ‘iqamah shalat’ yang berarti menegakkan shalat bermakna
perintah untuk mengerjakan shalat dengan melengkapi rukun, syarat dan
penyempurananya secara lahir dan batin. Shalat inilah yang dijadikan
syariat lahiriyah yang nampak dan merupakan syiar Islam yang terbesar.
Ayat yang kita kaji di atas bukan hanya menjelaskan tentang perintah
mendirikan shalat, namun juga diterangkan mengenai waktu-waktunya.
Inilah yang menjadi keistimewaan ayat tersebut dibandingkan ayat
lainnya. Di sini dijelaskan lima atau tiga waktu shalat.
Yang disebutkan dalam ayat adalah ibadah wajib. Sedangkan penyandaran pada waktunya menunjukkan akan sebab shalat itu ada.
Tiga Macam Waktu Shalat
Waktu pertama yang disebutkan adalah waktu ‘duluk’.
Yang dimaksudkan adalah waktu setelah matahari tergelincir mengarah ke
arah barat (arah matahari tenggelam). Adapun yang dimaksud dengan waktu
pertama adalah shalat Zhuhur yang berada di awal waktu duluk dan shalat
Ashar yang berada di akhir waktu duluk.
Waktu kedua adalah ‘ghasaqil lail’. Yang dimaksudkan
adalah gelap malam. Shalat yang dikerjakan di awal ghasaq adalah shalat
Maghrib, sedangkan di akhirnya adalah shalat Isya.
Waktu ketiga adalah waktu fajar. Disebut dalam ayat
dengan “Qur-anal Fajri”, yang dimaksud adalah shalat fajar (shalat
Shubuh). Shalat Shubuh disebut qur-anal fajri karena saat Shubuh adalah
waktu yang disunnahkan untuk memperlama bacaan Al Quran. Keutamaan
membaca Al Quran saat itu karena disaksikan oleh Allah, oleh malaikat
malam dan malaikat siang.
Pelajaran dari Ayat yang Membicarakan Waktu Shalat
1- Disebutkan lima waktu shalat secara tegas. Seperti ini tidak disebutkan pada ayat lainya. Ada ayat lain yang menyebutkan,
فَسُبْحَانَ اللَّهِ حِينَ تُمْسُونَ وَحِينَ تُصْبِحُونَ
“Maka bertasbihlah kepada Allah di waktu kamu berada di petang hari dan waktu kamu berada di waktu subuh.” (QS. Ar Rum: 17).
2- Semua yang diperintahkan dalam ayat adalah kewajiban. Karena
perintah tersebut dikaitkan dengan waktu dan yang dimaksud adalah shalat
lima waktu. Shalat lima waktu ini boleh diiringi dengan shalat-shalat
rawatib dan juga boleh diikuti shalat lainnya.
3- Waktu shalat termasuk syarat sah shalat dan yang jadi sebab shalat
itu ada. Adapun ketetapan awal dan akhir waktu dilihat dari ketetapan
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam beberapa hadits. Sebagaimana
ada ketetapan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai jumlah
raka’at, jumlah sujud dan berbagai tata caranya.
4- Shalat Zhuhur dan Ashar boleh dijamak di satu waktu karena ada
uzur, begitu pula shalat Maghrib dan Isya. Karena Allah menggabungkan
masing-masing dari dua shalat tersebut untuk satu waktu bagi yang uzur.
Sedangkan bagi yang tidak mendapatkan uzur tetap dua waktu (tidak
digabungkan).
5- Ayat tersebut juga menerangkan tentang keutamaan shalat Shubuh, juga keutamaan memperlama bacaan saat shalat tersebut.
Kenapa sampai disebut bahwa memperlama bacaan saat shalat Shubuh ada keutamaan?
Karena berdiri adalah bagian dari rukun shalat. Kalau ibadah
disebutkan dengan suatu bagiannya, itu menunjukkan keutamaan bagian
tersebut.
Juga dapat diambil faedah bahwa bagian yang disebutkan untuk
mengibaratkan shalat termasuk rukun. Lihat saja, kadang Allah
mengibaratkan shalat dengan qiraah (bacaan), dengan ruku’, dengan sujud,
dan dengan berdiri, ini menunjukkan semuanya termasuk rukun dari
shalat.
6- Yang dimaksud ayat,
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
“Dan pada sebahagian malam hari shalatlah tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’: 78-79). Ini adalah perintah pada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk
melaksanakan shalat di waktu malam. Tujuannya supaya mendapatkan
kedudukan dan derajat yang tinggi, berbeda dengan nabi lainnya. Fungsi
shalat malam ini juga sebagai penghapus dosa.
Makna ayat tersebut bisa pula shalat lima waktu itu wajib bagi Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dan wajib bagi orang-orang yang beriman.
Sedangkan shalat malam (shalat lail) hanyalah wajib bagi beliau shallallahu ‘alaihi wa salam semata karena kemuliaan beliau di sisi Allah. Jadi tugas yang dibebankan pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
begitu banyak lebih dari yang lain. Beliau diberi karunia untuk
mengerjakannya sebagai jalan untuk memperbanyak pahala dan meninggikan
kedudukannya. Shalat inilah yang membuat beliau meraih maqam (kedudukan)
yang terpuji, yaitu mendapatkan syafa’atul ‘uzhma.
Syafa’atul ‘uzhma adalah syafa’at di mana nabi-nabi besar
seperti Adam, Nuh, Ibrahim, Musa dan ‘Isa tidak bisa memberikan syafa’at
itu, sampai-sampai orang-orang meminta syafa’at tersebut pada Nabi
Muhammad (sayyid waladi Adam).
Dengan syafa’at inilah, Allah
merahmati manusia yang berkumpul di padang mahsyar tersebut, mengangkat
kesulitan dan segera diberikan persidangan di tengah-tengah mereka.
Wa billahit taufiq was sadaad. Hanya Allah yang memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat.
Referensi:
Taysirul Lathifil Mannan, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, terbitan Darul ‘Ashimah, cetakan pertama, tahun 1430 H.